Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Januari 18, 2010

3,16 T bwat si emas dari unsp … 180110

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 2:39 pm

Senin, 18/01/2010 14:21 WIB
Bakrie Sumatera Akuisisi Grup Domba Mas Rp 2,06 Triliun
Indro Bagus SU – detikFinance

Jakarta – PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP) akuisisi grup Domba Mas senilai Rp 2,06 triliun. Perseroan juga menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) dan modal kerja senilai Rp 1,1 triliun untuk calon anak usahanya itu.

Demikian disampaikan dalam penjelasan perseroan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (18/1/2010).

Perseroan akan mengakuisisi 9 perusahaan Grup Domba Mas. Dana yang disiapkan perseroan untuk keperluan itu mencapai Rp 3,16 triliun terdiri atas dana akuisisi Rp 2,06 triliun dan capex berikut modal kerja senilai Rp 1,1 triliun.

Capex yang disiapkan perseroan sebesar Rp 560 miliar, sedangkan modal kerja yang disiapkan sebesar Rp 540 miliar. Dengan akuisisi ini, berarti UNSP akan menanggung seluruh kewajiban yang dimiliki grup Domba Mas.

Total nilai kewajiban seluruh grup Domba Mas mencapai Rp 7,152 triliun, terdiri atas pinjaman dari pemegang saham lama senilai Rp 269,323 miliar, pinjaman bank senilai Rp 2,602 triliun dan pinjaman kepada pihak ketiga senilai Rp 4,280 triliun.

Sedangkan total nilai kewajiban jangka pendek grup Domba Mas mencapai Rp 2,399 triliun. Namun kewajiban jangka pendek senilai Rp 45,26 miliar telah termasuk dalam kesepakatan akuisisi, sedangkan kewajiban jangka pendek grup Domba Mas yang menjadi tanggung jawab UNSP masih sebesar Rp 2,353 triliun.

Dana akuisisi akan diambil dari hasil penerbitan saham baru dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) alias rights issue sebanyak 9,47 miliar saham baru. Harga rights issue UNSP sebesar Rp 525 per saham atau totalnya sebesar Rp 4,97 triliun.

PT Danatama Makmur bertindak sebagai pembeli siaga (standbuyer).

Senin, 18 Januari 2010 | 10:04

RESTRUKTURISASI UTANG DOMBA MAS

Bakrie Ogah Bayar Tunggakan Bunga Domas

JAKARTA. PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP) berupaya merampungkan akuisisi aset Grup Domba Mas (Domas) senilai Rp 2,2 triliun. Sebagai konsekuensinya, UNSP harus merestrukturisasi utang beberapa perusahaan oleokimia di bawah grup ini.

Harry M. Nadir, Direktur Keuangan UNSP, mengatakan, pihaknya terus bernegosiasi dengan para kreditur Domba Mas. Skema yang diajukan anak usaha Grup Bakrie ini adalah pembayaran cicilan pokok utang Domas Agrointi Prima, Domas Agrointi Perkasa, dan Domas Sawitinti Perdana dalam jangka lima hingga tujuh tahun. Ketiganya merupakan anak perusahaan Domba Mas.

UNSP baru akan mencicil pokok utang itu mulai tahun ketiga atau sejak perusahaan-perusahaan oleokimia itu kembali beroperasi penuh. Sedangkan bunganya akan mulai dibayar pada tahun pertama sebesar 6% per tahun. Bunga ini akan meningkat jadi 8% mulai tahun kedua dan selanjutnya. “Berapa cicilan utang pokok pertama dan selanjutnya, masih dalam pembahasan,” kata Harry kepada KONTAN, pekan lalu.

Tapi, UNSP tidak mau membayar tunggakan bunga utang yang menumpuk sebelum akuisisi Domba Mas. “Kalau sama (tunggakan) bunganya bisa US$ 500 juta, dari pokok yang hanya sekitar US$ 300 juta,” ujar Harry. Dalam rupiah, total utang itu sekitar Rp 3,4 triliun. Para kreditur Domba Mas adalah Bank Mandiri, Einteins International, Credit Suisse, dan Procter & Gamble International Operations Pte.

Henry Sihotang, Senior Vice President Credit Recovery II Group Bank Mandiri, membenarkan adanya pembahasan skema restrukturisasi utang itu. Dia memaklumi jika UNSP ogah membayar tunggakan bunga. “Ini demi upaya penyelamatan, karena semakin lama nilai asetnya pasti akan semakin turun,” katanya, kemarin.

Abdul Wahid Fauzi KONTAN

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: