Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

November 25, 2009

protes yang mengarah pada nego … 251109

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 7:39 pm

Pengusaha CPO Keberatan dengan Tambahan Syarat RSPO
Selasa, 24 2009 16:32 WIB
BANDUNG–MI: Pengusaha kelapa sawit menilai ditambahkannya syarat sertifikasi gas rumah kaca (green house gas/GHG) dalam penerapan kriteria Roundtable Sustainable on Palm Oil (RSPO) oleh Dewan Eksekutif RSPO tidak adil.

“Hal ini hanya akan semakin mempersulit pemenuhan syarat tercapainya RSPO bagi produsen kelapa sawit nasional,” ujar Manajer Plant Production Sinar Mas Agribusiness and Food Tony Liwang kepada Media Indonesia di Bandung, Selasa (24/11).

Sebelumnya, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mengumumkan ditundanya penerapan syarat sertifikasi GHG dalam RSPO hingga setahun ke depan. Keputusan tersebut dihasilkan Dewan Eksekutif RSPO pada sidang umum ke-6 di Kuala Lumpur, Malaysia, beberapa waktu lalu. Sampai kini baru tiga produsen kelapa sawit di Indonesia yang memenuhi RSPO. Hal ini akibat syarat-syaratnya yang dinilai terlampau rumit.

Dengan dimasukannya GHG dalam sertifikasi RSPO, nantinya perhitungan pemenuhan RSPO akan mencakup perhitungan emisi gas terhadap penggunaan pupuk dan emisi BBM dari alat angkut kelapa sawit. Mekanisme baru itu akibat produsen Eropa hanya mempertimbangkan aspek lingkungan. Padahal, rantai produksi CPO sangat panjang dan kompleks.

Sektor ini juga harus dilihat dari sisi ekonomi-sosial pada kalangan akar rumput, yakni jutaan petani di Indonesia yang tergantung padanya. Dia berpendapat, sebenarnya selama ini justru aktivitas produsen CPO asal Eropa yang paling tidak ramah lingkungan dibanding negara-negara lain. Pabrik-pabrik pengolah dan kapal pengangkut mereka banyak mengeluarkan emisi BBM. Semua karbon dan dampak yang mereka akibatkan tidak pernah mereka bayar selama ini.

RSPO merupakan standar yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha sawit di dunia jika ingin memasuki pasar Eropa. Uni Eropa mewajibkan setiap perusahaan kelapa sawit memiliki sertifikasi RSPO mulai 2015 mendatang. (*/OL-04)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: