Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Desember 9, 2009

unsp melikuidasi saham juga bwat cari dana … 091209

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 6:11 am

Selasa, 08/12/2009 23:11 WIB

Bakrie Plantations ajukan rencana rights issue

oleh : M. Munir Haikal & Irvin Avriano

JAKARTA (Bisnis.com): PT Bakrie Sumatera Plantation Tbk telah mengajukan rencana penawaran saham terbatas (rights issue) ke Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK). Rights issue ini bertujuan untuk mendanai akuisisi aset Domba Mas senilai US$100 juta sampai US$150 juta maupun ekspansi yang lain.

“Kami sudah menyampaikan notifikasi soal rencana rights issue perseroan ke Bapepam-LK,” ujar Sekretaris Perusahaan Bakrie Plantations Fitri Barnas, malam ini.

Dia mengatakan jumlah dana yang rencananya akan diraih dari rights issue masih dihitung oleh manajemen.

Kepala Biro Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Riil Bapepam-LK Anis Baridwan ketika dikonfirmasi Bisnis mengaku belum menerima dokumen yang diajukan oleh Bakrie Plantations. “Kalaupun sudah masuk, saya belum menerima.”

Bakrie Plantations sedang memfinalisasi akuisisi aset Domba Mas yaitu pabrik olekimia yang dilepas oleh PT Bank Mandiri Tbk. Akuisisi terhadap Domba Mas tersebut dilakukan melalui anak perusahaan yang bukan menjadi guarantor dari obligasi Bakrie Plantations.

Bank Mandiri melelang aset Domba Mas itu dua hotel di kawasan Kuningan-Jakarta dan Hotel Tiara di Medan dan pabrik oleokimia. Namun, yang diakuisisi oleh Bakrie Plannations adalah Domas Agro Prima yang memiliki tiga unit perusahaan yang bergerak di oleokimia yaitu PT Sawit Mas Agro Perkasa, PT Domas Agro Inti Perkasa, dan PT Domas Sawitinti Perdana.

Bakrie Plantations sedang menyiapkan dana sedikitnya US$200 juta untuk ekspansi ke Afrika Barat, yang akan dipenuhi dari kas internal dan eksternal salah satunya dari International Financial Cooperation (IFC). Ekspansi ke Afrika tersebut akan dimulai pada 2010 terutama untuk menambah produksi sawit, dan diperkirakan baru akan memberikan kontribusi pada 2012.

Bakrie Plantations melalui anak usahanya BSP Finance B.V. berencana menerbitkan obligasi tambahan senilai US$25 juta untuk mendanai ekspansi. Obligasi yang diterbitkan tersebut menawarkan bunga 10,75%, dengan tingkat imbal hasil 11,48%, dan harga 98,18%. Obligasi tersebut jatuh tempo pada 2011 dan dijamin oleh Bakrie Plantations dan empat anak perusahaannya yaitu PT Bakrie Pasaman Plantations, PT Agrowiyana, PT Agro Mitra Madani, PT Huma Indah Mekar, dan PT Air Muring. Hari ini, harga saham perseroan berkode UNSP tersebut melemah 1,41% menjadi Rp700 dibandingkan dengan hari sebelumnya senilai Rp710 menjadikan berkapitalisasi pasar Rp2,65 triliun. (mmh)

bisnis.com

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: