Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Desember 11, 2009

trub trus tuntaskan tugas … 111209

Filed under: Saham Trub — bumi2009fans @ 6:01 pm

11/12/2009 – 17:40
Truba Hampir Tuntaskan Proyek PLTU Indramayu
Agustina Melani

INILAH.COM, Indramayu – PT Truba Jaya Engineering, anak perusahaan PT Truba Manunggal Engineering Tbk (TRUB) sudah menyelesaikan 64% proyek PLTU Indramayu 3×330 MW, Jawa Barat.

Truba Jaya Engineering saat ini tengah mengerjakan proyek mechanical, electrical dan instrumen pada proyek PLTU Indramayu 3×330 MW. Corporate Secretary PT Truba Manunggal Engineering Tbk (TRUB), Gamala Katoppo mengatakan, sekitar 64% sudah selesai untuk proyek kerja Truba seperti konstruksi fisik. “Finishing tahap pertama sudah selesai, pada boiler unit dua dan sekarang sudah melakukan hdyro test. Demikian juga dengan boiler unit ketiga,” kata Gamala saat paparan publik TRUB, Jumat (11/12).

Gamala mengatakan, proyek PLTU Indramayu ini tidak begitu terlambat karena ditargetkan akan selesai pada 2010. Dijadwalkan proyek PLTU Indramayu 3x330MW ini mulai dikerjakan pada akhir tahun 2007 dan diprediksikan akan beroperasi pada 2010. “Diprediksikan pada Maret 2010 selesai dan nanti percobaan,” tutur Gamala.

Gamala menambahkan proyek Indramayu termasuk salah satu proyek10ribu MW fast track pemerintah dari 10 proyek PLTU Truba sudah mendapatkan 5 proyek PLTU. Kelima proyek tersebut antara lain PLTU 1 Banten-Suralaya dengan kapasitas 1x625MW dengan nilai kontrak US$23juta, PLTU 2 Banten-Labuhan dengan kapasitas 2x330MW nilai proyek sekitar US$35juta, PLTU 1 Jawa Barat Indramayu dengan kapasitas 3x330MW, PLTU 2 Jawa Barat Pelabuhan Ratu dengan kapasitas 3×350 MW, dan PLTU 2 Jawa Timur-Paiton dengan kapasitas 1x600MW. “PLTU Labuhan sudah selesai,PLTU Indramayu diharapkan Maret 2010, PLTU Suralaya diharapkan akhir tahun 2010,” ujar Gamala.

Menurut Gamala, setiap nilai proyek dari proyek pembangkit listrik sekitar US$1 juta per Mega Watt. “Untuk pengerjaan mechanical and engineering TRUBA dapatkan sekitar 7 persen hingga 8 persen,” kata Gamala.

Gamala menambahkan TRUB akan terus membidik proyek EPC untuk pembangunan infrastruktur di Indonesia. TRUBA sudah mendapatkan proyek EPC pembangkit listrik skala besar yaitu proyek Tanjung Jati B extension 2×660 MW senilai US$18 juta. Pemilik proyek PLTU Indramayu ini PT PLN (Persero) dengan klien China National Electric Equipment Corporation. [cms]
Jumat, 11 Desember 2009 | 16:53

AKSI KORPORASI TRUBA

Truba Selesaikan PLTU Indramayu Kuartal Satu 2010

PT Truba Alam Manunggal Engineering Tbk (TRUB) lewat anak usahanya, PT Truba Jaya Engineering segera menyelesaikan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Indramayu yang berkapasitas 3×350 megawatt (MW). Saat ini, tingkat penyelesaian proyek listrik orderan dari PT PLN (persero) ini sudah menccapai 64%.

“Penyelesaian konstruksi mechanical, electrical, dan instrumentation-nya diperkirakan pada April 2010,” kata Sekretaris Perusahaan TRUB Gamala Katoppo dalam paparan publik usai site visit PLTU Indramayu hari ini (11/12).

Namun, sebelum itu, Truba akan menyelesaikan konstruksi di PLTU Labuan, Banten yang berkapasitas 2×330 MW. Penyelesaian konstruksi ditargetkan seelsai pada akhir tahun 2009. “Diharapkan di kuartal satu tahun depan sudah beroperasi,” imbuh Gamala.

Wahyu Tri Rahmawati kontan
Jumat, 11 Desember 2009 | 16:47

AKSI KORPORASI TRUBA

Truba Undurkan Proyek Listrik Swasta

JAKARTA. PT Truba Alam Manunggal Engineering Tbk (TRUB) kemungkinan memundurkan proyek Independent Power Producer (IPP) alias produsen listrik swasta di CP Bahari di Lampung dan IPP Kuala Tanjung di Sumatera Utara. Ada dua hal yang membuat TRUB akhirnya membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan kedua proyek tersebut.

Pertama, saat ini Truba sedang mencari partner strategis untuk menanggung dana pembangunan IPP. Truba menghitung, untuk IPP Kuala Tanjung, Truba perlu dana antara US$ 270 juta hingga US$ 300 juta. Untuk pendanaan IPP ini, Truba mengaku sudah sudah bertemu dengan institusi keuangan yang tertarik. “cuma, sampai sekarang belum ada perkembangan yang signifikan,” ujar Sekretaris Perusahaan Truba Gamala Katoppo dalam paparan publik dan site visit Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Indramayu hari ini (11/12).

Awalnya, Truba menargetkan proyek ini akan beroperasi secara komersial pada tahun 2011. Namun, karena strategic partner belum mereka peroleh, proyek listrik berkapasitas 2×135 megawatt (MW) ini harus mundur. Selain itu, TRUB juga masih mendiskusikan tarif atau harga jual listrik hasil IPP ini ke PLTU. Nah, biasanya diskusi soal tarif akan memakan waktu. Namun, Truba tak memberi batas waktu kapan proyek ini bakal dimulai. Begitu juga untuk proyek CP Bahari.

Untuk proyek IPP di Bangka dan Pontianak, Truba sudah mendapakan pinjaman dari Bank Bukopin untuk membiayai proyek. Masing-masing pembangkit berkapasitas 2×12 MW dan 2×30 MW.

Wahyu Tri Rahmawati

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: