Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

November 11, 2009

unsp pastinya ngeces dah … 111109

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 8:52 pm

Tiga Juta Hektare Rawa Indonesia Bisa Jadi Perkebunan Sawit
Rabu, 11 2009 13:47 WIB
-MI/Rudy Kurniawansyah
BANJARMASIN–MI: Potensi rawa di Indonesia yang bisa dikembangkan untuk tanaman perkebunan sawit mencapai tiga juta hektare dari total lahan 28 juta hektare.

Menurut Dirjen Perkebunan, Ahmad Manggabarani, di Banjarmasin, Rabu (11/11), potensi rawa tersebut akan dikembangkan menjadi perkebunan sawit untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar. “Kalau kita dilarang menanam sawit di lahan rawa, bagaimana dengan
nasib warga yang hidup di sekitarnya? Apakah tidak boleh mereka minikmati kehidupan lebih sejahtera?” katanya menjawab pertanyaan tentang kerusakan lingkungan akibat alih fungsi rawa menjadi perkebunan sawit.

Ia mengatakan, banyak protes yang disampaikan LSM, kelompok masyarakat tertentu, baik dari dalam maupun luar negeri, tentang alih fungsi rawa menjadi perkebunan sawit. Protes tersebut tidak akan menyurutkan langkahnya untuk tetap memanfaatkan potensi alam yang melimpah tersebut sebagai lahan perkebunan sawit dengan tanpa mengabaikan kelestarian lingkungan.

Menurut dia, dalam penetapan kebijakan pengembangan perkebunan maupun lainnya, pihaknya selalu melakukan kajian tentang segala kemungkinan yang terjadi. “Kalau negara tetangga mengkhawatirkan tentang bencana yang ditimbulkan akibat alih fungsi rawa, kita jauh lebih khawatir karena kita yang berhadapan langsung,” katanya. Pihaknya sangat hati-hati dan telah melakukan perhitungan matang untuk melaksanakan program tersebut.

Menurut Manggabarani, dari potensi rawa di Indonesia yang mencapai 28 juta hektare, hanya tiga juta hektare yang memenuhi syarat untuk dijadikan perkebunan sawit. Syarat-syarat tersebut yaitu kedalaman gambut tidak lebih dari tiga meter, gambut harus matang, dan mempunyai tingkat kesuburan tinggi. Untuk luas total lahan rawa lebak di Kalimantan Selatan sekitar 208.893 ha dan yang telah difungsikan untuk tanaman pangan hanya seluas 78.544 ha. (Ant/OL-04)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: