Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Januari 21, 2010

doyan akuisisi, juga hobi the bakries … 210110

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 2:55 pm

21/01/2010 – 10:27
Akuisisi 9 Anak Usaha Domba Mas
Bakrie Memang Spektakuler
Bastaman

INILAH.COM, Jakarta – Kelompok usaha Bakrie betul-betul hebat dan selalu bikin kejutan. Setelah mendapatkan saham PT Newmont Nusa Tenggara, kini konglomerat pribumi itu berencana mengakuisisi 9 dari 11 anak perusahaan Grup Domba Mas.

Seperti halnya untuk belanja saham Newmont yang telah menghabiskan dana Rp 4,1 triliun, Bakrie juga telah menyiapkan dana Rp 3,16 triliun untuk mengakuisisi anak-anak perusahaan Domba Mas.

Hebatnya lagi, Bakrie juga akan menanggung kewajiban anak-anak perusahaan Domba Mas yang mencapai Rp7,152 triliun. Dari jumlah tersebut, Rp2,399 triliun di antaranya adalah utang jangka pendek.

Karena akuisisi ini dilakukann lewat PT Bakrie Sumantera Plantations (UNSP), maka seluruh kewajiban itu otomatis menjadi tanggungan anak perusahaan Grup Bakrie tersebut. “Dananya akan diambil dari hasil right issue 9,47 miliar saham UNSP yang mencapai Rp 4,7 triliun,” kata sebuah sumber.

Langklah Bakrie untuk mengakuisisi anak-anak perusahaan Domba Mas memang cukup mengejutkan. Maklum, grup usaha milik taipan Susanto Lim pernah mencuat karena masalah kredit macet ke Bank Mandiri sebesar Rp1,9 triliun.

Gara-gara utang itu pula ECW Neloe, Direktur Utama Bank Mandiri kala itu, akhirnya dijebloskan ke penjara. Selain ke Mandiri, Domba Mas juga punya tunggakan ke BRI sebesar Rp1 triliun lebih. Kredit ini juga nyaris menjebloslan Rudjito, Direktur Utama BRI kala itu.

Terlepas dari soal utang Domba Mas, aksi akuisisi yang dilakukan Bakrie jelas akan merugikan pemegang saham UNSP. Soalnya kepemilikan saham mereka terancam tergerus jika mereka tidak membeli 9,47 miliar saham baru yang akan dikeluarkan UNSP.

Tidak hanya itu, beban utang baru sebesar Rp7,152 triliun juga akan menggerogoti pendapatan usaha sehingga penampilan UNSP beberapa tahun ke depan bisa memburuk. [mdr]

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: