Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Desember 1, 2009

bertemu lah yang 30% dan 70% @ elty … 011209

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 1:36 pm

Selasa, 01 Desember 2009 | 09:54

KRISIS DUBAI WORLD

Pengusaha Waspadai Dampak Krisis Dubai

JAKARTA. Krisis keuangan yang melanda Dubai World, mulai menimbulkan kekhawatiran di kalangan dunia usaha di Indonesia dan pemerintah. Mereka yang memiliki kerjasama dengan anak badan usaha terbesar milik keemiratan Dubai tersebut mulai waspada.

Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Departemen kebudayaan dan Pariwisata Firmansyah Rahim mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk mengecek nasib kerjasama pembangunan resor di Lombok. Sebab pada proyek itu, Emaar Propertis asal Dubai bersedia menginvetasikan US$ 600 juta. Mereka menjalin kerjasama dengan Bali Tourism Development Corporation. “Jika sampai gagal, mau cari uang sebanyak itu dari mana?,” ujar Firmansyah, kemarin (30/11).

Grup Bakrie juga melakukan hal serupa. “Kami akan segera bertemu dengan investor dari Dubai untuk menyikapi krisis Dubai World,” ujar Direktur Utama PT Bakrieland Development Tbk, Hiramsyah S. Thaib.

Seperti telah ditulis KONTAN, anak usaha Dubai World, yakni Limitless LLC, menggenggam 30% saham di proyek superblok Rasuna Epicentrum yang bernilai Rp 1,2 triliun.

Meski yakin, krisis Dubai World tak akan serta merta berpengaruh kepada Limitless, Hiramsyah tetap waspada. Tapi, jika kemungkinan terburuk terjadi, misalnya Limitless ikut terseret krisis, Hiramsyah tak cemas. “Banyak yang antri untuk jadi mitra di proyek ini,” imbuhnya.

Sementara itu, PT XL Axiata meyakinkan, agenda penerbitan saham baru (rights issue) pada Desember nanti bakal tetap berjalan. “Beruntunglah persiapan sudah mendekati 100% dan cashflow kami dengan Emirates Telecom (Etisalat) terpisah,” ujar Presiden Direktur XL Axiata, Hasnul Suhaimi.

Sekedar mengingatkan, pada akhir 2007, 16% saham operator telekomunikasi ini telah beralih ke tangan Etisalat. “Kami tetap waspada, namun dengan atau tanpa dukungan dari Etisalat, agenda rights issue itu tetap akan berjalan,” imbuh Hasnul.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa masih optimistis krisis keuangan Dubai World tidak akan menganggu proyek-proyek infrastruktur yang dibiayai Negara Timur Tengah itu.

Dua hari lalu, Hatta mengaku bertemu dengan para investor dari Dubai. “Beberapa investor tetap komitmen bahkan menginginkan dipercepat pelaksanaannya,” jelasnya.

Nadia Citra Surya, Uji Agung KONTAN

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: