Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

November 24, 2009

unsp AKUISISI domas … 241109

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 8:22 am

Selasa, 24/11/2009 01:42 WIB

Bakrie Plantations memfinalkan akuisisi Domba Mas

oleh : Arif Gunawan S., M. Munir Haikal & Abraham Runga M.

JAKARTA: PT Bakrie Sumatera Plantation Tbk sedang memfinalisasi akuisisi aset Domba Mas yaitu pabrik olekimia yang dilepas oleh PT Bank Mandiri Tbk.

Sumber Bisnis mengungkapkan akuisisi terhadap Domba Mas tersebut dilakukan melalui anak perusahaan yang bukan menjadi guarantor dari obligasi Bakrie Plantations.

“Sudah ada kesepakatan Bakrie Plantations dengan Bank Mandiri mengenai rencana akuisisi aset kredit Domba Mas,” tuturnya kemarin.

Bank Mandiri melelang aset Domba Mas itu dua hotel di kawasan Kuningan-Jakarta dan Hotel Tiara di Medan dan pabrik oleokimia. Namun, yang diakuisisi oleh Bakrie Plannations adalah Domas Agro Prima yang memiliki tiga unit perusahaan yang bergerak di oleokimia yaitu PT Sawit Mas Agro Perkasa, PT Domas Agro Inti Perkasa, dan PT Domas Sawitinti Perdana.

Menanggapi kemungkinan mengakuisisi Domba Mas, Direktur Bakrie Plantation Tbk Howard H. Sargeant menyatakan pihaknya masih menunggu perkembangan restrukturisasi utang perusahaan tersebut dengan Bank Mandiri. “Untuk Domba Mas, lebih baik ditanyakan ke Pak Ambono [Direktur Utama Bakrie Plantation]. Namun, kita semua tahu perusahaan ini masih berkutat dengan restrukturisasi utang dengan bank.”

Domba Mas dan Procter & Gamble pada 2005 menandatangani kontrak pembelian produk asam lemak alkohol senilai lebih dari US$1 miliar selama 10 tahun. Pembelian itu mencakup lebih dari 200.000 ton oleokimia per tahun yang terdiri dari 160.000 ton asam lemak alkohol per tahun.

Bakrie Plantations sedang menyiapkan dana sedikitnya US$200 juta untuk ekspansi ke Afrika Barat, yang akan dipenuhi dari kas internal dan eksternal salah satunya dari International Financial Cooperation (IFC).

Howard mengatakan perseroan terus memfinalisasi ekspansi internasional tersebut, dan berupaya memperkuat pendanaan dengan menggandeng investor Amerika Serikat (AS) dan Eropa.(mmh)

bisnis.com

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: