Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Januari 26, 2010

contoh BOR, SON@elty … kayanya : 260110

Filed under: ELTY, jalan tol n properti — bumi2009fans @ 12:25 pm

26/01/2010 – 11:28
Tol Kanji Pejagan Resmi, Saham ELTY Malah Seok
Susan Silaban

INILAH.COM, Jakarta – Diresmikannya tol Kanji Pejagan milik Bakrie Toll Road, anak usaha Bakrieland Development Tbk (ELTY) hari ini, malah membuat saham ELTY terseok hingga 5,55%.
… sebenernya ini bukan rumor lage, tapi sudah persiapan matenk peresmian jalan tol elty … tapi gejala-gejalanya mirip … tapi mungkin terimbas gejala bursa regional yang kebetulan hari ini semuanya (atawa nyaris semua) merah darah … tapi bole baca posting soal bor-son :  http://transaksisaham.wordpress.com/2010/01/24/beli-saat-maseh-gosip-jual-sesudah-tinggi-dan-pas-faktanya-240110/
Analis Lautandana Securities Widhi Indratto menguraikan, saham ELTY turun lantaran adanya ambil untung atau take profit dari selisih saham ELTY pekan kemarin dengan pekan ini. Memang saham ELTY pada pekan kemarin berada pada level 200-225. “Jadi hanya sentimen take profit saja,” urai Widhi kepada INILAH.COM, Selasa (26/1).

Berdasarkan data resmi BEI seperti dikutip INILAH.COM, Oversea Securities (BM) memborong saham ELTY sebanyak 15 juta saham dengan frekuensi sebanyak 55 kali serta melepas 10,350 juta saham dengan frekuensi 9 kali. Selain itu, ada Valbury Asia Securities (CP) pun membeli 31,065 juta saham dengan frekuensi sebanyak 178 kali dan melepas 16,957 juta saham.

Selain itu, ada HD Capital (HD) yang membeli 25,10 juta saham dengan frekuensi sebanyak 121 kali dan melepas hanya 125 ribu saham dengan frekuensi sebanyak 2 kali. Selain itu, ada Victoria Securities (MI) pun melakukan aksi bel sebanyak 25,10 juta saham dengan frekuensi sebanyak 164 kali. [san/cms]
26/01/2010 – 13:47
Harga Masih Murah
Saham Properti Bakal Menjulang
Ahmad Munjin

(inilah.com/Wirasatria)
INILAH.COM, Jakarta – Saham properti masih berprospek cerah. Meski ada ekspektasi kenaikan suku bunga, namun investor global menilai harga properti cukup rendah. Saham apa saja yang menarik?

Arga Paradita Sutiono, research analyst Asia Kapitalindo Securities menilai, kans sektor properti di 2010 cukup baik. Salah satunya dipicu bubble ekonomi China, yang mengindikasikan keuntungan bagi properti AS dan negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Menurutnya, dengan harga properti di China yang sudah mahal, pasar properti di AS dan emerging market, termasuk Indonesia, seharusnya mengalami keuntungan. “Apalagi harga properti di Indonesia masih cukup murah,” ujarnya kepada INILAH.COM, di Jakarta, Selasa (26/1)

Arga merekomendasikan saham sektor properti. Selain nilai rata-rata harga pasar yang kini di bawah harga Net Assets Value (NAV)-nya, land bank untuk properti pun masih banyak. Sehingga masih memberikan ruang untuk tumbuh. “Apalagi kenaikan sektor ini pada 2009 lalu belum signifikan. Ini berarti masih ada potential up di properti,” ucapnya.

Dengan turunnya suku bunga SBI di level 6,5 suku bunga KPR belum turun, sehingga membuka peluang untuk koreksi. Saat bunga KPR turun 1% saja, permintaan terhadap properti akan naik hingga 5%. “Kondisi ini akan positif hingga jangka menengah,” paparnya.

Salah satu emiten yang bisa dicermati adalah PT Bukit Sentul City (BKSL), yang ditargetkan di level resistance Rp100 dan support Rp84.

Kemudian saham PT Kawasan Industri Jababeka (KIJA), yang ditargetkan menuju resistance Rp124-130 dan Rp116 sebagai support-nya. Demikian pula saham PT Bumi Serpong Damai (BSDE), dengan target di resistance Rp900 dan support Rp820. “Saya rekomendasikan buy saham-saham ini untuk 2-3 bulan,” paparnya.

BSDE baru saja merilis laporan keuangannya, dimana laba bersih sepanjang 2009 naik 38% menjadi Rp308,74 miliar, dari sebelumnya Rp223,46 miliar. Kenaikan ini akibat peningkatan penjualan pada produk bermargin tinggi, yaitu rumah mewah.

Adapun laba bersih naik, seiring melorotnya beban pokok penjualan 14,3% menjadi Rp637,96 miliar. Beban usaha, turun 23,27% menjadi Rp176,177 miliar. Sedangkan penjualan terpantau naik 8% menjadi Rp1,386 triliun. Sementara, hingga 31 Desember 2009, aset BSDE naik 4,82% menjadi Rp4,59 triliun.

Analis PT BNI Securities Maxi Liesyaputra juga merekomendasikan saham sektor properti. Hal ini seiring optimisme pelaku bisnis terhadap perkembangan bisnis mereka tahun ini, didukung situasi ekonomi makro yang membaik. “Kemungkinan mereka akan menaikkan harga jual produknya hingga 15% tahun ini,” katanya.

Pendorong utama pergerakan industri properti berasal dari sektor perumahan dan apartemen. Selain itu, dengan didorong tren suku bunga yang menarik, serta peningkatan daya beli masyarakat akan menjadi katalis utama peningkatan bisnis properti.

Saham-saham yang direkomendasi, kata Maxi, di antaranya PT Ciputra Development (CTRA), PT Summarecon Agung (SMRA), dan PT Bakrieland Development (ELTY). “Jadi, kami merekomendasikan akumulasi saham sektor properti, karena harganya akan di atas rata-rata pasar,” tambah Maxi.

Purwoko Sartono, research analyst PT Panin Sekuritas lebih memilih saham ELTY, terkait peresmian jalan tol Kanci-Pejagan. Rampungnya ruas tol tersebut, diyakini dapat meningkatkan kinerja perseroan.

Ia pun menilai, emiten tersebut dalam waktu dekat berpotensi menguat di kisaran Rp300-320. “Saya rekomendasikan trading buy ELTY untuk jangka pendek dan menengah,” katanya.

Beroperasinya jalan tol Kanci-Pejangan sepanjang 35 kilo meter ditargetkan akan memberi kontribusi pada ELTY sekitar Rp200 miliar sepanjang 2010. Ruas jalan tol yang menelan investasi sebesar Rp2,2 triliun itu, akan dioperasikan akhir Januari 2010.

Secara teknikal, lanjutnya, ELTY kemarin ditutup naik ke level resistance harian Rp270. Long white candle yang terbentuk diiringi meningkatnya volume. ELTY hari ini akan menguji level 285-290. Sementara untuk support berada di 250. “RSI (14) masih berada di level 61, menunjukkan ada ruang untuk naik,”ulasnya. [ast/mdr]

Iklan

2 Komentar »

  1. Anda luar biasa, teruslah menulis !!
    http://mobil88.wordpress.com

    Komentar oleh mobil88 — Januari 26, 2010 @ 12:32 pm

    • he3 iklan teruuuuusss …. gpp seh, asal content-nya kena mengena isu bisnis, ekonomi dan finansial … semoga bwat pembaca situs anda bisa memperoleh manfaat dan isyarat 🙂 … n trims bwat apresiasinya… semoga blog ini maseh bole memberi manfaat dan isyarat juga

      Komentar oleh bumi2009fans — Januari 26, 2010 @ 2:33 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: