Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Desember 9, 2009

buy on weakness unsp tukh … 091209

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 9:54 am

oleh : Sylviana Pravita R.K.N.

JAKARTA (bisnis.com): Saham-saham yang direkomendasikan pada hari ini, yaitu ASRI, BUMI, UNSP dan AALI terkait dengan faktor teknikal, aksi korporasi dan pemberitaan media.

Riset PT Ciptadana Securities merekomendasikan saham ASRI, BUMI, UNSP dan AALI untuk strategi buy on weakness. Selanjutnya, riset harian PT BNI Securities merekomendasikan saham UNTR.

Riset Ciptadana juga menyebutkan bursa di Wall Street terkoreksi pada perdagangan tadi malam. Dow turun 1% ke level 10,285 dan S&P 500 turun 1.03% ke level 1,091. Beberapa hal yang menyebabkan koreksi di Wall Street adalah penguatan US dollar dan earnings forecast pesimis dari 3M Co.

Data manufaktur yang dirilis oleh Inggris dan Jerman masih menunjukkan lemahnya sektor manufaktur di negara-negara tersebut.

Data revised dari pertumbuhan ekonomi Jepang menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Jepang pada kuartal ketiga hanya tumbuh sebesar 1.3%YoY, jauh lebih kecil dari data preliminary sebesar 4.8%YoY (juga lebih kecil dari perkiraan analis sebesar 2.8%YoY). Nikkei langsung dibuka melemah pagi ini.

Dari energy market, harga minyak dunia kembali turun US$1.31/barel dan ditutup pada level US$72,62/barel pada perdagangan di New York.

Harga-harga komoditi utama lainnya mixed. Sementara itu dari dalam negeri, IHSG pada perdaganga

Sumber : BISNIS.COM

Rabu, 09 Desember 2009 | 09:21

AKSI KORPORASI UNSP

UNSP Menjajaki Akuisisi Sembilan Perusahaan

JAKARTA. PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP) sedang menyiapkan aksi korporasi besar-besaran. Anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk ini berencana mengakuisisi sembilan perusahaan. Sekitar tiga sampai lima perusahaan di antaranya bergerak di sektor perkebunan. Adapun sisanya adalah perusahaan kimia.

Direktur Bakrie Sumatera Harry M. Nadir mengungkapkan, saat ini pihaknya masih mematangkan proses negosiasi dengan para pemilik perusahaan yang jadi target akuisisi. Sayangnya, dia enggan menyebutkan identitas sembilan perusahaan itu.

Namun, seorang sumber KONTAN pernah membisikkan, UNSP mengincar aset milik Domba Mas Group. Kebetulan, kelompok usaha yang sedang terbelit utang dengan Bank Mandiri ini memiliki tiga unit perusahaan yang bergerak di bidang oleokimia, yaitu PT Sawit Mas Agro Perkasa, PT Domas Agro Inti Perkasa, dan PT Domas Sawitinti Perdana.

Toh, Harry belum mau mengakui adanya rencana tersebut. Dia juga tak bersedia membeberkan total dana yang disiapkan untuk kebutuhan akuisisi sembilan perusahaan. Yang pasti, selain bersumber dari kas internal, UNSP akan menerbitkan saham baru (rights issue) untuk menambal kebutuhan dana akuisisi. “Kami masih menghitung target dana rigths issue dan jumlah saham yang akan diterbitkan,” kata dia kepada KONTAN, kemarin (8/12).
Diskon rights issue

Demi melancarkan hajatan itu, UNSP akan menggelar roadshow, mendatangi para pemegang sahamnya dan pihak-pihak terkait pada akhir tahun ini. Bukan cuma menyambangi pemilik domestik, manajemen UNSP juga mendatangi pemegang sahamnya di luar negeri.

Harry bilang, UNSP akan menawarkan diskon harga saham rights issue untuk menarik minat para pemegang saham lama mengeksekusi haknya. Jadi, mereka bisa menikmati harga saham baru di bawah harga pasar. Selanjutnya, jika semuanya lancar, UNSP akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), pada 13 Januari 2010, guna meminta restu rights issue dan akuisisi perusahaan lain.

Edwin Sinaga, Analis Financorpindo Nusa berpendapat, janji diskon harga rights issue bisa menjadi senjata makan tuan. Pasalnya, diskon ini memberikan sinyal UNSP begitu menggebu menggelar hajatan itu. Padahal, dia menghitung, kinerja UNSP cukup bagus dan harga sahamnya masih murah. “Bisa dibilang saham UNSP itu undervalued,” imbuhnya. Kemarin, saham UNSP bertengger di harga Rp 700 per saham.

Nah, dengan diskon harga tadi, bisa dipastikan jarak antara harga saham UNSP dan saham emiten perkebunan lainnya semakin lebar. Saat ini, rasio harga saham terhadap laba bersih per saham atau price earning ratio (PER) UNSP hanya 8,3 kali. Bandingkan dengan PER PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) sebesar 22,19 kali dan PT Sampoerna Agro Tbk (SGRO) sebesar PER 18,4 kali.

Edwin menilai, janji diskon UNSP justru menimbulkan pertanyaan investor. “Mengapa mereka begitu takut sahamnya tidak laku,” kata dia. Dibandingkan dengan emiten sesama Grup Bakrie, kinerja UNSP pun masih terbilang bagus. Rasio utang terhadap ekuitas atau debt to equity ratio (DER) hanya 0,93 kali.

Wahyu Tri Rahmawati, Veby Mega KONTAN

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: