Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Desember 8, 2009

analis pro KEBAT-KEBIT meneropong bumi dan saudara2nya … 081209

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 8:19 pm

08/12/2009 – 11:03
Nico Simatupang
BUMI Bisa Melemah, ‘Trading Buy’!
INILAH.COM, Jakarta – Antisipasi pasar atas situasi politik di hari Anti Korupsi se-Dunia Rabu (9/12) besok mendorong saham PT Bumi Resources (BUMI), Selasa (8/12) diprediksikan melemah. Trading buy BUMI!

Analis investasi PT GMT Aset Manajemen Nico Simatupang mengatakan potensi pelemahan BUMI hari ini karena sepinya transaksi di bursa. Pelaku pasar masih menunggu situasi politik Rabu (9/12) besok yang santer dikabarkan akan terjadi demo besar-besaran dalam rangka hari anti korupsi se-dunia.

BUMI akan memecahkan level suport Rp2.500 ke arah Rp2.400 dan Rp2.560 sebagai level resistance-nya,” katanya kepada Ahmad Munjin dari INILAH.COM, di Jakarta.

Pada perdagangan kemarin, saham BUMI ditutup melemah Rp50 (1,96%) menjadi Rp2.500 dibandingkan sebelumnya pada level Rp2.550. Harga tertingginya mencapai Rp2.575 dan terendah Rp2.475. Sedangkan volume transaksi mencapai 141,1 juta unit saham senilai Rp357,1 miliar dan frekuensi 3.604 kali. Berikut ini wawancara lengkapnya:

Menjelang hari Antikorupsi se-Dunia, Rabu (9/12) besok, bagaimana pengaruhnya terhadap pergerakan saham BUMI hari ini?

Saya perkirakan akan melemah karena transaksi di bursa sepi. Pelaku pasar masih menunggu situasi politik besok yang santer dikabarkan akan terjadi demo besar-besaran dalam rangka hari Antikorupsi se-Dunia.

Selain itu, karena emiten ini tidak berhasil menembus level resistance-nya di level Rp.2560 kemarin ada peluang akan memantul ke bawah menuju level supportberikutnya.

Akan bergerak di kisaran berapa?

BUMI akan memecahkan level suport Rp2.500 ke arah Rp2.400 dan Rp2.560 sebagai level resistance-nya. Tapi, pergerakan BUMI sebenarnya tergantung pada situasi politik apakah semakin memanas atau tidak. Pasar mengkhawatirkan demo ini bisa memicu kericuhan. Fokus pergerakan indeks saat ini adalah faktor politik. Mudah-mudahan tidak semakin memanas.

Sentimen dari korporasi sendiri bagaimana?

Dari sisi fundamental saham BUMI tidak masalah. Meski harga batubara melemah dari US$81 pekan lalu menjadi US$80 per metrik ton pekan ini, tidak akan menjadi sentimen negatif. Karena, data tersebut sudah keluar kemarin pagi sehingga sudah terfaktorkan pada pelemahan BUMI kemarin. Sudah didiskon sama pasar.

Bagaimana dengan sentimen grupnya?

Begitu juga dengan isu Grup Bakrie yang akan melakukan rights issue rame-rame. Semua itu sudah didiskon juga oleh pasar. Di sisi lain, BUMI sendiri dipastikan tidak akan right issue.

Yang sudah pasti adalah PT Barieland Development (ELTY), PT Bakrie Sumatera Plantation (UNSP), dan PT Darma Henwa (DEWA). Pasar saat ini sedang menunggurights issue tersebut di harga berapa. Karena itu, saham-saham tersebut dalam beberapa hari terakhir bergerak flat karena pasar masih menunggu. Hari ini tidak berpengaruh lagi pada BUMI.

Hal serupa terjadi pada rencana BUMI delisting saham Herald di bursa Australia?

Itu juga sudah diperkirakan pasar. Sebelumnya melakukan tender offer karena memang tujuannya untuk itu. Isu lain terjadi pada persoalan PT Daerah Maju Bersaing yang belum membayar divestasi Newmont karena belum mendapat surat dari BKPM. Itu tidak berpengaruh negatif. Karena hal itu hanya menyangkut persoalan administrasi saja. Pergerakan BUMI hari ini lebih terpengaruh oleh sentimen politik.

Lantas, apa rekomendasi Anda untuk BUMI?

Saya rekomendasikan trading buy. Saya tidak merekomendasikan untuk beli, kalaupun untuk jangka panjang. Itu terlalu lama.[jin/ast]

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: