Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Januari 11, 2010

elty, ekh, b-tol, ngutank lage dah … 110110

Filed under: ELTY, jalan tol n properti, Utang Bumi & Grup — bumi2009fans @ 2:08 pm

PT Bakrie Toll Road, anak usaha PT Bakrieland Development Tbk (ELTY), menaikkan rencana penerbitan obligasinya menjadi sebesar Rp 1 triliun dari semula Rp 500 miliar. Penerbitan obligasi akan dilakukan pada triwulan II-2010.

Demikian disampaikan Direktur Utama ELTY, Hiramsyah S Thaib di sela-sela paparan publik PT Pembangunan Perumahan di hotel Ritz Calton SCBD, Jakarta, Senin (11/1/2010).

Ia menyampaikan, rencana penerbitan obligasi sebesar Rp 1 triliun akan ditujukan untuk pengembangan proyek ruas tol perseroan di tahun 2010. Saat ini, perseroan sedang fokus pada pembangunan lima ruas tol yaitu, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Batang-Semarang, Ciawi-Sukabumi dan Pasuruan Probolinggo.

Total ruas mencapai 300 kilo meter (km) dengan total nilai investasi mencapai Rp 15 triliun. “Untuk itu kita akan terbitkan kembali obligasi di triwulan II tahun ini sebesar Rp 1 triliun untuk mengimbangi dana kas internal dan pinjaman perbankan,” jelasnya.

Saat ini, proses penerbitan obligasi berada pada tahap pemilihan penjamin emisi (underwriter). Diharapkan pada akhir Januari nanti, penunjukkan underwriter telah rampung.

“Kami sedang proses. Sedang tunjuk underwriter. Akhir Januari ini selesai,” katanya.

Dana sebesar Rp 1 triliun merupakan tambahan dana dari total kebutuhan investasi yang bersumber dari eksternal perseroan. Jumlahnya mencapai 70% (pinjaman perbankan, obligasi atau mitra strategis), sedangkan sisanya dari kombinasi kas internal.

Sumber: detikcom
Senin, 11/01/2010 09:56 WIB
Operasional Tol Kanci Pejagan Bakal Dongkrak Saham ELTY
Indro Bagus SU – detikFinance

(foto: dok detikFinance) Jakarta – PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) segera mengoperasikan penuh ruas tol barunya Kanci-Pejagan pada akhir Januari 2010. Menurut sejumlah analis saham, beroperasinya ruas tol ini, dalam jangka pendek diperkirakan bakal mendongkrak harga saham ELTY.

Menurut Presiden Direktur & CEO PT Bakrieland Development Tbk, Hiramsyah S. Thaib, seiring beroperasinya jalan tol Kanci-Pejagan akan memberikan pendapatan tambahan bagi perseroan.

“Kami jadwalkan dalam waktu dekat ini jalan tol akan diresmikan oleh pemerintah. Pengoperasian ruas tol ini tentunya juga akan memberikan nilai tambah bagi saham Bakrieland sebagai instrumen investasi,” jelas Hiramsyah dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (10/1/2010).

Jalan tol Kanci-Pejagan sepanjang 35 kilometer merupakan salah satu dari lima ruas tol yang akan dikembangkan anak usaha perseroan, yakni PT Bakrie Toll Road (BTR). Investasi pembangunan ruas tol ini mencapai Rp 2,2 triliun. Hiramsyah menambahkan, seiring beroperasinya ruas tol tersebut, perseroan juga berencana mengembangkan kawasan ekonomi lokal, termasuk di sejumlah ruas tol lain yang konsesinya dikelola perseroan.

Empat ruas tol lainnya yang digarap ELTY adalah ruas tol Pejagan-Pemalang, Ciawi-Sukabumi, Batang-Semarang, dan Pasuruan-Probolinggo.

Beroperasinya ruas tol Kanci Pejagan diperkirakan bakal menambah sentimen positif pada saham ELTY. Pada pekan pertama 2010, saham-saham grup Bakrie memang sedang naik daun dan memimpin laju kenaikan IHSG.

Harga saham ELTY sukses merangkak naik sebesar Rp 42 (21,76%) ke level Rp 235 per saham selama pekan pertama 2010. Pada penutupan perdagangan 30 Desember 2009, harga ELTY masih berada di level Rp 193.

Bahkan, pada pekan pertama 2010, saham ELTY termasuk dalam jajaran saham-saham dengan volume transaksi teratas di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejajar dengan volume transaksi PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) sebanyak 3,76 miliar saham, PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) sebanyak 3,645 miliar saham, PT Bumi Resources Tbk (BUMI) sebanyak 2,467 miliar saham, ELTY sebanyak 2,314 miliar saham dan PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) sebanyak 1,344 miliar saham.

Menurut kepala riset PT Relliance Securities Andrew Sihar Siahaan, melonjaknya harga saham ELTY didukung oleh faktor fundamental. Sektor properti yang diprediksi tumbuh 10% di tahun 2010 ikut memberikan sentimen positif terhadap saham ELTY.

“Secara fundamental, ELTY terbilang cukup bagus, apalagi sektor properti pada 2010 bisa tumbuh sebesar 10% dibandingkan 2009. Secara teknikal, saham ELTY berpeluang mencapai level Rp 300 pada triwulan I 2010 ini,” jelas Andrew.

Hal itu jua yang membuat analis PT BNI Securities Muhammad Al Fatih merekomendasikan untuk mengoleksi saham ini ketika menyentuh level Rp 200 per saham. “Untuk investor yang belum memegang saham, kami rekomendasikan beli di posisi Rp 200, terutama untuk kepentingan jangka panjang,” katanya.

Agenda perseroan menggelar pembelian kembali saham (buy back) juga dinilai membuat investor terus mengkoleksi saham ELTY. Maklum, aksi buy back tentunya bakal mendorong harga saham naik, sehingga investor buru-buru mengambil posisi sebelum ketinggalan kereta. Dana yang disiapkan ELTY untuk buy back ini mencapai Rp 510 miliar.

Semua sentimen positif tersebut membuat analis CIMB Securities Indonesia Mulya Chandra, dalam risetnya memprediksi saham ELTY bakal mencapai harga premium, dan ditargetkan menuju Rp 430 per saham.

(dro/qom)

Chart for Bakrieland Development Tbk (ELTY.JK)
e-trading:
ELTY: Cari Dana Rp 1 Triliun untuk Bidik Proyek Jalan Tol

ELTY tengah membidik penambahan 10 hingga 15 ruas jalan tol miliknya, yakni melalui keikutsertaan dalam tender baru serta pengambilalihan proyek jalan tol yang terlantar. Untuk merealisasikan rencana tersebut, ELTY akan menyiapkan dana sekitar Rp 500 miliar hingga Rp 1 triliun. Kebutuhan dana tersebut akan ditutupi dengan kas internal dan utang bank.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: