Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

November 20, 2009

nah lho, data NASABAH MAU DIUBEK-UBEK bapepam-lk … 201109

Filed under: OPTIMA under scrutinies — bumi2009fans @ 10:14 am

Jumat, 20 November 2009 | 08:42

PEMERIKSAAN ANGGOTA BURSA

BEI Tunjuk AAJ Periksa Data Nasabah AB

JAKARTA. Otoritas pasar modal bakal mendapatkan tambahan tenaga baru untuk mengaudit data nasabah perusahaan sekuritas anggota bursa (AB). Pekan lalu, Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) telah menunjuk Kantor Akuntan Publik Amir Abadi Jusuf Associates (KAP AAJ Associates) untuk melakukan tugas tersebut.

Salah satu tujuan audit ini adalah untuk memeriksa kepatuhan AB terhadap prinsip mengenal nasabah alias know your client (KYC). Untuk tahap awal, AAJ akan melakukan pemeriksaan terhadap seluruh rekening milik nasabah yang tercatat di 29 AB.

Direktur Pengawasan BEI Urip Budi Prasetyo belum lama ini menyatakan, BEI melakukan pemeriksaan terhadap 29 AB ini karena ada perbedaan antara jumlah dan nilai rekening nasabah yang tercatat di AB dengan data yang ada di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). “Ada perbedaan yang cukup signifikan,” ungkap Urip.

Urip menduga, perbedaan data terjadi karena bukti rekening dan transaksi AB dan KSEI juga berbeda. AB sampai saat ini masih menggunakan bukti transaksi dalam bentuk kertas fisik (script), sementara sistem di KSEI sudah terkomputerisasi (scriptless).

Cuma, Urip tidak mau banyak menduga. Ia menilai, perbedaan angka itu masih harus mendapatkan verifikasi satu per satu.

Sayangnya, Urip belum mau menyebut siapa saja AB yang akan diperiksa tim auditor kepatuhan khusus tersebut, termasuk mengenai dugaan pelanggarannya. Ia berkilah, AAJ memeriksa tanpa sepengetahuan AB yang bersangkutan.

Kepala Biro Pemeriksaan dan Transaksi Lembaga Efek Bapepam-LK Nurhaida memang pernah mengakui, pengawasan KYC di bursa saat ini masih lemah lantaran jumlah tenaga auditor kepatuhan masih minim. Walhasil, Bapepam-LK baru mengetahui AB melanggar ketentuan KYC setelah sebuah kasus muncul.

Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany menambahkan, untuk meningkatkan pengawasan, Bapepam-LK telah mengajukan rencana peningkatan intensitas pemeriksaan tim auditor kepada Menteri Keuangan. Bapepam-LK berencana meningkatkan frekuensi pemeriksaan AB dari satu kali menjadi dua kali setahun. “Ini agar pasar modal kita lebih aman dan nyaman bagi investor,” ujar Fuad.

Selain memeriksa kepatuhan broker menerapkan dalam KYC, auditor kepatuhan AAJ juga akan memeriksa dugaan pelanggaran lain yang terkait dengan data nasabah. Misalnya pelanggaran pembentukan harga, transaksi margin, hingga penyalahgunaan dana.

Ade Jun Firdaus KONTAN

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: