Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Desember 11, 2009

bnbr beberesan utank … 111209

Filed under: Utang Bumi & Grup — bumi2009fans @ 2:32 pm

Jumat, 11 Desember 2009 | 10:58

PEMBIAYAAN BAKRIE & BROTHERS

BNBR Restrukturisasi Utang Rp 1,7 Triliun

JAKARTA. PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) berencana merestrukturisasi utang jangka pendek menjadi utang jangka panjang. Selain itu, induk usaha Bakrie ini ingin melunasi utang gadai saham alias repurchase agreement (repo) dan menggantinya dengan pinjaman bank.

Dalam publikasi materi paparan publik BNBR kemarin (10/12), perusahaan ini masih memiliki utang jangka pendek sebesar Rp 1,51 triliun. Sedangkan utang repo mencapai Rp 220 miliar. Sementara utang jangka panjang BNBR mencapai Rp 5,21 triliun, yang akan jatuh tempo tahun 2012.

Nah, saat ini BNBR sedang menjajaki beberapa sumber pendanaan untuk membayar utang tersebut. Antara lain, penerbitan obligasi konversi atau convertible bond, realisasi sejumlah investasi, dan penjualan aset noninti BNBR.

Yang utama adalah penerbitan obligasi konversi sekitar US$ 200 juta sampai US$ 250 juta pada awal 2010. Saat ini, BNBR masih menyeleksi para calon penjamin emisi.
Duit yang diperoleh tak hanya untuk membayar utang jangka pendek. Tapi, juga buat membiayai investasi lainnya. Termasuk, membiayai hak membeli saham terlebih dahulu dalam rights issue beberapa anak perusahaannya.

Yang sudah pasti adalah, rights issue PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG). Anak usaha BNBR ini akan menerbitkan 26,18 miliar saham baru seharga Rp 185 per saham. Dengan kepemilikan 44,99% saham, BNBR perlu menyiapkan dana hingga
Rp 2,18 triliun agar sahamnya di ENRG tidak terdilusi.

Selain itu, PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP) juga sudah mengumumkan rencananya menerbitkan saham baru. Namun, belum harga serta jumlah saham yang akan diterbitkan belum pasti.

Sayang, Juru Bicara BNBR Siddharta Moersjid enggan mengomentari berbagai rencana pembiayaan itu. “Nanti saja,” katanya, kemarin.

Analis Asia Kapitalindo Securities Arga Paradita Sutiono menilai, BNBR mengambil kesempatan mencari dana saat bunga rendah. “Sehingga beban bunganya tidak menggunung,” imbuhnya.

Wahyu Tri Rahmawati, Irma Yani KONTAN

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: