Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

November 21, 2009

unsp maseh seger buger seh … 211109

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 8:55 pm

Sabtu, 21/11/2009 02:12 WIB

Bakrie Plantation ekspansi ke Kamboja US$30 juta

oleh :

JAKARTA: PT Bakrie Sumatera Plantation Tbk tengah membidik pembelian lahan karet di Kamboja seluas 10.000 hektare, yang diperkirakan membutuhkan dana US$30 juta atau sekitar Rp300 miliar.

Direktur Bakrie Sumatera Plantation Howard H. Sargeant mengatakan ekspansi ke luar negeri itu merupakan bagian dari upaya perseroan mencari setiap kesempatan pengembangan, sebagai salah satu perusahaan multinasional di bidang perkebunan.

Dia menuturkan pihaknya telah menyiapkan 20% kebutuhan investasi tersebut atau sekitar US$6 juta dari kas internal dan sisanya akan dipenuhi dengan menggandeng pembiayaan dari investor asing.

“Lahannya nanti bisa kami dapatkan melalui akuisisi langsung, atau pembukaan lahan baru [greenfield]. Mungkin kombinasi keduanya juga bisa dilakukan, kami masih membicarakannya,” tuturnya kepada pers, seusai penandatanganan pemberian beasiswa di Universitas Bakrie, kemarin.

Ekspansi tersebut, lanjutnya, dilakukan melalui anak usahanya yakni BSP Liberia. Pendanaan eksternal bisa berbentuk pinjaman perbankan atau institusi keuangan dari Eropa atau Amerika Serikat.

Sargeant memperkirakan ekspansi ke Kamboja itu baru bisa mengontribusi pendapatan perseroan secepatnya pada tahun depan (2010) jika lahannya didapat melalui akuisisi. Bila memulai penanaman dari awal, hasil panen kemungkinan baru bisa menyumbang pendapatan 5 tahun mendatang.

Selain Kamboja, perseroan juga berminat menggarap perkebunan di Vietnam. “Namun, kami masih dalam tahap penjajakan. Investasi perkebunan ini tidak bisa gegabah, tetapi komitmen jangka panjang sesuai dengan siklus hidup karet yang bisa mencapai 25 tahun,” paparnya.

Siapkan obligasi

Bakrie Sumatera Plantations Tbk melalui anak perusahaannya BSP Finance B.V. akan menerbitkan obligasi tambahan senilai US$25 juta yang akan dialokasikan untuk ekspansi. Obligasi yang diterbitkan tersebut mempunyai bunga 10,75%, tingkat imbal hasil 11,48%, dan harga 98,18%.

Obligasi ini jatuh tempo pada 2011 dan dijamin oleh Bakrie Plantations dan empat anak perusahaannya yaitu PT Bakrie Pasaman Plantations, PT Agrowiyana, PT Agro Mitra Madani, PT Huma Indah Mekar, dan PT Air Muring. Arch Advisory Limited bertindak sebagai penasihat untuk transaksi ini.

Di perdagangan kemarin, harga saham perseroan berkode UNSP tersebut menguat 1,25% (Rp10 per saham) ke level Rp810 per saham. Sepanjang tahun, saham tersebut menguat 211,54% dengan kapitalisasi pasar Rp3,07 triliun.

Pada kesempatan yang sama, Bakrie Plantations bersama dengan PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) dan PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) memberi beasiswa kepada 18 mahasiswa Universitas Bakrie angkatan 2009.

Dengan dukungan pendanaan tersebut, Universitas Bakrie telah memberikan beasiswa kepada 222 mahasiswa angkatan 2007, 206 mahasiswa angkatan 2008, dan 129 mahasiswa angkatan 2009. Total, Universitas Bakrie telah memberi beasiswa kepada lebih dari 70% mahasiswa.

“Pemberian beasiswa ini merupakan salah satu wujud progam kepedulian sosial perseroan [corporate social responsibility] kami,” tutur Direktur Energi Mega Amir Balfas.

Oleh Arif Gunawan S.

Bisnis Indonesia

bisnis.com
Ekspansi ke Kamboja, UNSP Investasi USD30 Juta
Jum’at, 20 November 2009 – 17:14 wib
TEXT SIZE :
Widi Agustian – Okezone

Ilustrasi. Foto: Corbis
JAKARTA – PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP) menyiapkan dana sebesar USD30 juta untuk ekspansi bisnis perkebunannya di negara Kamboja.

“Sekira USD30 juta kita siapkan untuk menambah lahan perkebunan seluas 10.000 hektare (ha),” kata Direktur UNSP Howard H Sargeant, saat ditemui wartawan di Universitas Bakrie, di Kampus Universitas Bakrie, Jakarta, Jumat (20/11/2009).

Dijelaskannya, sebanyak 20 persen dari dana tersebut akan didapatkan dari kas internal perseroan. Sementara sisanya akan didapatkan perseroan dari pinjaman luar negeri. “Dari mana saja pokoknya,” jelasnya.

Selanjutnya, dia mengatakan jika lahan seluas 10 ribu ha tersebut akan didapatkan perseroan dari akuisisi lahan (lahan sudah tertanam) serta dari pembukaan lahan baru. “Itu mungkin dari akuisisi lahan atau bisa juga dari lahan baru. Atau bisa juga keduanya,” paparnya.

Howard memaparkan, jika ternayata akuisisi lahan yang dilakukan perseroan, baru akan menghasilkan pada 2010. Akan tetapi, jika membuka lahan baru (green field), untuk tanaman karet membutuhkan waktu lima tahun untuk menghasilkan, sementara lahan baru kelapa sawit baru menghasilkan setelah tiga tahun ditanam.

Selain itu, perseroan juga tengah mengkaji untuk melakukan ekspansi di Vietnam. “Tapi mungkin juga belum,” tukasnya.

Dalam melakukan ekspansinya ke luar negeri, perseroan melakukannya melalui anak usahanya, Bakrie Sumatera Plantations Liberia. (ade)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: