Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Desember 16, 2009

enrg YAKIN berlaba @2009 … 161209

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 8:33 am

Rabu, 16/12/2009 00:00 WIB

Energi bidik laba US$15 juta
Belanja modal US$196 juta untuk akuisisi

oleh :

JAKARTA: PT Energi Mega Persada Tbk menargetkan laba setelah pajak sebesar US$10 juta-US$15 juta (setara dengan Rp141 miliar) pada 2010, naik 2-3 kali lipat dari konsensus tahun ini US$5,05 juta.

Guna mendorong pertumbuhan, produsen minyak dan gas (migas) Grup Bakrie ini tetap menjajaki akuisisi blok migas dengan preferensi lokasi di Sumatra yang berdekatan dengan blok yang sudah ada.

Manajemen Energi Mega memproyeksikan bisa membukukan pendapatan US$137 juta pada akhir tahun ini dan naik menjadi US$230 juta pada 2010.

Pada saat yang sama, laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (earning before interest, taxes, depreciation and amortization/EBITDA) perusahaan migas itu pada tahun ini diperkirakan US$7 juta dan pada 2010 senilai US$68 juta.

“Dari proyeksi tersebut, laba bersih perseroan tahun depan bisa mencapai US$10 juta-US$15 juta,” ujar Presiden Direktur Energi Mega Imam P. Agustino saat paparan publik, kemarin.

Dia tidak memerinci target laba bersih tahun ini. Namun, konsensus analis yang dihimpun Bloomberg memperkirakan laba bersih perseroan pada tahun ini sebesar Rp47,94 miliar atau setara dengan US$5,05 juta (asumsi US$1=Rp9.500) dan penjualan Rp1,73 triliun atau setara dengan US$182,10 juta.

Imam optimistis laba bersih Energi Mega bakal terus positif mulai 2010. Perbaikan kinerja keuangan ini, katanya, akan didukung oleh peningkatan volume produksi migas.

Produksi bersih migas Energi Mega tahun ini diproyeksikan sebanyak 6,35 miliar barel setara minyak (barrel oil equivalent/ boe), naik menjadi 7,12 miliar boe pada 2010. Sebagai gambaran pada tahun lalu produksi mencapai 5,89 miliar boe.

Capex US$196 juta

Dia menambahkan perseroan terus menjajaki peluang akuisisi blok migas. Tanpa biaya akuisisi, Energi Mega menganggarkan belanja modal US$196 juta untuk pengembangan seluruh blok migas perseroan.

Nilai belanja itu, tuturnya, termasuk bagian dari biaya pengembangan Blok Masela, yang total mencapai US$3 miliar-US$3,5 miliar hingga berproduksi pada 2016. Dengan porsi saham 10%, Energi Mega kemungkinan harus merogoh kocek US$300 juta-US$350 juta dalam 7 tahun ke depan.

Direktur Keuangan Energi Mega Didit Ratam mengatakan pendanaan belanja modal sebagian akan menggunakan dana internal, sebagian lainnya pendanaan eksternal. “Namun, sekarang masih terlalu dini untuk dibicarakan.”

Harga saham Energi Mega yang berkode ENRG ini ditutup melorot 4,02% atau Rp8 ke level Rp191 kemarin, menjadikannya bernilai kapitalisasi pasar Rp2,75 triliun.

Energi Mega berencana menerbitkan sebanyak 26,18 miliar saham baru (rights issue dengan hak memesan efek terlebih dahulu) dan 4,91 miliar waran pada awal tahun depan.

Emiten itu menawarkan saham baru pada harga Rp185 per saham dan penukaran waran pada harga Rp190, sehingga target perolehan dana mencapai Rp4,84 triliun.

Sebagian besar dana hasil rights issue ini dialokasikan untuk pembiayaan kembali utang dan akuisisi 10% Blok Masela dari Inpex.

Ketika ditanyakan mengenai adanya komitmen dari pemegang saham mayoritas untuk menyerap saham baru itu, Didit mengatakan hal itu sepenuhnya menjadi keputusan pemegang saham. “Lagipula pembeli siaga sudah siap untuk menyerap semuanya.”

PT Bakrie & Brothers Tbk tercatat sebagai pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan sebesar 43,2%. Adapun pembeli siaga adalah PT Danatama Makmur dan PT Madani Securities. (pudji.lestari@bisnis.co.id)

Oleh Pudji Lestari

Bisnis Indonesia

bisnis.com

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: