Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Desember 5, 2009

drama b-life : audit publik aja tukh … atawa investigasi : 051209

Filed under: Utang Bumi & Grup — bumi2009fans @ 6:18 pm

Sabtu, 05/12/2009 01:30 WIB

Bakrie Life diminta tunjukkan jaminan

oleh :

JAKARTA: Biro Perasuransian Bapepam-LK berharap pemegang saham PT Asuransi Jiwa Bakrie (Bakrie Life) menunjukkan jaminan pembayaran dana pokok untuk menciptakan kepercayaan dan kenyamanan nasabah Diamond Investa.

Kepala Biro Perasuransian Bapepam-LK Isa Rachmatarwata mengatakan medium secure notes (MSN) yang diklaim sebagai aset untuk penyangga pembayaran seharusnya ditempatkan di perusahaan atau kustodian perseroan. Ini penting agar Bakrie Life tidak hanya berbekal perjanjian saja, tapi juga menunjukkan kemampuan memenuhi kewajiban.

Dia mengakui memang ada untung ruginya menempatkan MSN di perusahaan karena nantinya dikhawatirkan akan diklaim milik perusahaan dan pemegang polis di luar nasabah Diamond Investa juga merasa berhak atas aset tersebut.

“Saya rasa harus dicari konstruksi legal. Oke ini [MSN] ditempatkan di Bakrie Life tapi ini tidak boleh digunakan untuk yang lain kecuali untuk melunasi kewajiban bagi nasabah,” tegasnya kemarin.

Dia berjanji regulator akan memantau perusahaan merealisasikan janji membayar bunga setiap bulannya dan dana pokok tahap pertama Maret nanti. “Sepanjang izin usaha belum dicabut, nanti akan kami pantau.”

Ketika ditanyakan mengenai klausul perjanjian nasabah tidak bisa menuntut hukum perseroan, Isa mengatakan hal itu bukan berarti tidak bisa dilakukan jika perseroan tidak memenuhi perjanjian.

“Kalau saya membacanya jika kesepakatan berjalan dia tidak bisa meminta yang lain dari yang sudah disepakati. Tapi kalau kesepakatan itu sendiri yang tidak dipenuhi, nasabah berhak menuntut,” katanya.

Diamond Investa merupakan produk proteksi yang dipadukan investasi dengan return tinggi. Kebanyakan dana ditaruh di saham sehingga saat harga jatuh dan pemegang polis panik dan melakukan penarikan seketika, Bakrie Life tidak bisa memenuhi dana yang diminta nasabah

Pada kesempatan terpisah, Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany menyatakan tidak bisa melangkah lebih jauh memaksa perusahaan merealisasikan skema pembayaran dana pokok.

Menurut dia, nasabah mempunyai pilihan lain selain mengambil skema yang ditawarkan perusahaan, yakni membawa masalah ini ke ranah hukum.

“Sekarang mereka melakukan negosiasi dengan Bakrie Life. Saya tidak bilang mereka harus terima tawaran Bakrie Life. Kan mereka punya pilihan, apakah mereka mau tuntut atau mereka mau ikut. Terserah mereka. Saya tidak bisa lagi masuk di situ,” tuturnya.

Skema bayar

Bakrie Life menawarkan skema pembayaran dana pokok 25%, 25%, dan 50% mulai triwulan I/2010 yang berakhir pada Januari 2012 dengan bunga yang dibayarkan setiap bulan 9,5%. Sekitar 70 pemegang dana -dari 600 polis–sudah menyetujui ikut skema itu, sisanya menolak dan minta dana mereka dibayarkan paling lambat akhir tahun ini.

Perwakilan nasabah yang menolak menyatakan tidak percaya Bakrie Life mampu memenuhi skema itu dengan back up MSN.

Fuad mengatakan pemerintah juga tidak punya kewenangan untuk memastikan apakah pemegang saham akan benar-benar mampu merealisasikan perjanjian dengan pemegang polis. “Agak susah, Bapepam tidak ada kewenangan ke arah itu,” imbuhnya.

Menurut dia, kontrak pembelian produk hanya melibatkan dua pihak yakni perusahaan dan nasabah. Saat perusahaan tidak bisa memenuhi janjinya, pemerintah tidak dalam kewenangan turut campur terlalu dalam memaksakan langkah yang harus diambil.

“Ada jalur hukum, itu kan keperdataan. Dia [Bakrie Life] kan tidak mencuri. Dia tidak bisa bayar karena uangnya tidak ada, jadi ini bukan kasus fraud tapi kasus dia tidak bisa memenuhi janji,” katanya.

Oleh Hanna Prabandari

Bisnis Indonesia

bisnis.com
Jumat, 04/12/2009 21:46 WIB
Bapepam Desak Pemegang Saham Bakrie Life Kembalikan Dana Nasabah
Whery Enggo Prayogi – detikFinance

Foto: Bakrie Life Jakarta – Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam LK) mendesak pemegang saham Bakrie Life untuk segera mengembalikan dana nasabah yang tersendat. Pemegang saham juga disarankan untuk segera bertemu langsung kepada para nasabah.

“Saya minta dengan sangat untuk bertemu langsung dan minta dikembalikan untuk investor. Kan pemegang saham sudah janji kembalikan, melalui perusahaan,” kata Kepala Bapepam-LK Fuad Rahmany di kantornya Komplek Departeman Keuangan, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (4/12/2009).

Menurut Fuad, Bapepam LK selaku otoritas tidak bisa bertindak terlalu jauh kepada Bakrie Life. Namun Fuad mengatakan, para nasabah bisa mengambil tindakan hukum kepada Bakrie Life.

“Bapepam bukan Pengadilan ataupun Jaksa. Saya kembalikan kepada investor. Jika ternyata tidak di-delivered , investor bisa ambil tindakan hukum,” jelasnya.

Belajar dari kasus ini, Fuad mengimbau agar masyarakat sadar akan risiko investasi pada setiap produk investasi.

Laporan terakhir yang diterima Bapepam LK, Timoer Soetanto selaku Direktur Utama Bakir Life telah memastikan bahwa 70% investor mengiyakan opsi pembayaran yang ditawarkan manajemen. Meskipun pencairan dana itu dilakukan secara bertahap, dengan skema 25% (2010), 25% (2011), dan 50% (Januari 2012).

Sedangkan sisanya masih belum menerima. “Jika mereka tetap nggak mau ya dituntut saja, agar masuk pengadilan,” papar Fuad.

(wep/dnl)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: