Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Desember 10, 2009

saham aman, siapa mau … 101209

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 6:57 am

10/12/2009 – 06:31
Prediksi IHSG
Saham Aman: CPO-Telekomunikasi
Natascha & Vina Ramitha

(inilah.com /Agung Rajasa)
INILAH.COM, Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Kamis (10/12) diperkirakan bergerak tipis. Beberapa saham masih menjanjikan jika diakumulasi di antaranya SGRO, LSIP, TLKM dan BTEL.

Analis pasar modal Nefo Handoyo mengatakan, IHSG hari ini akan bergerak tipis, karena tak ada insentif lagi untuk masuk pasar. Apalagi efek Dubai yang mulai berpengaruh di Eropa, menyebabkan dolar AS menguat. “IHSG tidak akan bergerak kemana-mana. Maksimal hanya berada pada level 2.500 saja,” ujarnya ketika berbincang dengan INILAH.COM, Rabu (9/12), sore.

Melemahnya minat investor, menyebabkan aktivitas trading anjlok drastis. Pasalnya, para investor ini biasa bermain jangka pendek. Ia pun memperkirakan situasi ini akan terus berlangsung hingga akhir pekan. “Terutama menjelang libur akhir tahun, pasar tidak lagi mendukung trading short term,” paparnya.

Menurutnya, dalam tiga bulan terakhir, 50% volume pasar berasal dari pergerakan saham kelompok Bakrie. Namun Bakrie kini sedang berkonsolidasi terkait berita sejumlah anak perusahaannya yang akan melakukan rights issue. “Hal ini berdampak pada pasar secara keseluruhan. Apalagi pasar didominasi ritel domestik,” imbuhnya.

Sedangkan dari pasar eksternal, kekhawatiran krisis likuiditas di Eropa akibat penurunan rating kredit Yunani oleh Fitch Rating, membuat bursa kawasan tersebut goyah. “Hal ini menambah kecemasan pasar, meski tidak terlalu besar,” ulasnya.

Investor saat ini tengah menantikan laporan kinerja perbankan Eropa yang terimbas efek Dubai. Minat investor dalam negeri pun terpengaruh, pasalnya, di saat yang sama, harga komoditas turun dan dolar AS kembali naik. “Artinya investor mulai khawatir dan memilih investasi lebih aman dalam bentuk dolar AS atau US Treasury,” lanjutnya.

Nefo meyakini, di lantai bursa tidak akan ada aksi window dressing lagi. Selain mahal, harga saham sudah terlampau tinggi. Berdasarkan hal ini, ia tidak merekomendasikan belanaja saham untuk jangka pendek. “Sebaiknya pasar mulai mengakumulasi saham komoditas, terutama dari perkebunan CPO,” katanya.

Menurutnya, sektor CPO masih menarik karena pemulihannya yang agak tertinggal ketimbang komoditas lain seperti logam. Harga CPO pun masih menarik, seiring ekspektasi harga minyak yang diperkirakan akan menembus US$80 per barel.

“Ini berarti, produksi edible oil dari CPO akan sangat menguntungkan. Namun di saat berada pada level US$70-an per barel seperti saat ini, malah tidak ekonomis,” paparnya.

Beberapa saham pilihannya adalah PT Sampoerna Agro (SGRO) dan PT London Sumatera (LSIP). “Investor bisa akumulasi emiten-emiten ini,” jelasnya.

Selain itu, Nefo juga menyarankan saham sektor telekomunikasi. Hal ini terkait penggunaannya di keseharian, sehingga demand-nya tidak akan turun. “Investor bisa mengoleksi saham PT Telekomunikasi Indonesia (TLKM) dan PT Bakrie Telecom (BTEL),” pungkasnya.

Pada perdagangan Rabu (9/12), IHSG ditutup melemah tipis 2,595 poin (0,10%) ke level 2.481,297. Perdagangan berjalan cukup tipis, dimana volume transaksi tercatat sebesar 3,446 miliar saham senilai Rp 2,569 triliun dan frekuensi 71.617 kali. Sebanyak 106 saham naik, 81 saham turun dan 63 saham stagnan.

Beberapa emiten yang melemah antara lain PT Indo Tambangraya Megah (ITMG) turun Rp350 ke Rp28.550, PT Indocement (INTP) melemah Rp300 ke Rp12.200, PT Telkom (TLKM) turun Rp200 ke Rp9.200, PT Unilever (UNVR) terkoreksi Rp100 ke Rp11.200

Sedangkan emiten-emiten yang menguat antara lain PT Gudang Garam (GGRM) naik Rp600 ke Rp18.700, PT Hexindo (HEXA) menguat Rp320 ke Rp1.620, PT United Tractors (UNTR) terdongkrak Rp200 ke Rp15.150, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) terangkat Rp 225 ke Rp 3.600. [ast/mdr]

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: