Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Desember 3, 2009

R.I. dipastikan di R.I. donk … 031209

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 3:02 pm

Bapepam Perlunak Aturan Penawaran Sekunder Emiten
Kamis, 03 Desember 2009 15:44 WIB 169 Dibaca | 0 Komentar
JAKARTA–MI: Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) akan memperlunak aturan penawaran sekunder emiten tanpa HMETD (Hak Memiliki Efek Terlebih Dahulu) dari yang sebelumnya maksimal 5% menjadi 10%.

“Untuk penawaran sekunder emiten tanpa HMETD (Hak Memiliki Efek Terlebih Dahulu) batasnya akan naik menjadi 10%,” kata Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany dalam acara Investor Summit di Jakarta, Kamis (3/11). Peraturan penerbitan saham baru itu merupakan revisi peraturan yang berlaku saat ini.

Dalam peraturan saat ini, perusahaan terbuka dan tercatat atau emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) bisa menerbitkan saham baru tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) maksimal sebanyak 5%. Apabila melebihi jumlah tersebut, emiten harus menawarkan saham baru tersebut kepada pemegang saham perseroan terlebih dahulu. Ini akan membatasi kemampuan perseroan dalam meraih dana besar melalui mekanisme penerbitan saham baru.

“Jadi, itu semacam insentif buat emiten,” kata dia. Menurut rencana, kata Fuad, aturan bernomor IX D akan ditandatangani minggu depan.

Di samping itu, Fuad melanjutkan, aturan lain yang rencananya akan diperbaharui adalah penyederhanaan IPO dengan merevisi aturan IX A2. Kemudian kebijakan mengenai benturan kepentingan dan materialitas yaitu aturan IX E1 dan IX E2.

Benturan kepentingan perlu diatur lebih ketat dengan memberikan penilaian fairness opinion. “Ada kecenderungan pemilik perusahaan yang tadinya mayoritas ingin menang sendiri. Padahal, sahamnya kini telah dimiliki publik,” ujarnya. Selain itu, pihaknya juga akan memberikan insentif pajak sebesar 5% bagi perusahaan yang mengalokasikan pembagian sahamnya untuk publik (floating) sebanyak 40%. (*/OL-04)

Kamis, 03 Desember 2009 | 13:58

PERATURAN BAPEPAM-LK

Aturan Rights Issue Keluar Pekan Depan

JAKARTA. Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) bakal segera mengeluarkan aturan yang melonggarkan batasan maksimal penerbitan saham baru (rights issue) tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Wasit pasar modal ini akan mengesahkan aturan tersebut pada pekan depan.

“Aturan ini akan disahkan minggu depan,” ujar Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany, Kamis (3/12). Ia berharap, kelonggaran ketentuan tersebut bisa mendorong minat perusahaan tertutup untuk melepas sahamnya ke publik lewat bursa saham. Soalnya, ketentuan ini akan memudahkan perusahaan terbuka dalam mencari tambahan modal.

Sebab, perusahaan publik bisa langsung menjual saham barunya ke publik atau investor strategis, sepanjang nilainya tidak lebih dari 10% total saham. Perusahaan tersebut juga tidak berkewajiban memberikan hak untuk memesan terlebih dulu kepada pemegang saham lamanya.

Dalam aturan yang belum direvisi, merujuk ketentuan pasar modal Nomor IX.D.4 tentang Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu, pasal 1 (a), penambahan modal tanpa HMETD hanya berlaku untuk penerbitan saham baru dengan nilai sampai dengan 5% total saham.

Apalagi, ketentuan baru ini tidak lagi mewajibkan emiten menjalani proses selayaknya penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO). Jadi, emiten bisa menghemat waktu dan biaya.

Ambil contoh, perusahaan publik awalnya hanya melepas 10% saham pada saat IPO. Tapi kemudian perusahaan ini ingin menambah modal dengan melepas 10% saham lagi ke publik.

Berdasarkan aturan yang berlaku sekarang, perusahaan ini harus menawarkan dulu saham baru ini ke pemegang saham lama. Tapi dengan ketentuan baru nanti, perusahaan tersebut bisa langsung menjualnya ke publik atau investor strategis.

Yuwono Triatmodjo, Ade Jun Firdaus
kontan

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: