Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Januari 14, 2010

lage, awal 2010, the bakries the king … 140110

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 8:25 pm

Kamis, 14/01/2010 19:28 WIB

Bakrie rajai pasar dengan dominasi 23,85% hari ini

oleh : Pudji Lestari

JAKARTA (Bisnis.com): Nilai transaksi tujuh emiten Grup Bakrie mendominasi perdagangan pada hari ini setelah secara gabungan mencapai Rp1,01 triliun atau 23,85% dari total transaksi di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Data BEI menunjukkan nilai transaksi saham pada hari ini total mencapai Rp4,25 triliun, lebih tinggi dibandingkan dengan kemarin yang sebesar Rp3,57 triliun. Nilai transaksi Grup Bakrie mengalahkan empat grup konglomerasi lainnya di BEI.

Dari tujuh emiten Grup Bakrie tersebut, transaksi saham PT Bumi Resources Tbk merupakan yang terbesar senilai Rp661,59 miliar. Saham Bumi memang dikenal sebagai saham paling likuid di BEI dan kepemilikannya tersebar di banyak pemegang saham, sehingga dijuluki saham sejuta umat.

Saham PT Bakrieland Development Tbk membukukan nilai transaksi terbesar kedua di grup itu senilai Rp152,84 miliar. Selain dari dua emiten tersebut, Grup Bakrie terdiri dari PT Bakrie Telecom Tbk, PT Darma Henwa Tbk, PT Energi Mega Persada Tbk, PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk, dan induk grup yakni PT Bakrie & Brothers Tbk.

Di belakang grup konglomerasi milik keluarga Ketua Umum Aburizal Bakrie itu, kelompok 16 emiten BUMN menguasai 14,93% nilai transaksi di bursa atau mencapai Rp634,71 miliar. Transaksi terbesar dibukukan oleh saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk senilai Rp171,51 miliar dan pada posisi kedua adalah saham PT Bank Mandiri Tbk senilai Rp85,82 miliar.

Transaksi Grup Salim menduduki peringkat terbesar ketiga dengan nilai Rp221,60 miliar atau 5,21%. Kelompok usaha ini hanya terdiri dari empat emiten, jumlah anggota paling sedikit dibandingkan dengan grup konglomerasi lainnya. Grup Salim terdiri dari saham PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, PT Indosiar Karya Media Tbk, dan PT London Sumatra Plantations Tbk. Nilai transaksi saham Indocement tercatat paling tinggi di grup ini sebesar Rp113,83 miliar, atau lebih dari separuh total transaksi grup.

Nilai transaksi gabungan Grup Astra berada di belakang Grup Salim, yakni Rp202,57 miliar atau 4,76%. Grup ini terdiri dari lima emiten, dengan nilai transaksi terbesar dibukukan oleh saham distributor alat berat PT United Tractors Tbk sebesar Rp95,92 miliar.

Grup Sinarmas berada pada posisi paling buncit dengan nilai transaksi Rp50,49 miliar atau 1,19% dari total pasar. Nilai transaksi saham PT Bumi Serpong Damai Tbk senilai Rp19,68 miliar menjadi yang terbesar di kelompok usaha beranggotakan tujuh emiten ini. Secara umum, nilai transaksi grup ini memang minim. Nilai transaksi empat dari tujuh emiten kurang dari Rp1 miliar.

bisnis.com

Iklan

2 Komentar »

  1. Bakrie is the king tapi bentar lagi jatuh. 🙂

    Komentar oleh Alberth — Januari 15, 2010 @ 10:51 am

    • bulan? MAY … maybe yes maybe no … tapi jangka pendek, BIASA LAH, setelah LARI KEKENCENGAN, buk, buk, kepleset dulu … tapi jangka menengah, the bakries mungkin mesti lirik2 isu politis … imbas RI dewa mulai terasa SEKALE dah, terkoreksi … jangka panjang, rasanya, SULIT MENGHALANGI LAJU NAEK THE BAKRIES … salam tetangga

      Komentar oleh bumi2009fans — Januari 15, 2010 @ 10:56 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: