Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Desember 16, 2009

unsp raup dana segar januari 2010, tanpa “effect” : 161209

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 10:53 am

HARGA SAHAM ANJLOK 17,6%, Rights Issue Bakrie Sumatera Jadi Rp 4,9 T
16/12/2009 09:11:12 WIB
JAKARTA, INVESTOR DAILY
PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP) menargetkan dana hasil penerbitan saham baru (rights issue) pada Januari 2010 senilai Rp 4,97 triliun.

Perseroan akan melepas 9,46 miliar saham baru dengan harga Rp 525 per unit. Harga tersebut jauh di bawah harga penutupan UNSP Rp 680 per unit pada perdagangan di BEI, Senin. Sementara itu, pada perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (15/12), saham UNSP anjlok 17,6% dari Rp 680 menjadi Rp 560 per saham.

Dalam prospektus perseroan yang dipublikasikan di Jakarta, kemarin, disebutkan, produsen minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan karet ini menetapkan setiap kepemilikan dua saham lama berhak untuk membeli lima saham baru pada harga Rp 525 per unit. Adapun setiap 15 saham baru hasil pelaksanaan rights issue melekat satu waran seri II yang diberikan secara cuma-cuma.

Bakrie Sumatera telah menunjuk PT Danatama Makmur selaku pembeli siaga (standby buyer) serta penjamin pelaksana emisi saham baru perseroan. Sedangkan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) untuk meminta persetujuan pemegang saham terkait rights issue akan diselenggarakan 18 Januari 2010.

Pihaknya akan menggunakan sebanyak 64,9% atau sekitar Rp 3,16 triliun dana hasil penerbitan saham baru untuk menambah modal pada anak usahanya. Selanjutnya dana ini digunakan untuk mengakuisisi 10 perusahaan sawit dan karet.

Bakrie Sumatera berencana menggunakan senilai Rp 1,1 triliun dana rights issue untuk mengakuisisi 100% saham PT Domas Agrointi Prima. Selain itu perseroan berniat mengakuisisi 0,4% saham PT Sawitmas Agro Perkasa, 100% saham PT Industama Perkasa, 100% saham PT Flora Sawita Chemindo, 100% saham PT Domas Agrointi Perkasa, dan 100% saham PT Domas Sawitinti Perdana.

Perseroan juga menyiapkan dana sebanyak Rp 550 miliar untuk mengakuisisi 100% saham PT Monrad Intan Berakat, perusahaan perkebunan kelapa sawit di Bajar, Kalimantan Selatan. Bakrie Sumatera juga akan menggunakan Rp 250 miliar atau 5,1% dana dari rights issue untuk mengakuisisi 100% saham PT Julang Oca Permana (JOP), perusahaan perkebunan karetdi Bengkulu.

Rencana akuisisi lainnya, pengambilalihan 100% saham PT Citralaras Cipta Indonesia (CCI). Perseroan menganggarkan 3,3% dari dana rights issue atau sekitar Rp 160 miliar untuk akuisisi perusahaan kelapa sawit di Padang, Sumatera Barat tersebut.

Selain untuk akuisisi, Bakrie Sumatera menganggarkan Rp 1,25 triliun atau 25,7% dari rights issue untuk pengembangan usaha di bisnis hulu. Selanjutnya sisa dana rights issue sekitar Rp 450 miliar akan digunakan sebagai tambahan modal kerja (working capital). (epa)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: