Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Desember 16, 2009

skandal optima, drama b-life, kasus broker : DEPKEU MELEMPEM …161209

Filed under: OPTIMA under scrutinies — bumi2009fans @ 4:36 pm

Investor Pertanyakan Kekuatan Proteksi BI & Depkeu
Rabu, 16 Desember 2009 – 16:07 wib

JAKARTA – Berlarutnya proses penyelesaian kasus Bank Century berpotensi mengganggu stabilitas perekonomian nasional. Kalangan investor disebut-sebut mulai mempertanyakan kekuatan proteksi bank sentral dan Departemen Keuangan (Depkeu) terhadap sektor finansial di Tanah Air.

“Pertanyaannya, kalau ada bank kolaps lagi apakah dia (bank sentral dan Depkeu) bisa mengambil tindakan yang sama karena belajar dari pengalaman ini, kalau ambil tindakan akan dipermasalahkan lagi,” papar staf khusus Menkeu Chatib Basri, seusai rapat pimpinan di Gedung Depkeu, Jakarta, Rabu (16/12/2009).

Menurutnya, inilah, pertanyaan yang sering dilontarkan oleh investor. Ketika Bank Indonesia (BI) dan Depkeu tidak lagi berani mengambil tindakan, upaya penyelamatan terhadap sektor keuangan berarti sudah tidak ada. Belakangan ini, Chatib mengaku sering ditodong pertanyaan seperti ini oleh para investor asing.

Mereka juga menanyakan sejauh mana keseriusan kasus Century ini. Jika akibatnya perlindungan terhadap sektor keuangan menjadi lemah atau bahkan hilang, kata Chatib, investor akan menarik investasinya.

Padahal dana asing dalam Sertifikat Bank Indonesia (SBI) saat ini sekira Rp300 triliun dan siap ditarik kapanpun. Bahkan pemodal domestik pun, Chatib menambahkan, akan enggan menaruh uangnya di dalam negeri karena mempertanyakan proteksi sektor keuangan oleh BI dan Depkeu.

Negara-negara lain yang membuat kebijakan penjaminan simpanan hingga 100 persen (blanket guarantee) akan menjadi sasaran utama mereka. “Mereka akan bilang kenapa harus taruh di Indonesia sementara di Singapura dikasih blanket guarantee 100 persen,” ujar Chatib.

Melihat ini, dia mengingatkan, persoalan Century bukan hanya menyangkut Menkeu Sri Mulyani Indrawati dan Wakil Presiden Boediono tetapi juga berkaitan dengan kestabilan sektor finansial.

“Kita berisiko besar sekali terhadap permainan politik ini dan secara tidak sadar membawa negara kita ke arah risiko yang sangat besar,” terangnya.
(Meutia Rahmi /Koran SI/ade)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: