Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Desember 30, 2009

namanya juga, dewa … 301209

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 7:50 am

DEWA Berpeluang Tingkatkan Pendapatan
Rabu, 30 Desember 2009 – 06:53 wib
TEXT SIZE :

Foto: Corbis
JAKARTA – PT Darma Henwa Tbk (DEWA) berpeluang memetik pendapatan signifikan di masa depan menyusul rencana perseroan menjadi kontraktor PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) di 2010.

Saat ini DEWA hanya menggarap PT Kaltim Prima Coal di Bengalon dan PT Arutmin Indonesia di Asam-Asam. ”Mungkin pada tahun pertama DEWA belum terlalu merasakan hasilnya, namun saya kira ini komitmen jangka panjang. Produksi maupun pendapatan perseroan tetap akan ditentukan seberapa besar kapasitas NNT dan permintaan batu bara.

Tapi saya rasa DEWA sudah bisa menikmati dampak kebijakan ini di 2011 atau 2012,” papar analis pasar modal N Jaganathan di Jakarta kemarin. DEWA menargetkan pendapatan pada 2010 tumbuh 20 persen menjadi USD269,42 juta dibandingkan tahun ini yang diproyeksikan USD224 juta.”Kami membuka peluang (menjadi kontraktor NNT) jika ada kesempatan,” kata Direktur Utama DEWA Adwin H Suryohadiprojo baru-baru ini.

Perseroan memiliki peluang besar menggandeng NNT menyusul akuisisi 24 persen saham Newmont oleh PT Multi Daerah Bersaing,perusahaan patungan pemerintah daerah Nusa Tenggara Barat dan Multicapital, anak usaha PT Bumi Resources Tbk (BUMI). Dengan menjadi kontraktor NNT,DEWA menargetkan peningkatan produksi batu bara.Berdasar perkiraan,total materi kasar perseroan sepanjang 2010 mencapai 92,4 miliar meter kubik (billion cubic meter/bcm).Hasil itu meningkat dibanding 44,4 bcm pada 2009.

”Kami terus memperkirakan adanya peningkatan produksi.Hingga akhir 2009 kami memprediksi peningkatan 10 persen dibanding posisi kuartal ketiga tahun ini yang hanya 40,49 bcm,” papar Direktur Keuangan DEWA Gani Bustan. Dengan meningkatnya produksi, DEWA berharap pendapatan ikut terkerek. Hingga kuartalIII/ 2009 perseroan mencatat penurunan pendapatan sebesar 8,7 persen dibandingkan periode sama tahun lalu menjadi USD151 juta.

Adapun laba bersih anjlok 95,7 persen dari USD7,13 juta menjadi USD300 ribu.”Beberapa faktor yang turut memengaruhi kinerja adalah sulitnya pengadaan suku cadang alat berat dan jarangnya subkontraktor,” ujar Gani. DEWA sudah mengalokasikan Rp45,5 miliar dari total dana rights issue sebesar Rp624,39 miliar untuk belanja alat berat pada 2010. (harley ikhsan)
(//css)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: