Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Februari 3, 2010

kontribusi ASAN: trub berekspansi ga tanggung2 dah : 030210

Filed under: Saham Trub — bumi2009fans @ 6:21 am

2010, Truba Investasi US$ 400 Juta
02/02/2010 08:27:51 WIB
Oleh Deviana Chuo

JAKARTA, INVESTOR DAILY
PT Truba Alam Manunggal Engineering Tbk (TRUB) akan menginvestasikan US$ 400 juta untuk membangun empat unit pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) tahun ini.

Sekretaris Perusahaan Truba Alam Gamala Katoppo mengatakan, keempat PLTU tersebut berkapasitas 400 megawatt (MW). “Nilai investasinya sekitar US$ 1 juta per watt, jadi totalnya mencapai US$ 400 juta,” kata dia kepada Investor Daily di Jakarta, Senin (1/2).

Gamala mengatakan, investasi untuk empat proyek PLTU masuk dalam anggaran belanja modal (capital expenditure/capex) tahun ini. Keempat proyek itu adalah PLTU Pontianak berkapasitas 60 MW, PLTU Bangka 25 MW, PLTU Lampung 60 MW, dan PLTU Kuala Tanjung 270 MW. Pembangunannya ditargetkan rampung pada 2012.

Truba akan mendanai keempat proyek PLTU dari ekuitas (30%) dan pinjaman bank (70%). Tahun lalu, perseroan memperoleh pinjaman dari konsorsium bank yang dipimpin oleh PT Bank Bukopin Tbk. “Saat ini, semua proyek sudah mulai land clearing dan sedang menunggu hasil renegosiasi harga dengan PLN,” kata Gamala.

Di samping itu, perseroan masih mencari mitra strategis untuk pembangunan PLTU di Kuala Tanjung, Sumatera Utara. Sebelumnya, Ratchabury Electricity Generating Holding PCL, perusahaan energi milik otoritas pembangkit listrik Thailand, berniat mengambil alih 40% kepemilikan Truba di proyek tersebut. Perusahaan asal Tiongkok juga tertarik menjadi mitra strategis.

Saat ini, Truba juga mengincar dua kontrak senilai US$ 145 juta. Perseroan masih mengikuti proses tender, salah satunya proyek construction service dari Chevron senilai US$ 85 juta. Pengerjaan proyek itu dijadwalkan mulai awal 2010.

Selain itu, Truba sedang mengikuti tender untuk proyek pembangunan PLTU Paiton 3 dari Mitsubishi Corporation senilai US$ 60 juta. Proyek Paiton 3 akan dimulai awal tahun depan dan ditargetkan rampung pada 2013. Perseroan juga menjadi peserta tender untuk proyek konstruksi mechanical electrical PLTU Cilacap senilai US$ 42-48 juta.

Sepanjang Januari 2010, perseroan melalui anak usahanya, PT Truba Jaya Engineering mengantungi proyek senilai US$ 20,05 juta. Proyek tersebut diperoleh dari PT Jurong Engineering Lestari dan Sumitomo Corporation.

Truba akan mengerjakan proyek kelistrikan senilai US$ 5,5 juta dari Jurong Engineering dan proyek PLTU milik Sumitomo sebesar US$ 14,55 juta. Perseroan akan membangun PLTU tersebut mulai Januari 2010-April 2011. Sedangkan proyek kelistrikan mulai Februari 2010-Mei 2011.“Pengerjaan proyek Central Java Power dari Jurong Engineering berdasarkan letter of intent (LoI) pada 10 Januari 2010,” ungkap Gamala, belum lama ini.

Gamala menjelaskan, proyek dari Jurong Engineering berupa pengerjaan mechanical erection of critical piping serta turbine & yard and condenser & LP heaters for Tanjung Jati B Unit 3-4 di Jepara, Jawa Tengah.

Sementara itu, untuk proyek PLTU berkapasitas 2×660 MW dari Sumitomo, lingkup pengerjaannya meliputi erection of electrostatic precipitator, stacker reclaimer, dan ship unloader. Truba juga mengerjakan conveyor & tower crane dan fly ash handling. “Proyek tersebut akan dikerjakan dalam tempo 16 bulan dari Januari 2010 hingga April 2011,” jelas Gamala.

Truba akan terus mengikuti sejumlah tender konstruksi EPC yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta. Dari target perolehan kontrak senilai US$ 700 juta pada 2010, sekitar US$ 300 juta di antaranya diharapkan dari bisnis pembangunan fasilitas migas. Sisanya dari pembangkit listrik dan industrial plant.

Tahun lalu, perseroan membukukan kontrak senilai total US$ 700 juta atau sekitar Rp 7 triliun. Perseroan berhasil mendapatkan sejumlah proyek besar, salah satunya pembangunan fasilitas migas milik Chevron senilai lebih dari US$ 200 juta. Pembangunan proyek itu telah dimulai pada 2008 dan ditargetkan rampung tahun ini. Perseroan juga sedang mengerjakan PLTU Indramayu senilai US$ 54 juta. Pembangunan pembangkit listrik tersebut diharapkan selesai tahun ini.

Kinerja 2009
Pendapatan Truba pada 2010 diproyeksi hampir sama dengan pencapaian 2009. Hal tersebut seiring target tambahan proyek baru sebesar US$ 80 juta. Sedangkan pendapatan akhir 2009, perseroan memperkirakan hampir sama dengan kuartal sebelumnya. Hingga kuartal III-2009, Truba membukukan total pendapatan sebesar Rp 2,07 triliun, sedangkan pendapatan pada kuartal III saja senilai Rp 513,71 miliar. Dengan demikian, pendapatan tahun lalu diperkirakan mencapai sekitar Rp 2,7 triliun.

Pengamat pasar modal Edwin Sebayang mengatakan, target perolehan kontrak dari manajemen Truba tergolong wajar, tetapi harus dibuktikan lebih lanjut mengenai realisasinya. “Beberapa proyek yang sudah didapat belum juga selesai dikerjakan, sehingga masih memerlukan pembuktian lebih lanjut,” kata dia.

Selain itu, menurut Edwin, manajemen Truba harus lebih bisa membuktikan hasil kinerja perusahaan. Pasalnya, selama ini pendapatan perseroan diperoleh tidak hanya dari operasional, melainkan dari trading sahamnya. Pada perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) kemarin, saham perseroan dengan kode TRUB ditutup stagnan di posisi Rp 123.

Iklan

1 Komentar »

  1. Peluang TRUB

    … silakan baca posting terbaru soal EPC di PTBA … trims ya Asan

    Komentar oleh asan — Februari 4, 2010 @ 6:56 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: