Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Januari 9, 2010

drama b-life: terkatung-katung buntung … 090110

Filed under: Utang Bumi & Grup — bumi2009fans @ 6:40 am

Sabtu, 09/01/2010 00:00 WIB

Bakrie Life belum tentukan kelanjutan usaha

oleh :

JAKARTA: Pemegang saham PT Asuransi Jiwa Bakrie (Bakrie Life) belum memutuskan kelanjutan bisnis usaha kedepan, meskipun perseroan sudah masuk jajaran perusahaan yang terkena sanksi pembekuan kegiatan usaha (PKU) oleh regulator sejak pertengahan tahun lalu.

Direktur Utama Bakrie Life Timoer Soetanto mengatakan pihaknya saat ini memprioritaskan penyelesaian kewajiban kepada nasabah.

“Kelanjutan bisnis kami lihat nanti karena menyangkut corporate image, jadi yang penting beres dan stabil dulu [penyelesaian kewajiban],” tutur Timoer dalam pesan pendek kepada pers di Jakarta, kemarin.

Krisis keuangan yang berimbas pada kondisi investasi di pasar modal menyebabkan Bakrie Life gagal bayar terhadap nasabah Diamond Investa senilai Rp350 miliar. Hal itu semakin diperparah dengan nasabah yang panik dan hampir bersamaan menarik dananya dari produk itu.

Produk tersebut memang memungkinkan nasabah menarik dananya saat jatuh tempo tanpa dikenakan penalti.

Biro Perasuransian Bapepam-LK telah menghentikan penjualan produk Diamond Investa sejak Maret dan seluruh penjualan produk Bakrie Life per Juni tahun lalu. Awal 2008 regulator sebenarnya juga telah mengingatkan perseroan untuk mengerem bisnis perusahaan yang terlalu agresif.

Bakrie Life telah mengeluarkan skema pembayaran dana pokok nasabah yakni 25%, 25%, 50% yang dimulai Maret 2010 dan berakhir pada Januari 2012. Manfaat investasi akan dibayarkan secara rutin setiap bulannya seperti biasa, tetapi dengan besaran berbeda.

Bunga semula diperjanjikan sekitar 12%-13%, berdasarkan skema baru ini hanya dibayarkan 9,5%. Skema ini tetap berjalan meskipun tidak mendapat persetujuan bulat dari 100% nasabah. Timoer mengatakan bunga untuk periode Desember sudah dibayarkan kepada nasabah.

Di tempat terpisah, Kepala Biro Perasuransian Bapepam-LK Isa Rachmatarwata menegaskan Bakrie Life telah diminta menyelesaikan kewajiban termasuk kepada pemegang polis Diamond Investa. Dia mengatakan regulator tetap akan mengenakan status PKU terhadap Bakrie Life hingga mereka menyelesaikan semua kewajibannya.

Oleh Hanna Prabandari

Bisnis Indonesia

bisnis.com

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: