Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Januari 19, 2010

unsp dan bumi bergandengan dah … 190110

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 1:22 pm

19/01/2010 – 12:43
IHSG Sesi Siang
BUMI Pimpin Rebound Bursa
Ahmad Munjin

INILAH.COM, Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil rebound pada tengah sesi kali ini, dipimpin saham BUMI. Namun, koreksi sektor perkebunan masih mengganjal penguatan bursa lebih lanjut.

Pada perdagangan Selasa (19/1) sesi pertama, IHSG naik 15,82 poin (0,60%) menjadi 2.658,37. Indeks saham unggulan LQ45 juga naik 3,63000 poin ke level 523,5. Jakarta Islamic Index (JII) ikut naik 2,64999 poin ke angka 439,87.

Perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) tidak terlalu ramai, dengan volume transaksi tercatat 2,558 miliar saham senilai Rp 1,53 triliun dan frekuensi 39.673 kali. Sebanyak 96 saham yang naik, sedangkan 62 saham turun dan 71 saham stagnan.

Semua sektor menopang penguatan indeks. Hanya sektor pertanian dan infrastruktur yang masih memerah. Adapun penguatan indeks dimotori sektor industri dasar yang naik 1,68%, konsumsi terangkat 1,43%, dan manufaktur menggeliat 1,31%. Penguatan indeks juga didukung oleh kenaikan sektor aneka industri 0,80%, perdagangan 0,67%, keuangan 0,61%, properti 0,31%, dan sektor pertambangan 0,12%.

Saham PT Bumi Resources (BUMI) memimpin penguatan, dengan nilai transaksi Rp244,8 miliar, atau 16% total transaksi bursa. Emiten ini bergerak naik Rp25 ke level Rp2.750.

Purwoko Sartono, analis dari Panin Securities memperkirakan, indeks hingga penutupan sore nanti masih berpeluang menguat. Namun, kenaikan indeks terbatas aksi selective buying investor pada saham-saham tertentu. “Indeks akan mengarah ke level resistance 2.660-2.665,” katanya kepada INILAH.COM, di Jakarta, Selasa (19/1).

Menurutnya, indeks sepanjang perdagangan akan bergerak variatif (mixed). Pasalnya, indikator penopang penguatan indeks untuk rally, masih belum kuat. Hal itu terindikasi dari sisi technical maupun pergerakan harga komoditas.

Ia menilai, selama indeks belum menembus level resistance 2.665, maka pergerakan indeks akan cenderung variatif dan belum mengonfirmasi penguatan lebih jauh. “Tapi, investor tetap bisa melakukan selective buying terhadap saham-saham yang memiliki kemungkinan naik,”paparnya.

Purwoko mengakui, naiknya harga minyak ke level US$78 per barel, berpengaruh positif pada saham-saham sektor komoditas. Namun, pergerakan saham sektor ini masih variatif. Selain karena belum didukung kenaikan harga komoditas lain, pergerakan harga minyak ini belum mengonfirmasi penguatan lebih jauh .

Hanya komoditas nikel yang naik ke level US$18.899 per ton. Selebihnya, crude palm oil (CPO) masih mengalami koreksi ke level US$775 per ton, timah turun ke level US$18.000 dan harga emas turun ke level 1,133 per troy ons.

Saham-saham pilihan Purwoko yang diprediksikan menjadi penggerak indeks hari ini berasal dari perkebunan seperti PT Bakrie Sumatera Plantation (UNSP). Saham perbankan PT Bank Mandiri (BMRI), PT Bank Danamon (BDMN), serta saham tambang PT Bumi Resources (BUMI). “Saya rekomendasikan trading buy untuk saham-saham tersebut,” pungkasnya.
Sedangkan Henan Putihrai sekuritas memprediksi indeks akan bergerak mixed dengan kecenderungan turun. Melemahnya nilai tukar rupiah ditengah melemahnya haga komoditas global diperkirakan memberikan imbas negatif terhadap indeks. “IHSG kemungkinan akan bergerak pada rentang 2.621/2.632 – 2.651/2660,” ujarnya, Selasa (19/1).

Menurutnya, dari sisi teknikal, khususnya dengan menggunakan candlestick chart, indeks membentuk pola spinning tops. Secara teoritis pola ini mengindikasikan neutral lines. Jika indeks hari ini benar-benar melemah maka target penurunannya adalah support I dan II serta berikutnya level 2.565 yang merupakan middleline dari bollinger band. “Namun apabila indeks sanggup bertahan maka target kenaikannya adalah resistance I dan II hari ini,” pungkasnya. [ast/mdr]

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: