Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Januari 28, 2010

telmi, but enrg n bumi mentioned here … 280110

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 9:16 am

Jumat, 22/01/2010 11:03 WIB

Saham sektor energi layak dicermati

oleh : Pudji Lestari

JAKARTA (Bisnis.com): Kecenderungan transaksi yang menipis menjelang akhir pekan mesti disikapi dengan baik. Saham perusahaan energi layak dicermati pada perdagangan hari ini menyusul perkembangan pasar dan sentimen individu emiten.

Saham perusahaan energi layak dicermati setelah harga kontrak minyak mentah untuk pengiriman Maret terkoreksi 2,1% ke level US$76,08 per barel di New York kemarin. Ini merupakan posisi terendah sejak 22 Desember 2009. Kontrak minyak menyentuh level US$75,84 per barel pada perdagangan di luar bursa pada pukul 8.10 pagi waktu Jakarta.

Saham energi tersebut a.l. saham PT Energi Mega Persada Tbk. Perseroan kemungkinan membukukan laba pada 2010 setelah melunasi utang dari dana hasil rights issue. Saham berkode perdagangan ENRG ini turun 0,6% ke level Rp176.

Saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk juga pantas diikuti menyusul kabar perseroan memperoleh 40% kepemilikan di proyek terminal LNG di Jawa Barat. Saham berkode perdagangan PGAS ini naik 0,7% ke level Rp3.750.

Saham PT Bumi Resources Tbk, dengan kode perdagangan BUMI, juga pantas disorot setelah jatuh 1,8% ke level Rp2.725. Harga minyak yang turun mendorong pemodal melirik investasi pada komoditas bahan bakar alternatif seperti batu bara.

Di sektor properti, saham PT Bakrieland Development Tbk, dengan kode perdagangan ELTY, menarik setelah naik 4,1% ke level 255. Limitless LLC, unit usaha Dubai World, sedang bernegosiasi ulang dengan Bakrieland guna membahas pembayaran akuisisi saham tiga unit perusahaan properti Bakrie itu. Bakrieland merupakan pengembang properti terbesar kedua dari segi aset, dengan posisi pertama adalah PT Ciputra Development Tbk.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) terkoreksi untuk pertama kalinya dalam tiga hari sebesar 1,08% atau 28,88 poin ke level 2.638,38 akibat tekanan jual yang kuat serta sentimen negatif global dan regional, kemarin.

Pemodal asing tercatat membukukan transaksi jual bersih sebesar Rp458 miliar kemarin, mengurangi transaksi beli yang telah dibukukannya Rp2,62 triliun pada tahun ini. Sebagai gambaran, pada tahun lalu, pemodal asing mencatat transaksi beli bersih saham senilai Rp13,3 triliun, turun dibandingkan dengan tahun sebelumnya Rp18,7 triliun.

Rekomendasi ini dikutip dari Bloomberg, bukan merupakan anjuran untuk membeli atau menjual saham tertentu. Keputusan investasi termasuk potensi risikonya menjadi tanggungjawab pembaca.

bisnis.com

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: