Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

November 20, 2009

jual aja sampe ke bulgaria … 201109

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 10:28 am

Perdagangan Bilateral
Bulgaria Minati Batu Bara dan Kelapa Sawit RI
Pada 2008, nilai perdagangan kedua negara meningkat secara signifikan, yaitu sebesar 78%
JUM’AT, 20 NOVEMBER 2009, 09:51 WIB
Renne R.A Kawilarang

Forum Konsultasi Bilateral Indonesia – Bulgaria 2009 di Lombok (VIVAnews/Departemen Luar Negeri RI)
BERITA TERKAIT
Belarus Jajaki Pasar Ban dan Pupuk Indonesia
RI – Eropa Menghadapi Tantangan Bersama
RI-Eropa Fokuskan Kerjasama di Empat Sektor
RI-Uni Eropa Bentuk Kerja Sama dan Kemitraan
Indonesia Keluhkan Peraturan Ekspor di Eropa
Web Tools

VIVAnews – Bulgaria tertarik untuk membeli batu bara dari Indonesia. Negeri Eropa Timur itu pun menyatakan minat untuk mengimpor minyak kepala sawit Indonesia dan menawarkan pembangunan terminal kelapa sawit.

Demikian salah satu hasil penting pertemuan pejabat bidang ekonomi dan hubungan luar negeri antara Indonesia dan Bulgaria dalam Forum Konsultasi Bilateral di Lombok, Kamis 19 November 2009.

Dalam pertemuan tersebut, delegasi Indonesia dipimpin Direktur Jenderal Amerika dan Eropa dari Departemen Luar Negeri, Retno L.P. Marsudi. Sedangkan delegasi Bulgaria untuk Forum Konsultasi Bilateral dipimpin Deputi Menteri Luar Negeri Senior Marin Raykov, sementara untuk Konsultasi Ekonomi diwakili Deputi Menteri Ekonomi, Energi, dan Pariwisata Evgeny Angelov, .

Siaran pers Departemen Luar Negeri Indonesia mengungkapkan bahwa selama pertemuan, kedua delegasi sepakat untuk meningkatkan kerjasama ekonomi bilateral di bidang energi dan pertanian.

Di sektor energi, Bulgaria menyampaikan ketertarikannya untuk membeli batubara dari Indonesia untuk sumber energi. Salah satu perusahaan terbesar Bulgaria, XINAGON akan membeli batubara dari perusahaan batubara Indonesia di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Di bidang pertanian, Bulgaria menanggapi secara positif keinginan Indonesia untuk ekspansi pasar produk pertanian Indonesia ke Eropa yaitu antara lain kokoa, kopi, vanila, lada hitam dan lada putih. Bulgaria juga tertarik untuk membeli produk minyak kelapa sawit (palm oil) dari Indonesia. Pemerintah Bulgaria pun menawarkan Indonesia kerjasama pembangunan terminal minyak kelapa sawit di kawasan pelabuhan Laut Hitam, Bulgaria.

Perdagangan kedua negara dari tahun ke tahun menunjukkan tren positif. Pada 2008, nilai perdagangan meningkat secara signifikan, sebesar 78%, dari US$ 49,13 juta pada 2007 menjadi USD 87,76 juta. Kedua negara sepakat untuk meningkatkan hubungan perdagangan langsung antara lain melalui Kerjasama Antar Kamar Dagang.

Pada pertengahan 2009, untuk pertama kalinya Bulgaria telah membeli kopi secara langsung ke Indonesia. Untuk pertama kalinya juga delegasi 20 pengusaha Bulgaria berpartisipasi dalam Pameran Produk Ekspor 2009 di Jakarta, 28 Oktober – 1 November 2009.

Dengan penandatangan Persetujuan Kerjasama Ekonomi, maka pelaksanaan Joint Commission on Economic Cooperation akan dapat dilakukan tahun depan. Terkait dengan pelaksanaan Joint Commission ini, kedua Negara juga sepakat untuk membentuk Working Group on Energy and Agriculture.

Selain kerjasama ekonomi, Indonesia dan Bulgaria menandatangani Persetujuan Bebas Visa Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas.

• VIVAnews

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: