Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Desember 3, 2009

sesudah aturan, PENGAWASAN JUJUR perlu … 031209

Filed under: OPTIMA under scrutinies — bumi2009fans @ 3:15 pm

Kamis, 03 Desember 2009 | 12:51

PENGAWASAN PASAR MODAL

Bapepam-LK Susun Standar Kontrak Investasi
kontan

JAKARTA. Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) tampaknya mulai bosan terus-terusan kena tuding untuk menyelesaikan sengketa antara investor dan perantara investasi. Soalnya, Bapepam-LK merasa banyak sengketa yang terjadi antar dua pihak itu, sebenarnya sudah masuk ranah hukum perdata dan di luar kewenangan Bapepam-LK.

Toh, wasit pasar modal ini tetap merasa perlu untuk melakukan sesuatu. Dus, saat ini Bapepam-LK bakal menyusun suatu aturan baru yang berisi standar kontrak investasi. Nah, kalau aturan ini sudah keluar. Bapepam berwenang membatalkan suatu kontrak investasi, kalau mereka merasa tidak memenuhi standar yang telah mereka tentukan.

Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany bilang, standar kontrak bertujuan mengamankan aset investor. Sebab selama ini, Bapepam-LK kerap menerima pengaduan dari investor yang merasa perantara investasinya menyelewengkan dana mereka. Khususnya pada dana nasabah yang nganggur atau idle. Sedangkan para perantara investasi berdalih, kalau mereka telah melaksanakan strategi investasi sesuai mandat yang tercantum dalam kontrak dengan nasabah.

Kalau untuk sengketa seperti ini, Fuad mengaku sulit untuk menyelesaikannya. Karena, Bapepam-LK tidak bisa ikut campur terhadap isi kontrak antara investor dan perantara investasi. “Investor tak mau tahu, malah demo dan mengatakan kami lepas tanggung jawab,” cetus Fuad di Jakarta, Kamis (3/12).

Selain berencana membuat standar kontrak investasi, Bapepam-LK juga berencana meningkatkan standar kualifikasi pelaku pasar modal dan lembaga keuangan. Teknisnya, Bapepam akan menaikkan tingkat kesulitan dalam soal ujian wakil perantara pedagang efek (WPPE) dan wakil manajer investasi (WMI).

Ade Jun Firdaus

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: