Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Desember 10, 2009

RI 10%, ada yang :)) … 101209

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 7:11 pm

10/12/2009 – 18:35
Modal Tanpa HMETD Maksimal 10%
Susan Silaban

INILAH.COM, Jakarta – Bapepam mengatur penambahan modal tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMTED) atau rights issue dalam penerbitan saham baru SPO (Secondary Public Offering ) maksimal 10%.

Demikian disampaikan Kepala Bapepam-LK Fuad Rahmany dalam keterangan tertulis yang diterima INILAH.COM, Kamis (10/12).

“Peraturan ini menjadiklan pasar modal sebagai pilihan alternatif sumber pembiayaan yang lebih kompetitif bagi dunia usaha. Juga mendorong peningkatan kepemilikan publik secara lebih meluas atas perusahaan terbuka,” ujar Fuad.

Dalam peraturan sebelumnya, Perusahaan Publik (PE) atau emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI) bisa menerbitkan saham baru tanpa HMETD maksimal sebanyak 5%. Pada peraturan baru IX.D.4 ini, batas maksimalnya menjadi 10%. Peraturan baru ini diterbitkan dalam rangka peningkatan akses pembiayaan dari pasar modal bagi emiten ataupun Perusahaan Efek.

Beberapa pokok perubahan yang diatur dalam peraturan tersebut antara lain, Pertama, mengubah persyaratan bagi emiten atau perusahaan publik yang dapat menambah modal tanpa memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu menjadi penambahan modal hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu dua tahun dengan penambahan modal paling banyak 10 persen dari modal disetor.

Kedua, mengubah nilai persentase bagi bank yang akan menambah modal tanpa memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu dengan persyaratan bank tersebut menerima pinjaman dari Bank Indonesia atau lembaga pemerintah lain yang jumlahnya lebih dari 100% dari modal disetor atau kondisi lain yang dapat mengakibatkan restrukturisasi bank oleh instansi pemerintah yang berwenang.

Ketiga, menambah ketentuan baru mengenai kewajiban memberitahukan kepada Bapepam dan LK serta mengumumkan kepada masyarakat mengenai waktu pelaksanaan penambahan modal tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu dan hasil pelaksanaan penambahan modal tersebut. [san/cms]
Revisi Aturan HMETD Insentif Bagi Emiten
Kamis, 10 Desember 2009 18:44 WIB 78 Dibaca | 0 Komentar
JAKARTA–MI: Aturan penawaran sekunder emiten tanpa Hak Memiliki Efek Terlebih Dahulu (HMETD) yang diubah dari maksimal 5% menjadi 10% siap diberlakukan. Aturan itu diharap menjadi insentif buat emiten.

Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Fuad Rahmany mengungkapkan, dirinya akan menandatangani ketentuan baru ini, Kamis (10/12).

Bapepam-LK menilai aturan sebelumnya membatasi kemampuan perseroan dalam meraih dana besar melalui mekanisme penerbitan saham baru. Dalam pertemuan Investor Summit 2009 pekan lalu, Bapepam-LK juga berniat menyederhanakan penawaran saham publik (IPO) dan memperketat penilaian fairness opinion untuk mencegah benturan kepentingan dan materialitas. “Ada kecenderungan pemilik perusahaan yang tadinya mayoritas ingin menang sendiri, padahal sahamnya kini telah dimiliki publik,” ujarnya

Di samping itu, pihaknya juga akan memberikan insentif pajak sebesar 5% bagi perusahaan yang mengalokasikan pembagian sahamnya untuk publik (floating) sebanyak 40%. (Zhi/AT/OL-06)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: