Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Desember 15, 2009

bakrie dan freeport, pasangan jadul … 151209

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 11:20 pm

http://petajalaninvestasigw.blogspot.com/2009/12/eh-ternyata-bakrie-ga-jauh-dari.html

dulu bakrie juga ada kaitan dengan freeport …

Papua Naksir Saham Bakrie di Freeport

Kamis, 03 Desember 2009 | 18:31 WIB

TEMPO¬†Interaktif,¬†Jakarta – Pemerintah Provinsi Papua berminat membeli saham tambang emas dan tembaga milik PT Freeport Indonesia. “Saat ini masih dalam tahap negosiasi,” ujar juru bicara Freeport Indonesia Mindo Pangaribuan dalam pesan singkatnya, Kamis (3/12). “Saya belum bisa memberikan komentar lebih jauh.”

Pemegang saham Freeport saat ini 90,64 persen dikuasai oleh Freeport-McMoran Copper & Gold Inc dan 9,36 persen dipegang Pemerintah Republik Indonesia. Pemerintah Papua tertarik membeli 9,36 persen saham Freeport yang pada 1991 dimiliki PT Indocopper Investama, perusahaan tambang milik Group Bakrie.

Staf Ahli Ekonomi Gubernur Papua Agus Sumule membenarkan keinginan pemerintah provinsi itu. Namun, ia enggan mengatakan berapa dana yang telah disiapkan dan nilai sahamnya. “Kedua pihak masih dalam penjajakan,” kata Agus.

Pada 1991 Freeport menjual 9,36 persen sahamnya ke Indocopper Investama senilai US$ 213 juta. Tahun berikutnya, Indocopper Investama menjual kembali sebagian saham (51 persen) yang telah dibelinya kepada Freeport sebesar US$ 212 juta.

Sisa saham yang dimiliki oleh Group Bakrie itu (49 persen dari 9,36 persen) dijual kepada perusahaan tambang milik Bob Hasan, PT Nusamba Mineral Industri, senilai US$ 302 juta pada 1997. Kemudian, pada 2002 Bob Hasan menjual seluruh sahamnya kepada Freeport.

Dalam jawaban tertulis yang disampaikan Freeport pada rapat dengar pendapat dengan Komisi Energi Dewan Perwakilan Rakyat, Rabu (2/12), target pengolahan bijih di pabrik Freeport tahun depan mencapai 235 ribu ton per hari. Tahun ini target pengolahannya 233 ribu ton per hari.

Pengolahan bijih tahun depan akan mengandung 0,9 persen kadar tembaga dan 0,9 gram per ton kadar emas. Bijih yang diproses akan berasal dari tambang terbuka Grasberg sebanyak 155 ribu ton per hari dan tambang bawah tanah 80 ribu ton per hari.

Hasil pengolahan bijih dari tambang emas terbesar di dunia dan tambang tembaga ketiga terbesar di dunia itu akan menghasilkan konsentrat dengan kadar tembaga rata-rata 26,5 persen dan emas 24,7 gram per tahun.

SORTA TOBING

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: