Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Januari 19, 2010

yang bakal dipanto unsp … 190110

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 6:48 am

Senin, 18/01/2010 17:55 WIB

KPPU pantau aksi 8 ‘samurai’ gula

oleh : Linda T. Silitonga

JAKARTA (bisnis.com): KPPU memonitor praktik bisnis delapan ‘samurai’ menyusul terjadinya tren kenaikan harga gula di pasar dalam negeri agar tidak sampai merugikan masyarakat.

Ketua KPPU Benny Pasaribu mengatakan pengamatan terhadap pemicu kenaikan harga gula di dalam negeri dilakukan sejak Desember 2009 sampai kini. Dengan demikian diperoleh kepastian apakah peningkatannya dipicu kenaikan harga komoditas itu di dunia, atau karena ada kesepakatan dari pemegang stok besar gula yang ada di tangan pedagang besar yang disebut sebagai samurai.

“Kami melakukan pemantauan harga gula, apakah kenaikannya karena arah harga gula dunia atau akibat persaingan kurang sehat mengingat stok di tangan pedagang lebih besar daripada pabrikannya seperti PTPN. Jadi terus kami pantau, jangan sampai yang disebut sebagai samurai delapan dan sebagainya menetapkan harga. Yang menderita rakyat,” kata Benny kepada Bisnis hari ini.

Dia mengharapkan ada tingkat kewajaran harga gula tanpa harus lebih dulu diikuti dengan memasukkan masalah tersebut dalam perkara, seperti halnya ketetapan tarif pesan singkat (SMS) yang baru diturunkan operator setelah ada desakan.

Menurut dia, KPPU ingin mendapatkan ketegasan kenaikan harga gula di Indonesia bukan dari akibat prilaku bisnis yang tidak bersaing sehat, dan tidak semata-mata karena terpicu dari kenaikan komoditas tersebut yang tengah menanjak di pasar dunia.

“Dunia memang naik harga gula, tapi di Indonesia jangan [sampai] kenaikan itu [bukan] hanya karena kenaikan dunia, tapi karena struktur pasar, prilaku yang tidak bersaing sehat. Itu harus kami coba bedakan,” tambahnya. (tw)

bisnis.com
Selasa, 19/01/2010 10:48 WIB

Kenaikan stok gula yang ditolerir hingga 300%

oleh : Linda T. Silitonga

JAKARTA (Bisnis.com): Kementerian Perdagangan akan menolerir peningkatan stok di gudang sampai tiga kali lipat dari biasanya terkait dengan pengawasan khususnya terhadap pasokan gula ke pasar, mengingat tren harganya yang terus meningkat.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Gunaryo mengatakan data arus ke luar masuk barang (turn over) dari satu gudang akan dapat menggiring pemerintah untuk mengambil keputusan apakah kalangan swasta melakukan penimbunan barang atau tidak.

“Penimbunan itu ada definisinya. Kalau di dalam gudang ada tiga kali turn over-nya itu bukan penimbunan. Misal [satu gudang biasanya menyimpan] sampai 10 ton [per bulan] kemudian menjadi 30 ton [masih bisa ditolerir]. Namun jika lebih [dari 30 ton], bisa [didefinisikan sebagai aksi penimbunan],” kata Gunaryo hari ini.

Dengan adanya batasan tersebut, kata dia, akan membuat pedagang berfikir dua kali sebelum melakukan penimbunan, mengingat praktik itu membutuhkan modal lebih besar dari biasanya disertai dengan sejumlah konsekuensinya.

Dia mengatakan selain berdasarkan lonjakan stok barang di gudang milik swasta, pengawasan pemerintah terhadap praktik penimbunan itu juga dilakukan karena harga barang yang ditimbun sedang berfluktuasi.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha Benny Pasaribu mengatakan KPPU melakukan pengamatan terhadap pemicu kenaikan harga gula di dalam negeri sejak Desember 2009 sampai kini, sehingga bisa diperoleh kepastian apakah peningkatannya dipicu oleh kenaikan harga komoditas tersebut di dunia atau karena ada kesepakatan dari pemegang stok besar gula yang ada di tangan para pedagang besar yang disebut sebagai samurai (Bisnis, 18 Januari).(er)

bisnis.com

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: