Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Januari 19, 2010

asien-K dan elty siap2 dah … 190110

Filed under: ELTY, jalan tol n properti — bumi2009fans @ 12:27 pm

Investor Asing Buru Saham Bakrieland Development
Selasa, 19 Januari 2010 11:16 WIB
JAKARTA–MI: Kinerja saham PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) yang terus membaik menjadikan target buruan investor asing. Terbukti, harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) terus melejit.

“Kenaikan harga yang cepat disertai kinerja fundamental yang kokoh menjadikan ELTY sebagai saham properti primadona di Asia,” kata CEO Alpine Management & Research LLC Sam Lieber di Jakarta, Selasa (19/1). Sam dalam wawancaranya dengan jaringan televisi Pimm Fox akhir pekan lalu menerangkan saham ELTY merupakan satu-satunya saham properti di Asia yang memiliki prospek cerah ke depannya.

Ada tiga alasan Sam memilih saham ELTY sebagai rekomendasi investasinya. Pertama, harga saham ELTY terus mengalami peningkatan, terutama sejak penutupan 2009. Menjelang akhir 2009, saham ELTY memang sempat terkoreksi akibat wacana penundaan bayar obligasi Dubai World. Namun, memasuki pergantian tahun, kinerja saham ELTY menanjak cepat hingga ke level Rp260 per saham pada perdagangan Senin (18/1), naik Rp67 (34,71%) dari posisi penutupan 30 Desember 2009 sebesar Rp193 per saham.

Kedua, Sam menilai portofolio produk ELTY di sektor residensial akan menghadapi peningkatan permintaan di 2010. Meski pada 2009, bisnis properti memang agak redup lantaran terseret isu krisis global. Namun, menurut Sam, keadaan itu akan segera berbalik seiring dengan pemulihan ekonomi dunia yang diperkirakan akan terjadi sekitar awal semester II 2010.

Rencana deregulasi peraturan kepemilikan properti oleh asing memberikan potensi peningkatan pendapatan untuk ELTY. Seperti diketahui, pemerintah tengah menggodok peraturan agar ekspatriat dapat memiliki properti hingga 90 tahun. Jenis properti yang ditargetkan untuk ekspatriat berharga di atas Rp1 miliar.

Ketiga, langkah ELTY merambah bisnis jalan tol yang menghubungkan dua provinsi dinilai akan memberikan potensi pendapatan yang signifikan. Saat ini, ELTY memiliki lima konsesi tol yaitu ruas tol Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Ciawi-Sukabumi, Batang-Semarang, dan Pasuruan-Probolinggo.

Pada akhir Januari 2010, ELTY akan meresmikan ruas tol Kanci-Pejagan. Ruas sepanjang 35 kilometer ini digarap anak usaha perseroan, yakni PT Bakrie Toll Road (BTR). Investasi pembangunan ruas tol ini mencapai Rp2,2 triliun. Beroperasinya ruas tol ini diperkirakan bakal menyumbangkan pendapatan sebesar Rp200 miliar di 2010. (Ant/OL-04)
Kepemilikan Properti Asing Dirampungkan Februari
Selasa, 19 Januari 2010 – 11:03 wib

Candra Setya Santoso – Okezone

JAKARTA – Kementerian Negara Perumahan Rakyat (Kemenpera) akan mengusahakan agar Peraturan Pemerintah Nomor 41 tentang Kepemilikan Properti Asing bisa diselesaikan Februari mendatang.

Maka dari itu, akan ada beberapa pasal dari peraturan ini yang akan direvisi, salah satunya tentang hak pakai.

“Orang asing dapat memiliki rumah atau hunian atau tempat tinggal dengan tanah tertentu selama lima tahun,” kata Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa saat melakukan kunjungan ke Redaksi Koran Seputar Indonesia, di Gedung Anex, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Selasa (19/1/2010).

Syarat lainnya adalah pemilik properti harus tinggal di Indonesia minimal selama 14 hari dalam satu tahun dan memperkerjakan setidak-tidaknya dua orang. Peraturan ini dibuat agar sektor properti bisa menjaring investasi asing.

“Dulu peraturan ini untuk mengakomodir keperluan orang asing yang bekerja di Indonesia dan suasana globalisasi saat itu tidak seperti saat ini. Namun sekarang ini peluang investasi dari sektor properti terbuka lebar,” terang Suharso.

Meski mengaku belum memiliki perhitungan yang pasti, namun menurut Suharso, jika peraturan ini diterapkan pasar properti di Indonesia akan terbuka lebar.

Ditambah aliran foreign direct investment dari sektor ini yang diperkirakan minimal USD3 miliar, bahkan tiga kali lipatnya. “Makanya ini harus dibuktikan,” ujarnya.

Peraturan ini, menurutnya bukan untuk memanjakan pihak asing tetapi untuk menyerap investasi. Jika pemilik mematuhi syarat tinggal 14 hari dalam setahun selama lima tahun berturut-turut, mereka bisa mengajukan diri untuk menjadi permanent resident.

Indonesia memiliki potensi yang sangat besar di sektor ini karena properti di Indonesia dinilai jauh lebih bagus daripada di negara tetangga. Selain itu harganya juga jauh lebih murah. Namun sampai saat ini properti belum dianggap sebagai aset investasi.

Persoalan yang belum diputuskan oleh pemerintah adalah apakah orang asing bisa mendapat hak hunian atau perumahan. “Selama ini hak yang diberikan ke pihak asing, di atas tanah yang dikuasai negara. Bagamana kalau tanah itu dikuasai swasta,” katanya.

Dia menambahkan bila soal ini akan dibicarakan dengan Badan Pertanahan Nasional. “Lalu pasal berikutnya perjanjian harus diikat secara tertulis antara orang asing dan pemegang hak di pejabat PPAT,” jelasnya.

Jika orang asing itu akan meninggalkan Indonesia, maka properti miliknya tidak dikembalikan ke negara tetapi diserahkan ke pasar atau dengan kata lain diperjualbelikan.
(ade)
ELTY: Butuhkan Project Cost Hingga Rp 2 Triliun, Berencana Terbitkan Obligasi
Rabu, 20 Januari 2010 15.24 WIB

(Vibiznews – Stocks) – PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) akan segera menerbitkan obligasi sebesar Rp 1 triliun pada kuartal I-2010. Obligasi yang akan diterbitkan direncanakan sebesar Rp 500 milar – Rp 1 triliun.

Segala persiapan mengenai penerbitan obligasi tersebut sudah matang. Rencananya penunjukan underwriter (penjamin emisi) akan ditunjuk pada awal bulan Februari 2010. Saat ini, perseroan sedang melihat kondisi makro, untuk mencari waktu yang tepat bagi penerbitan obligasi.vibiznews

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: