Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

November 16, 2009

fokus balek ke the bakries, tukh … 161109

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 8:58 pm

Senin, 16/11/2009 01:44 WIB

Fluktuasi komoditas bayangi IHSG

oleh :

JAKARTA: Pemodal diperkirakan menggunakan acuan harga komoditas untuk menempatkan posisi investasi sepanjang perdagangan pekan ini, di tengah sepinya sentimen dari dalam negeri.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) diproyeksi bergerak variatif di tengah tipisnya potensi penguatan harga minyak mentah ke level US$80 per barel.

Analis PT Lautandhana Sekurindo Muhammad Sugiarto menilai sepinya pasar dua pekan terakhir mendorong pemodal kembali mencermati pergerakan harga minyak mentah dunia dan komoditas dunia untuk bertransaksi di bursa.

“Ada ekspektasi harga minyak mentah kembali naik ke level US$80 per barel, yang dipicu oleh pelemahan dolar Amerika Serikat,” tuturnya kepada Bisnis, kemarin.

Harga energi dunia tersebut pekan lalu anjlok 3% ke level US$76,94 per barel, yang merupakan level harga terendah sejak 14 Oktober.

Sentimen harga komoditas tersebut membuat sebagian bursa utama Asia tertekan, sehingga memperkecil kenaikan indeks Morgan Stanley Capital (MSCI) untuk Asia Pasifik menjadi hanya 0,3% ke level 118,14.

Indeks Hang Seng naik 0,7%, tetapi Nikkei-225 melemah 0,35% dan KOSPI tertekan 0,02%. Indeks Dow Jones di AS tercatat masih menguat 0,72% (73 poin) ke level 10.270. IHSG juga naik 0,27% (6,52 poin) ke level 2.426,8.

Saham Bumi

Sugiarto menambahkan sepinya sentimen di lantai bursa akan kembali mendorong pemodal memilih transaksi jangka pendek di saham likuid, terutama saham Grup Bakrie.

“Saham PT Bumi Resources Tbk masih menjadi perhatian di tengah upaya akuisisi Newmont dan Herald, dan kabar yang menyebutkan mereka akan masuk ke Berau Coal. Itu akan menjadi faktor penguatan saham BUMI dan mendorong pasar secara keseluruhan.”

Pemodal juga menanti respons pemodal global terhadap pengumuman data ekonomi AS, terutama data penjualan ritel dan data klaim awal pengangguran yang diperkirakan menurun.

Pemerintah AS dijadwalkan mengumumkan angka penjualan ritel pada Senin yang diekspektasikan naik 1% dari sebelumnya turun 1,5%. Selain itu, klaim pengangguran pada Kamis diekspektasikan turun tipis menjadi 500.000, dari sebelumnya 502.000.

“Masih ada keraguan investor di pasar yang menduga pemulihan ekonomi global tidak akan berjalan mulus dan ini mengganggu kenaikan harga-harga saham,” tutur Manajer Investasi Metropolitan Bank & Trust Co Allan Yum seperti dikutip Bloomberg. (arif.gunawan@bisnis.co.id)

Oleh Arif Gunawan S.

Bisnis Indonesia

bisnis.com

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: