Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Desember 1, 2009

skandal optima: tetap nasabah kena getahnya … 011209

Filed under: OPTIMA under scrutinies — bumi2009fans @ 1:22 pm

Selasa, 01 Desember 2009 | 10:18

KISRUH OPTIMA

90% Duit KPD Optima Mungkin Bisa Kembali

JAKARTA. Ada sebuah kabar gembira bagi para nasabah yang duitnya selama ini masih tersangkut di Kontrak Pengelolaan Dana (KPD) terbitan PT Optima Kharya Capital Management. Kemungkinan besar, para nasabah bisa memperoleh duitnya kembali meski tak lagi utuh.

Kepala Biro Pemeriksaan dan Penyidikan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Sarjito menyatakan, aset nasabah Optima itu tidak hilang. Karena, aset itu masih tersimpan di PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Dia mengaku, Bapepam-LK berhasil mengamankan sekitar 90% total dana nasabah yang tersangkut di KPD buatan Optima tersebut. “Untungnya dana KPD itu tersimpan di KSEI. Sehingga kemungkinan besar masih bisa diselamatkan,” ujar Sarjito kepada KONTAN, belum lama ini.

Sayang, dia enggan menyebutkan berapa total dana nasabah Optima yang tersangkut dalam produk KPD itu. Alasannya, proses verifikasi masih berlangsung. Namun, kabar yang beredar selama ini, total dana tersebut mencapai Rp 600 miliar. Di antaranya duit PT AJB Bumiputera 1912 sebesar Rp 380 miliar, dana PT Kereta Api Indonesia (KAI) senilai Rp 100 miliar, dan sisanya milik para nasabah ritel.

Duit tak lagi utuh

Namun, tak berarti para nasabah bisa mengantongi duit itu dengan nilai seperti sediakala. Pasalnya, dana tersebut masih berbentuk efek yang merupakan aset dasar KPD. Dus, nilai portofolio KPD itu bisa saja tergerus atau berubah mengikut pergerakan harga saham, obligasi, maupun surat berharga lainnya di pasar modal.

Yang jelas, hingga kini, wasit pasar modal itu masih mencari pihak-pihak di jajaran direksi Optima yang bertanggung jawab atas masalah yang terjadi pada produk KPD terbitan Optima. “Namun, yang terpenting, kami amankan dulu seluruh dana nasabah,” imbuh Sarjito.

Jika pejabat Optima yang bertanggung jawab atas kasus itu telah jelas, Bapepam-LK berharap, para nasabah lebih mudah meminta pertanggungjawaban.

Apalagi, saat ini, setiap nasabah telah mengantongi surat pernyataan dari para direksi Optima yang berisikan kesediaan untuk mengembalikan dan membayar bunga yang dijanjikan, sekalipun Optima dinyatakan pailit. Surat tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama Grup Optima Harjono Kesuma dan mantan Direktur Utama Antonius P. Siahaan.

“Surat pernyataan ini diberikan direksi Optima ketika menawarkan KPD itu kepada saya pada tahun 2007 lalu,” ujar Thomas Tandang, salah satu nasabah ritel KPD Optima. Surat itu pula yang dibawa Tandang ketika melaporkan kedua direksi Optima tersebut ke polisi.

Namun demikian, Sarjito berpendapat, sebenarnya pihak kepolisian tidak bisa meminta direksi Optima untuk bertanggungjawab atas dana nasabah yang hilang. Menurutnya, hanya Bapepam-LK yang bisa meminta direksi perusahaan efek atau manajer investasi mengembalikan uang nasabah.

“Dengan catatan, direksi terbukti bersalah dan bertanggungjawab atas dana tersebut,” tandasnya.

Herlina KD, Ade Jun Firdaus KONTAN

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: