Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Januari 26, 2010

enrg @ pln, nyetrum dah … 260110

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 10:33 am

kontan:
Selasa, 26 Januari 2010 | 16:03

PASOKAN GAS UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK

Energi Mega Persada Akan Memasok Gas ke PLTG Semberah

JAKARTA. Perusahaan setrum plat merah, PT PLN sedang giat-giatnya untuk mencari sumber pasokan gas. Saat ini, PLN mengaku akan mendapatkan pasokan gas untuk pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) Semberah, Kalimantan Timur. Direktur Energi Primer PLN, Nur Pamuji mengatakan jika saat ini PLN sedang melakukan negoisasi harga dengan perusahaan milik bakrie, PT Energy Mega Persada Tbk sebagai pengelola lapangan gas tersebut. “Energy Mega akan memasok gas sebesar 5 mmsfcfd,” ujar Nur Pamuji, Senin Malam (25/01).

Meski masih dalam tahap negosiasi harga, Nur Pamuji berharap jika gas tersebut bisa mengalir pada pertengahan tahun ini. Gas tersebut akan mengalir dari blok Semberah. Selain untuk PLTG Semberah, PLN juga akan mendapatkan pasokan gas untuk PLTG Belawan. Untuk PLTG Belawan, volume gas yang dialirkan lebih besar dari PLTG Semberah. Volume PLTG Semberah yang dialirkan sebesar 28 mmscfd. Gas tersebut akan berasal dari lapangan glagah kambuna.

Nur Pamuji menceritakan, sebenarnya kebutuhan pasokan gas untuk PLTGU Belawan sebesar 150 mmscfd. Namun, dari total kebutuhan tersebut, PLN baru mendapatkan komitmen gas dari lapangan glagah kambuna sebesar 38 mmscfd. Gas sebesar 10 mmscfd sudah mengalir pada beberapa waktu lalu. Sehingga PLTG masih defisit gas sebesar 112 mmscfd. “Sisanya akan masuk ke pembangkit PLN pada minggu ini,” ujar Nur Pamuji.

Fitri Nur Arifenie
Selasa, 26/01/2010 09:49 WIB
Energi Mega Pasok Gas ke PLN
Nurseffi Dwi Wahyuni – detikFinance

Jakarta – PT PLN (Persero) akan mendapatkan tambahan pasokan gas sebesar 5 MMSCFD untuk pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Semberah, Kalimantan Timur dari blok Semberah TAC milik PT Energy Mega Persada Tbk (ENRG).

“Gas itu berasal dari Semberah TAC dan diharapkan sudah masuk pada pertengahan tahun ini,” ujar Direktur Energy Primer PLN, Nur Pamudji di Gedung DPR/MPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (25/1/2010) malam.

Nur Pamudji menyatakan saat ini proses jual beli gas tersebut masih dalam tahap negosiasi dengan pihak pengelola lapangan tersebut.

“Kami masih negosiasi dengan mereka. Jadi harganya juga masih dinegosiasikan,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Nur Pamudji mengatakan perseroan akan terus berupaya mendapatkan komitmen pasokan gas untuk mengoperasikan pembangkit-pembangkitnya.

Dalam waktu dekat, pembangkit yang akan memperoleh tambahan pasokan gas sebesar 28 MMSCFD yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTGU) Belawan.

Tambahan pasokan tersebut berasal dari lapangan Glagah Kambuna yang dikelola oleh TAC Salamander Glagah Kambuna. Sebelumnya, PLTGU Belawan telah mendapatkan pasokan gas sebesar 10 mmscfd dari lapangan yang sama.

“Minggu ini gas diharapkan sudah bisa masuk,” ungkap dia.

Meskipun PLTGU Belawan sudah mendapatkan pasokan gas sebanyak 38 MMSCFD, namun PLTGU yang berada di Sumatera Utara tersebut masih mengalami defisit gas hingga 112 MMSCFD.

“PLTGU Belawan itu butuhnya 150 MMSCFD, tapi baru terpenuhi 38 MMSCFD,” kata dia.

Kondisi serupa juga terjadi di PLTGU Tanjung Priok dan Muara Karang yang selama ini memasok listrik untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Dari total kebutuhan gas sebesar 385 MMSCFD, baru dapat dipenuhi 150 MMSCFD.

Solusi untuk mengatasi defisit ini yaitu mengambil gas dari terminal gas alam cair (Liquid Natural Gas/LNG) terapung yang akan dibangun di Teluk Jakarta dan Medan, Sumatera Utara. Namun sayangnya, kedua terminal terapung tersebut baru akan beroperasi pada September 2011 sehingga untuk mengoperasikan pembangkitnya BUMN listrik itu masih menggunakan BBM.

“Kalau ini sudah menggunakan gas, kami bisa berhemat sekitar US$ 12 per mbbtu,” kata dia.

(epi/dro)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: