Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

November 12, 2009

12 N(yaman)OVEMBER, bumi MENGUNDUH EMAS $1500/troy ounces…

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 7:37 am

12/11/2009 – 07:16
Divestasi Newmont
Antam Mundur Pemda Melenggang
Ahmad Munjin

…. detik2 terakhir menjelang KEPASTIAN NASIB AKUISISI NNT OLEH PEMDA NTB DAN BUMI :

http://petajalaninvestasigw.blogspot.com/2009/11/sinetron-badut-bayar-tunai-beneran-6.html

http://petajalaninvestasigw.blogspot.com/2009/11/sinetron-badut-sesuai-kontrak-yang_2579.html

http://petajalaninvestasigw.blogspot.com/2009/11/sinetron-badut-sesuai-kontrak-yang_4072.html

http://petajalaninvestasigw.blogspot.com/2009/11/sinetron-badut-itu-mah-bisa-bisanya_11.html

http://petajalaninvestasigw.blogspot.com/2009/11/sinetron-badut-itu-mah-bisa-bisanya.html

http://petajalaninvestasigw.blogspot.com/2009/11/sinetron-badut-pelakon-baru-mumpung-aji.html

(istimewa)
INILAH.COM, Jakarta – PT Aneka Tambang (ANTM) mengundurkan diri setelah tak sepakat dengan konsorsium Pemda NTB terkait komposisi kepemilikan saham. Jalan konsorsium Pemda makin mulus?

Direktur Utama PT Newmont Pacific Nusantara, Martiono Hadianto, mengatakan kesepakatan divestasi 14% saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) masih menunggu petunjuk pemerintah pusat.

Saat ini ada dua surat yang perlu mendapat klarifikasi dari pemerintah. Salah satunya surat Menteri Keuangan pada Agustus 2009 yang isinya pemerintah pusat yang akan membeli saham.

Sementara itu, surat dari Dirjen Mineral, Batubara, dan Panas Bumi Departemen ESDM pekan lalu berbeda bunyinya yaitu Pemda NTB-lah sebagai koordinator pembelian saham. “Kami masih tunggu petunjuk dari pemerintah pusat,” katanya, di Jakarta, Rabu (11/11).

Saat ini penandatanganan perjanjian jual dan beli (sales and purchase agreement/SPA) 14% saham Newmont sudah siap dilakukan. Pihak-pihak yang akan menandatangani SPA sudah tiba di Kantor Penghubung Pemda NTB di Jakarta, Rabu (11/11).

Selain Martiono, juga sudah berada di Kantor Penghubung Pemda NTB antara lain Dirut PT Daerah Maju Bersaing (DMB) Andy Hadianto, Dirut PT Multi Capital, anak usaha Grup Bakrie YA Didik Cahyanto, kuasa pemegang saham Newmont Indonesia Ltd (NIL) Alan R Blanc juga hadir.

Selain itu, hadir juga kuasa pemegang saham Nusa Tenggara Mining Corp (NTMC) dan Sumitomo, Toru Tokuhisa. NIL dan NTMC bergabung dalam Nusa Tenggara Partnership dengan porsi kepemilikan 55% NIL dan 45% NTMC dan Sumitomo Jepang.

DMB yang merupakan perusahan patungan tiga pemerintah daerah yakni Propinsi NTB, Kabupaten Sumbawa Barat, dan Kabupaten Sumbawa bersama Multi Capital membentuk perusahaan patungan, PT Multi Daerah Bersaing (MDB).

NNT merupakan perusahaan tambang asing asal AS yang menambang tembaga dan emas di Batu Hijau, Sumbawa Barat, NTB. Sebanyak 80% saham NNT dikuasai Nusa Tenggara Partnership terdiri dari Newmont Indonesia Ltd 55% sedangkan 45% Nusa Tenggara Mining Corp dan Sumitomo Jepang. Sisa saham 20% dikuasai PT Pukuafu Indah.

Sesuai kontrak karya, NNT diwajibkan mendivestasikan 51% saham asingnya ke pihak nasional paling akhir Maret 2010. Saat ini, sebanyak 20% sudah dikuasai nasional melalui Pukuafu, sehingga NNT mesti mendivestasikan 31 % sisanya.

Jadwal divestasi 31% saham NNT sesuai kontrak karya adalah 3% pada Maret 2006, 7% Maret 2007, 7% Maret 2008, 7% Maret 2009, dan 7% Maret 2010.

Aneka Tambang memutuskan tidak berpartisipasi dalam konsorsium Pemda Nusa Tenggara Barat untuk pembelian saham divestasi PT Newmont Nusa Tenggara (NNT). “Manajemen Antam tidak mencapai kesepakatan dengan konsorsium pemerintah daerah NTB dalam hal komposisi kepemilikan saham,” kata Direktur Utama Antam, Alwinsyah Loebis.

Menurutnya, keputusan diambil menyusul tidak tercapainya kesepakatan antara Antam dengan Pemda NTB selaku pihak yang memimpin (lead) dalam pembelian saham divestasi NNT. Salah satu strategi usaha Antam adalah melakukan akuisisi yang dapat memberikan nilai tambah.

Sejalan dengan strategi usaha tersebut, manajemen Antam berkeinginan untuk memperoleh kepemilikan minimal 15,5% saham NNT dari total 31% saham divestasi periode 2006-2010.

Ia menambahkan, berdasarkan surat Menteri Keuangan RI No. S-683.1/MK.06/2009 tanggal 9 November 2009 dan surat Menteri Negara BUMN No.S 802/MBU/2009 Antam telah melakukan perundingan dengan Konsorsium Pemda NTB terkait pembelian saham divestasi NNT tersebut.

Pemda NTB selaku pihak yang ditunjuk Pemerintah sebagai pemimpin (lead) konsorsium untuk pembelian saham divestasi PT NNT tahun 2006-2010 sebesar 31% menawarkan skema: Antam 37,5%, PT Multi Capital 37,5% dan Pemda NTB 25%.

“Berdasarkan kajian strategi bisnis Antam dalam pembelian saham divestasi NNT ini, Antam mengajukan skema pembelian minimal 15,5% atau 50% dari keseluruhan saham divestasi NNT tahun 2006 sampai dengan tahun 2010 yang berjumlah 31%,” ujarnya.

Namun usulan tersebut tidak dapat diterima Pemda NTB. Dengan tidak tercapainya kesepakatan tersebut dan setelah melalui kajian internal Antam terutama dari aspek komersial, diputuskan tidak ikut berpartisipasi dalam konsorsium.

Namun ke depan, ujar Alwinsyah, apabila konsorsium Pemda NTB mempunyai pertimbangan lain, Antam siap bekerjasama.Manajemen terus mengupayakan proyek-proyek lain untuk dapat meningkatkan nilai tambah perusahaan, termasuk kemungkinan investasi dalam inisiatif-inisiatif akuisisi lainnya.

Profil keuangan Antam saat ini sangat baik. Per 30 September2009, Antam memiliki nilai kas dan setara Rp3,006 triliun dengan rasio utang jangka panjang terhadap ekuitas (debt to equity ratio) sebesar 8%. “Antam saat ini siap melakukan investasi untuk bertumbuh,” ujarnya. [mdr]

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: