Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Desember 13, 2009

the bakries @ 40% bei … 131209

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 11:26 pm

Meski Kuasai 40 Persen Bursa, Bakrie tidak Bisa Kuasai Ekonomi
Minggu, 13 Desember 2009 01:18 WIB

MI/M Irfan
JAKARTA–MI: Grup Bakrie menguasai sekitar 40% pergerakan ekonomi di Bursa Efek Indonesia.

“Sebanyak 40% kapitalisasi di Bursa Efek Indonesia itu berasal dari Bakrie, tapi jangan dijadikan alasan untuk melegalkan kesewenangan apabila pihak dari perusahaan itu melakukan kesalahan,” ungkap pengamat bursa Edwin Sinaga kepada Media Indonesia, Sabtu (12/12).

Penguasaan kapitalisasi Grup Bakrie itu berarti mencatatkan pengaruhnya dalam pergerakan ekonomi pada keseluruhan ekonomi makro Indonesia. Namun, menurut dia, hal itu bukan menjadi faktor yang bisa dijadikan sebagai alat yang bisa dimanfaatkan apabila anak perusahaan Bakrie Grup tidak memiliki disiplin keuangan.

Situasi yang melibatkan petinggi Grup Bakrie yang juga pengusung Hak Angket Bank Century, Aburizal Bakrie, dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani telah dianggap sebagai alat untuk melakukan berbagai deal politik banyak pihak. “Bukan hanya Bakrie, saya kira. Kekacauan ini saya kira ditengarai tujuan politisnya untuk dapat mendapat hak ekonomis secara politis,” ucap Edwin.

Apalagi, Grup Bakrie memasukkan anak perusahaannya pada berbagai sektor ekonomi, seperti properti, asuransi, pertambangan, telekomunikasi, dan perkebunan. Jadi, secara otomatis menjadi hal yang wajar apabila pengaruh kapitalisasinya di sektor ekonomi sedemikian besar.

Dia menjelaskan, pengaruh anak perusahaan Grup Bakrie yang memiliki kapasitas untuk menggoyang kestabilan Bursa Efek Indonesia jangan dikaitkan dengan posisi politis yang dipegang oleh Aburizal Bakrie. “Kalau mau dibilang, apa bisa mengganggu bursa, ya tergantung dari masyarakat melihatnya seperti apa. Karena mempengaruhi, maka harus segera diselesaikan. Jangan sampai karena faktor kapital yang besar membuat hal ini tidak diselesaikan. Tidak boleh jadi bargaining position dari Bakrie,” tuturnya. (*/OL-04)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: