Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

November 30, 2009

limitless dubai keberatan nama seh … 301109

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 6:14 am

Senin, 30/11/2009 01:01 WIB

Kasus Dubai World tak pengaruhi Bakrieland

oleh : Bambang P. Jatmiko & M. Munir Haikal

JAKARTA (Bisnis.com): PT Bakrieland Development Tbk menyatakan krisis utang US$59 miliar yang menimpa Dubai World tidak berdampak terhadap perseroan.

Direktur Utama Bakrieland Hiramsyah Sambudhy Thaib mengungkapkan anak perusahaan Dubai Worl yaitu Limitless merupakan pemegang saham minoritas di salh satu anak perusahaan yaitu Bakrie Swasakti Utama. “Limitless menyetor dananya ke Bakrie Swasakti dan risiko kami tidak seperti kreditur,” ujarnya tadi malam.

Bakrieland mengandalkan jaringan Dubai World Group untuk menarik pembeli asal Timur Tengah. Bakrieland menganggarkan belanja modal hingga Rp3 triliun untuk membiayai sejumlah proyek properti yang dikembangkan perseroan.

Hiramsyah menuturkan perseroan akan menggali berbagai sumber pendanaan, yang salah satunya adalah penerbitan obligasi, selain dari bridging loan pemegang saham serta pinjaman bank. “Ada banyak sumber pendanaan yang akan kami kaji untuk membiayai belanja modal tersebut, termasuk obligasi. Namun kami belum bisa menyebutkan persentase masing-masing sumber pendanaan tersebut.”

Berdasarkan catatan Bisnis, perseroan akan menerbitkan obligasi sebesar Rp1 triliun pada 2010. Hiramsyah menuturkan saat ini rasio utang terhadap ekuitas (debt to equity ratio/DER) perseroan masih di kisaran 30%, dan maksimal yang dibatasi oleh manajemen mencapai 150%. Mengacu ke perhitungan tersebut, jumlah utang yang bisa didapatkan Bakrieland bisa mencapai Rp6 triliun.

Menurut Hiramsyah, perseroan saat ini juga telah memperoleh pendanaan yang siap untuk dicairkan (stand by facility) sebesar Rp1 triliun dari Avenue Luxembourg SARL dan sisanya perbankan lokal.

Bakrieland tetap fokus pada bisnis properti lantaran untuk sektor infrastruktur diperkirakan baru mulai menggeliat mulai 2011. Meskipun demikian, perseroan tetap menjalankan pembangunan proyek infrastruktur yaitu ruas tol Ciawi—Sukabumi. Bahkan ruas proyek tersebut direncanakan juga diteruskan hingga Bandung.

Untuk ruas jalan tol Ciawi-Sukabumi, Bakrieland segera membebaskan lahan dengan dana yang diperoleh dari Avenue Terkat dengan rencana pengembangan ruas tol tersebut, anak usaha Bakrieland, PT Bakrie Toll Road baru saja memperoleh pinjaman sebesar US$45 juta dari Beleggingsmaatschappij Broem BV, anak perusahaan Avenue Luxembourg SARL, pemegang 30,76% saham Bakrieland.(bpj/mmh)

bisnis.com

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: