Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Januari 10, 2010

imink-iming doank (24) … 1001-2010

Filed under: jalan tol n properti — bumi2009fans @ 11:24 pm

Jika Dibuka, Investasi Asing di Properti US$6 Miliar per Tahun
Kamis, 07 Januari 2010 20:24 WIB 387 Dibaca | 0 Komentar

MI/Usman Iskandar
JAKARTA–MI: Properti Indonesia berpotensi mendapat investasi langsung luar negeri (foreign direct investment/FDI) senilai US$3 miliar jika sektor tersebut terbuka untuk pihak asing.

“Ini baru perkiraan awal. Tapi, kemungkinan besar, bisa sampai dua kali lipat, bisa sampai US$6 miliar setiap tahun,” ungkap Menteri Negara Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa di Jakarta, Kamis (7/1).

Potensi investasi itulah yang menjadi pertimbangan pemerintah untuk segera menyelesaikan kebijakan investasi asing dalam satu semester. Direncanakan, Februari 2010 akan dijadikan awal pembahasan agar pada pertengahan tahun 2010 regulasi itu segera selesai. “Sudah ada pembicaraan dengan Menko dan Setneg, tapi masih informal,” kata dia.

Antara lain yang akan diubah pada regulasi yang baru adalah detail pasal tentang pihak asing yang memiliki rumah, jika meninggal, maka produk properti menjadi miliknya. Padahal, seharusnya hal tersebut mengacu pada mekanisme pasar. “Meski kebijakan ini akan membuka keran kepemilikan bagi asing, bukan berarti memanjakan mereka,” jelasnya.

Justru, kata dia, apabila pihak asing mendapat peluang properti di Indonesia, maka secara imbasnya akan terjadi makin banyaknya proyek pembangunan properti. Ini dapat menciptakan lapangan kerja baru. “Orang asing yang membeli properti hanya mendapat sertifikat, tapi asetnya tetap di Indonesia kan,” kata dia.

Ketua Real Estate Indonesia (REI) Teguh Satria mengutarakan, kepemilikan asing akan terlihat pengaruhnya saat berlangsungnya sidang asosiasi real estate dunia di Bali. Bahkan, sebelum acara digelar, telah banyak negara seperti Singapura, Malaysia, dan Australia yang mendaftar ikut pameran untuk menawarkan produk propertinya. “Kita tidak bisa kalau cuma jadi penonton saja,” ujar dia.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: