Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Januari 26, 2010

elty pasang badan di kanci-pejagan … 260110

Filed under: ELTY, jalan tol n properti — bumi2009fans @ 8:53 pm

Tol Kanci-Pejagan Mampu Urai Kemacetan Pantura 30%
Selasa, 26 Januari 2010 – 19:32 wib

CIREBON – Ruas jalan tol Kanci-Pejagan yang baru diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dinilai mampu mengurai kemacetan di Pantura sekira 30 persen.

Hal tersebut ditegaskan Presiden Direktur dan CEO PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) Hiramsyah S Thaib saat pembukaan jalan tol Kanci-Pejagan di Desa Mertapada, Kecamatan Sindanglaut, Kabupaten Cirebon, Selasa (26/1/2010).

Pada uji coba yang dilaksanakan saat mudik Idul Fitri 2009 lalu, ruas tol Kanci-Pejagan yang dijadikan jalan alternatif ini mampu mengurai angka kemacetan sekira 30 persen. “Saat itu, jalan ini dijadikan sebagai jalur alternatif rute bagi pemudik yang hendak melanjutkan perjalanan melalui pantai utara,” tegas Hiramsyah.

Menurut dia, keberadaan jalan tol sepanjang 35 Km yang menghubungkan Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng) ini, tentunya bakal menjadi solusi angka kemacetan yang kerap terjadi di jalur Pantura pada musim libur nasional dan hari raya.

Selain itu, ruas tol Kanci-Pejagan konsesinya dimiliki perseroan melalui unit usahanya yakni PT Bakrie Toll Road yang merupakan operator jalan tol tersebut. Ruas tol Kanci-Pejagan merupakan satu-satunya jalan tol Trans Jawa yang baru selesai dibangunan serta dioperasikan.

Proyek jalan tol sepanjang 35 Km ini, menghabiskan dana sekira Rp2,2 triliun dengan proses pengerjaan selama 2,4 tahun. “Proses pembebasan jalan tol ini tergolong cepat dengan memakan waktu sekira tujuh bulan,” papar Hiramsyah.

Sementara untuk proses pengerjaan kontruksinya, lanjut Hiramsyah, menghabiskan waktu sekira 17 bulan, terhitung sejak 28 Juli 2008 hingga 21 Desember 2009 lalu. Proses pengerjaan yang mengembangkan teknologi konstruksi Precast Prestress Concrete Pavement (PPCP), merupakan tekhnologi pertama yang diterapkan di Indonesia.

Teknologi ini, memberikan jaminan kecepatan dan kekuatan beton karena dicetak menggunakan pola pabrikasi. Untuk mempercepat proses pembuatan beton PPPC, lokasi pabriknya sengaja dibuat berdekatan dengan lokasi proyek. “Hal itu menjadi salah satu unsur yang memepercepat proses pengerjaan tol ini,” terangnya.

Lebih lanjut, tol Kanci-Pejagan merupakan ruas strategis dari berbagai aspek. Pasalnya, ruas jalan tol ini menghubungkan wilayah perbatasan Jawa Barat dengan Jawa Tengah. Hal ini, tentunya dapat mendukung efisiensi distribusi barang dan jasa antarprovinsi.

Berdasarkan pantauan, tarif tol Kanci-Pejagan sebagaimana keputusan Menteri PU nomor 1247 KPTS/M/2010 menyebutkan, untuk golongan I sebesar Rp21.500, golongan II Rp32.500, Golongan III Rp43.500, Golongan IV Rp54.500, dan Golongan V sebesar Rp65 ribu.
(Tantan Sulton Bukhawan/Koran SI/ade)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: