Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Desember 18, 2009

48,9 M @10,44 T = NEW KIDS IN THE Bakries … 181209

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 6:11 am

Kamis, 17/12/2009 08:38 WIB

Koleksi saham BBRI, INDF, INTP, UNTR, ADRO, ITMG

oleh : Sylviana Pravita R.K.N.

JAKARTA (bisnis.com): Saham PT Bank Tabungan Negara Tbk direkomendasikan pada perdagangan saham hari ini. Selain itu, BBRI, BDMN, INDF, INTP, UNTR, ADRO, dan ITMG terkait dengan faktor teknikal, aksi korporasi dan pemberitaan media.

Analis saham PT BNI Securities M. Alfatih mengatakan BTN merupakan emiten yang berfundamental sangat bagus dengan fokus bisnis di sektor kredit perumahan.

“Tentu saja, IPO BTN ini juga akan membawa sentimen positif bagi indeks dan emiten sektor perbankan,” kata Alfatih, kepada bisnis.com, pagi ini.

Selain itu, indeks regional juga mulai bergerak naik, optimisme di pasar komoditas, yaitu crude palm oil (CPO), logam dan energi juga dapat menjadi sentimen positif bagi pasar.

Indeks hari ini juga berpotensi menguji batas atas baru, yaitu 2.553, dan bila terjadi sesuatu IHSG diperkirakan bergerak pada level 2.473-2.522.

“Saham-saham yang direkomendasikan pada hari ini adalah INDF, INTP, UNTR, ADRO, ITMG. Selain itu, dari sektor perbankan, yaitu BBRI dan BDMN,” katanya.

Pemberitaan media yang dapat mempengaruhi pergerakan saham hari ini a.l. Tiga rights issue dan penerbitan waran tiga perusahaan Grup Bakrie semakin memperbesar pengaruh saham milik emiten keluarga Bakrie di pasar modal Indonesia.

Meroketnya jumlah saham beredar Grup Bakrie membuat naik turunnya bursa saham nasional semakin dipengaruhi oleh pergerakan harga saham grup itu.

Analis PT BNI Securities Akhmad Nurcahyadi menilai rights issue tiga emiten Grup Bakrie memang berpotensi meningkatkan dominasi grup itu di bursa nasional. Kenaikan itu bisa berdampak positif dan negatif. Itu yang perlu diperhatikan ke depan.

“Di satu sisi, dominasi ini membuat pemodal lebih mudah menebak arah pasar, tetapi di sisi lain ketergantungan itu juga tidak bagus. Namun, semuanya akan kembali kepada preferensi investor sendiri,” tuturnya kepada Bisnis kemarin.

Jika saham Grup Bakrie bisa menjaga ekspektasi pelaku pasar untuk mendapat keuntungan transaksi, pemodal tidak akan keberatan dengan kondisi itu. Sesuai dengan filosofi pasar, keuntungan investasi tinggi biasanya terjadi di instrumen yang berisiko tinggi.

Sebaliknya, jika risiko saham Grup Bakrie tersebut makin tinggi dan tidak lagi menguntungkan, pelaku pasar akan merasa jenuh dan akhirnya menemukan keseimbangan dengan memilih membeli saham-saham grup lain.

“Pasar memiliki mekanisme sendiri. Jika mereka jenuh, kendali transaksi bisa beralih ke saham unggulan lain. Jika ini terjadi, harga saham Grup Bakrie bisa turun dan ini menjadi kesempatan bagus bagi manajemen memperbesar kepemilikan dengan beli kembali saham di pasar [buyback],” ujar Akhmad.

PT Darma Henwa Tbk, kontraktor pertambangan batu bara, berencana mengeluarkan 6,24 miliar saham baru dengan hak memesan efek terlebih dahulu (rights issue). PT Energi Mega Persada Tbk, perusahaan eksplorasi minyak dan gas, akan menerbitkan 26,18 miliar saham baru dan waran, sedangkan emiten perkebunan kalapa sawit dan karet PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk berencana melepas 9,47 miliar saham baru dan waran.

Jika digabung, aksi korporasi dari rights issue itu akan mengeluarkan 41,89 miliar saham dengan total dana segar yang dibidik senilai Rp10,44 triliun.

Selain itu, PT Pembangunan Perumahan (Persero) kemungkinan akan mematok price to earning ratio (harga saham dibandingkan dengan laba bersih per saham/ PER) antara 12 kali hingga 16 kali.

Deputi Meneg BUMN Muchayat menuturkan pihaknya masih mengkaji untuk menetapkan PER yang paling memungkinkan, sekaligus harga per saham.

“PE di kisaran 12 kali hingga 16 kali masih debatable dan belum diputuskan. Kami akan mengkaji mengenai PER dan harga yang paling mungkin untuk IPO [initial public offering/ penawaran publik terbatas] PP,” ujarnya kemarin.

Menurut Muchayat, IPO PP yang akan digelar masih harus menunggu terbitnya peraturan pemerintah yang enjadi dasar hukum bagi pelaksanaan aksi korporasi itu.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PP Betty Ariana menuturkan saham yang akan dilepas ke pasar memang ditentukan PE rasio di kisaran 12 kali hingga 16 kali, dengan target dana minimal Rp1 triliun.

Berita lainnya, yaitu PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk memproyeksikan laba bersih perseroan pada akhir tahun ini naik hingga di atas 50% dibandingkan dengan pencapaian akhir tahun lalu yaitu Rp1,71 triliun, menyusul keberhasilan program efisiensi biaya.

Direktur Utama Bukit Asam Sukrisno mengatakan hingga akhir November, sebagian besar indikator kinerja perusahaan yakni penjualan, laba bersih, dan volume produksi batu bara naik.
Meskipun volume penjualan trennya mengalami stagnasi, sekitar 13 juta ton, manajemen memperkirakan dapat membukukan lonjakan laba bersih pada akhir tahun ini.

“[Kenaikan] laba bersih mudah-mudahan bisa di atas 50%. Kan Desember tinggal 2 minggu lagi, ditunggu saja [laporan final kami],” ujarnya saat ditemui seusai BUMN Executives Breakfast Meeting di Kantor Pertamina Pusat, kemarin.

Untuk per 30 September 2009, Bukit Asam mengantongi penjualan sebesar Rp6,55 triliun, naik dari periode yang sama tahun lalu Rp4,97 triliun. Begitu pula dengan laba bersih yang naik dari Rp1,32 triliun menjadi Rp2,23 triliun.

Konsensus analis memperkirakan penjualan dan laba bersih BUMN pertambangan batu bara itu akan sebesar Rp9,41 triliun dan Rp2,94 triliun. Pada awal bulan ini, Sukrisno menyampaikan optimismenya terhadap kemampuan perusahaan mencapai penjualan di atas Rp9 triliun.

Harga saham Bukit Asam yang berkode perdagangan PTBA itu ditutup naik tipis 1,16% atau Rp200 kemarin, menjadikannya bernilai kapitalisasi pasar Rp40,32 triliun.

Berita lainnya, yaitu PT Jasa Marga Tbk menargetkan laba bersih tahun ini akan melampaui angka Rp800 miliar, atau naik setidaknya 13% dari capaian laba bersih 2008 senilai Rp707 miliar.

Perseroan membidik akuisisi setidaknya dua ruas tol baru di Jawa pada tahun depan, dengan menggunakan kombinasi pendanaan internal dan eksternal berupa pinjaman bank.

Direktur Utama Jasa Marga Frans Sunito mengatakan perseroan tahun ini kemungkinan membukukan pendapatan senilai Rp3,6 triliun, yang akan naik sekitar 11% pada tahun depan menjadi Rp4 triliun, atau naik 11,11%.

“Sebagai bocoran awal, laba bersih 2009 akan melampaui target di atas Rp800 miliar. Volume transaksi dari lalu-lintas tol mencapai 918 juta, atau naik dari 2008 sebesar 880 juta,” tuturnya kepada pers, kemarin.

Setidaknya dua ruas tol, lanjutnya, akan tuntas pada 2010 sehingga mulai menyumbang kinerja perseroan. Kedua tol itu adalah tol Semarang-Ungaran sepanjang 11 km, dan tol ruas Surabaya-Mojokerto sepanjang 3 km.

Direktur Keuangan Jasa Marga Reynaldi Hermansjah menambahkan pihaknya secara organik tumbuh dengan membangun tujuh proyek tol sepanjang total 200 km. Secara anorganik, dua ruas tol akan diakuisisi tahun depan.

Iklan

6 Komentar »

  1. Mas/Mbak,
    Saya senang sekali ketemu dengan berita2 bakrie seven di sini. Kebetulan saya sedang menyusun tesis tentang pengaruh rumor dan fakta terhadap return bakrie seven.
    Apa boleh saya minta softcopy database arsip yang ada di website ini ? Mohon maaf karena klo harus copy paste dari data publik banyak sekali yang harus dibuka arsipnya.
    Pls infonya ya mas/mbak.
    Thx.

    Komentar oleh Taufik HK — Desember 18, 2009 @ 10:30 am

    • Mas Taufik, gw puji inisiatif anda … namun soal softcopy, gw ga punya … sebaiknya anda baca blog ini di kampus anda (kalo anda seorang mahasiswa), tentu saja lewat internet gratis …. ada salah situs yang punya data lengkap pergerakan harga the bakries yaitu yahoo finance … selain itu Reuters.com juga punya sebagian data harian the bakries … bisnis.com juga punya data statistik harian harga saham the bakries … kalo sumber berita banyak sekali, misalnya inilah.com (yang paling rajin mewawancarai analis pro tentang pergerakan bisnis bumi resources tbk; detik.com, okezone.com, vivanews.com, dll … selamat bekerja

      Komentar oleh bumi2009fans — Desember 18, 2009 @ 6:10 pm

      • om, sebenarnya yg gw butuh itu artikel2 yg ada di kategori “terkait bumi&grup”, “utang bumi & grup” dsj yg ada hubungannya dengan bakrie seven. Nah, klo gw buka satu2 bisa juga seh.. cuman lama banget..
        Maksud gw tuh, kali aja gw bisa dapet tuh artikel2 dlm bentuk soft copy or gw download lsg per satu kategori (bukan satu2 per artikel)..
        Gitu om, bisa kagak ?

        Komentar oleh Taufik HK — Desember 18, 2009 @ 6:32 pm

  2. Gw bener2 ga punya softcopy semua berita resmi … karena proses posting ke blog ini dengan copy and paste ke proses edit blog ini … kategori2 yang ada di blog ini juga diatur secara automatis oleh sistem blog ini, dan bukan merupakan sebuah direktori kaya di pc … silakan anda copy semuanya dengan cara anda yang paling bagus dah

    Komentar oleh bumi2009fans — Desember 18, 2009 @ 9:10 pm

    • yo wis om.. matur nuwun deh info2nya..

      Komentar oleh Taufik HK — Desember 19, 2009 @ 1:31 pm

  3. semoga sukses bwat tugasnya

    Komentar oleh bumi2009fans — Desember 19, 2009 @ 1:48 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: