Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Desember 17, 2009

the bakries the giant squids … 171209

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 6:00 am

Kamis, 17/12/2009 00:00 WIB

Saham Bakrie kian menggurita
Nilai kapitalisasi setelah rights issue bisa capai Rp86,03 triliun

oleh :

JAKARTA: Tiga rights issue dan penerbitan waran tiga perusahaan Grup Bakrie semakin memperbesar pengaruh saham milik emiten keluarga Bakrie di pasar modal Indonesia.

Analis PT BNI Securities Akhmad Nurcahyadi menilai rights issue tiga emiten Grup Bakrie memang berpotensi meningkatkan dominasi grup itu di bursa nasional. Kenaikan itu bisa berdampak positif dan negatif. Itu yang perlu diperhatikan ke depan.

“Di satu sisi, dominasi ini membuat pemodal lebih mudah menebak arah pasar, tetapi di sisi lain ketergantungan itu juga tidak bagus. Namun, semuanya akan kembali kepada preferensi investor sendiri,” tuturnya kepada Bisnis kemarin.

Pasar memiliki mekanisme sendiri. Jika mereka jenuh, kendali transaksi bisa beralih ke saham unggulan lain.

PT Darma Henwa Tbk, kontraktor pertambangan batu bara, berencana mengeluarkan 6,24 miliar saham baru dengan hak memesan efek terlebih dahulu (rights issue). PT Energi Mega Persada Tbk, perusahaan eksplorasi minyak dan gas, akan menerbitkan 26,18 miliar saham baru dan waran, sedangkan emiten perkebunan kalapa sawit dan karet PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk berencana melepas 9,47 miliar saham baru dan waran.

Jika digabung, aksi korporasi dari rights issue itu akan mengeluarkan 41,89 miliar saham dengan total dana segar yang dibidik senilai Rp10,44 triliun.

Selain itu, perusahaan batu bara terbesar dari sisi volume produksi di Indonesia PT Bumi Resources Tbk juga tengah menyiapkan penawaran kedua sebanyak maksimal 10% dari jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh sebanyak 19,40 miliar saham.

Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk, holding Grup Bakrie, Dileep Srivastava mengatakan belum bisa berkomentar. “Saya akan sampaikan pertanyaan ini ke Pak Bobby [Bobby Gafur Umar, Presdir Bakrie & Brothers] dan Pak Sidharta [Siddharta Moersjid, Direktur Komunikasi], biar nanti mereka yang akan memberi tanggapan,” jawabnya.

Tidak dibatasi

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia Ito Warsito menepis kemungkinan untuk membatasi rights issue yang dilakukan oleh emiten Grup Bakrie.

“Sepanjang penambahan modal disetor adalah sesuai dengan kebutuhan perusahaan,” ujarnya.

Namun, dia mengungkapkan kapitalisasi pasar saham di Indonesia perlu ditingkatkan. Ito berharap supaya pemerintah mempercepat proses pencatatan saham perdana (initial public offering/IPO) BUMN.

“BUMN besar harus IPO supaya kapitalisasi pasar di bursa meningkat.”

Total kapitalisasi pasar tujuh perusahaan Grup Bakrie kemarin mencapai Rp68,91 triliun. Dengan asumsi harga pasar saham itu kemarin, berarti total kapitalisasi pasar saham Grup Bakrie setelah rights issue dan pelaksanaan seluruh waran bisa mencapai Rp86,03 triliun, atau naik Rp17,12 triliun atau 24,84% dari kapitalisasi pasar saat ini.

Ketua Asosiasi Emiten Indonesia Airlangga Hartarto menilai setiap perusahaan mempunyai hak sama untuk menggelar aksi korporasi. Dampaknya pun bakal positif bagi emiten dan pasar.

Kecenderungan dominasi dari satu grup dapat dikurangi dengan menambah jumlah emiten besar ke pasar. “Perusahaan lain juga bisa melakukan hal yang sama,” kata Airlangga yang juga menjabat Ketua Komisi VI DPR, dari Partai Golkar.

Dewan Pakar Masyarakat Investor Sekuritas Seluruh Indonesia (MISSI) Johannes Soetikno menilai aksi rights issue Grup Bakrie harus diawasi oleh otoritas pasar modal dan bursa.

“Rights issue itu bagus, kalau dananya jelas dan tidak hanya numpang lewat di emiten, jangan sampai kecolongan lagi,” ujarnya.

Dia menilai bursa dan Bapepam-LK harus berani masuk dan mencari tahu tentang asal dana yang akan digunakan untuk berekspansi. (21) (arif.gunawan@bisnis. co.id/pudji.lestari@bisnis.co.id/wisnu. wijaya@bisnis.co.id)

Oleh Arif Gunawan S, Pudji Lestari & Wisnu Wijaya

Bisnis Indonesia

bisnis.com

Iklan

2 Komentar »

  1. semoga dominasi nya ke arah positif ya..bukan koreksi terus. 🙂 ameen…

    Komentar oleh bakriemania — Desember 17, 2009 @ 4:45 pm

    • ya, semoga periode koreksi seera berlalu seiring dengan tuntasnya periode aksi korporasi yang membebani the bakries dan konflik perang dingan tingkat tinggi … the bakries jelas seharusnya bernasib baek karena lumayan besar skala ekonominya dan jumlah investornya

      Komentar oleh bumi2009fans — Desember 17, 2009 @ 10:17 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: