Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Desember 21, 2009

kaya gembala domba menggiring peliharaannya … 211209

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 10:25 pm

Senin, 21/12/2009 18:21 WIB
Akuisisi Domba Mas, Bakrie Sumatera Rights Issue Rp 4,97 Triliun
Whery Enggo Prayogi – detikFinance

Jakarta – PT Bakrie Sumatra Plantation Tbk (UNSP) akan melakukan Penawaran Umum Terbatas (PUT) III sebanyak 9,47 miliar saham senilai Rp 4,97 triliun. Dananya akan digunakan untuk mengakuisisi PT Domba Mas Inti Agro Perkasa.

Menurut Direktur Utama UNSP Ambono Janurianto, penawaran saham terbatas ini merupakan wujud dari action plan perseroan guna memperkuat bisnis utama perseroan di bidang pengolahan kelapa sawit, karet serta oleochemical.

“Kami akan menjadi sebuah perseroan agrobisnis yang menyeluruh dengan mendifersifikasi bisnis ke industri hilir yaitu oleochemical,” kata Ambono di Four Season Hotel, Jakarta, Senin (21/12/2009).

Direktur Keuangan UNSP Hary Nadir menambahkan, akuisisi Domba Mas direncanakan dapat selesai pada triwulan I-2010 dan akan memberikan kenaikan pendapatan dua kali lipat pada 2011. Ia mengatakan, Oleochemical termasuk produk turunan palm kernel, dan Domba Mas memiliki produk oleo yang tinggi di Indonesia.

Ditambahkan Ambono, tahun depan produksi fety alchohol dari Domba Mas diprediksi hanya 28 – 30 ribu ton. Walaupun sebenarnya kapasitas produksi untuk produk turunan CPO mencapai 140 ribu ton per tahun.

“Tahun depan kan kita baru start up, hingga produksi alcohol hanya 28 – 30 ribu ton. Produksi tahun 2011 juga 90%-nya sudah offtake agreement dengan P&G,” terangnya.

Seperti diketahui, target akuisisi ini merupakan fasilitas pengolahan oleochemical terbesar di Indonesia yang berada dalam satu area, yang memiliki standar kualitas tinggi karena menggunakan teknologi lurgi.

Diharapkan akan mampu menghasilkan sinergi dari integrasi vertikal dengan industri hulu yang telah dimiliki dan dikelola perseroan.

Selain itu, Domba Mas juga dapat memproduksi CPO dengan kapasitas terpasang sebanyak 1500 ton per hari, namun untuk kebutuhan produksi terpakai yang dianggarkan hanya sekitar 400 ribu ton per hari.

“Produksi CPO hanya 340-400 ribu ton per hari, sisanya akan kami jual demi efisiensi. Atau kami juga bisa membeli dari kebun terdekat,” imbuhnya.

Namun sebelumnya, perseroan akan meminta persetujuan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan digelar pada 18 Januari 2010.
(wep/dro)
Akuisisi Domas Agro, UNSP Incar Laba 200%
Senin, 21 Desember 2009 – 16:30 wib
TEXT SIZE :
Widi Agustian – Okezone

Foto : Koran SI.
JAKARTA – Pada 2011 mendatang, revenue PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP) diproyeksikan bakal tumbuh dua kali lipat dari saat ini.

Hal tersebut dikarenakan perseroan berencana melakukan akuisisi atas perusahaan perkebunan dan pengolahan kelapa sawit, karet, dan oleochemical, yakni PT Domas Agro Inti Perkasa.

“Revenue kita pada 2011 bisa tumbuh dua kali lipat,” kata Direktur Keuangan UNSP Harry M Nadir, sebelum paparan publik tahunan di Hotel Four Season, Jakarta, Senin (21/12/2009).

Perseroan berencana melakukan pengolahan oleochemical dilakukan perseroan agar UNSP menjadi sebuah perusahaan agrobisnis yang holistik, dengan mendiversifikasi bisnis ke industri hilir.

Di mana target akuisisi, yakni Domas dinilai merupakan fasilitas pengolahan oleochemical terbesar di Indonesia yang berada dalam satu area, memiliki standar kualitas tinggi karena menggunakan teknologi lurgi.

“Perseroan mengharapkan jika profil pendapatanya akan lebih stabil,” kata Dirut UNSP Anggono Daryanto dalam paparan publik.

Selain itu, perseroan juga berencana melakukan akuisisi yang direncanakan perseroan itu dilakukan guna memperkuat bisnis utama perusahaan di bidang pengolahan kelapa sawait dan karet sekaligus sebagai upaya mewujudkan rencana perseroan untuk memperluas area perkebunan menjadi 150.000 Ha pada 2012.

“Kalau lahan perkebunannya ini bukan dari Domas Grup, dari Domas hanya folio chemicalnya saja,” ungkapnya.

Untuk itu, UNSP akan menggelar RUSPLB pada 18 Januari 2010 mendatang, yakni untuk meminta persetujuan atas rencana perusahaan menambah modal saham. Selain itu, juga untuk memberikan persetujuan pelaksanaan transaksi material akuisisi atas perusahaan perkebunan dan pengolahan kelapa sawit dan karet serta oleochemical.

Di mana per 30 September 2009, revenue perseroan mencapai Rp1,642 triliun.

Laba anak perusahaan Bakrie Sumatera Plantations mengalami penyusutan. Perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan ini mencatatkan koreksi laba sebesar 58,6 persen dari Rp326,4 miliar menjadi Rp135,1 miliar.(rhs)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.