Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Februari 3, 2010

sampe merauke, BERJAJAR INVESTORmu… 030210

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 11:41 pm

… unsp kayanya juga mengincar papua khan …
Rabu, 03/02/2010 21:01 WIB
Merauke Jadi Kandidat Pemasok Gula dan Beras Nasional
Suhendra – detikFinance

Jakarta – Pengembangan kawasan Merauke Papua sebagai food estate akan memberikan kontribusi tambahan kepada produksi padi dan gula nasional hingga jutaan ton.

Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi mengatakan potensi tambahan produksi padi (beras) mencapai 1 juta ton dan gula mencapai 800.000 hingga 1,2 juta ton dalam jangka waktu menengah dan jangka panjang.

“Jika produksi beras 5 ton per hektar, harapan kita kalau sekitar 200.000 hektar maka akan memberikan kontribusi 1 juta ton beras,” jelas Bayu.

Ia menjelaskan untuk tahap awal produksi beras di Merauke bisa dikembangkan melalui lahan skala kecil 8 sampai 10.000 hektar.

Sedangkan untuk gula pada tahap awal bisa dikembangkan melalui lahan 30.000 hektar, dengan potensi tambahan produksi gula nasional hingga 800.000 sampai 1,2 juta ton. Namun sayangnya Bayu tidak bisa memastikan kapan realisasi kontirbusi Merauke bisa terealisasi bagi pangan nasional.

“Patut dipahami bahwa food estate itu lebih jangka menengah dan jangka panjang,” katanya.

Pemerintah juga akan menyiapkan kawasan food estate Merauke Papua sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK). Langkah ini akan mempermudah pengembangan Merauke sebagai lumbung pangan nasional atau food estate dalam jangka panjang.

Pengembangan food estate secara tidak langsung mengadopsi apa yang telah dilakukan oleh Brasil dalam mengembangkan komoditi kedelai. Sehingga telah membawa negeri samba tersebut menjadi penyuplai pangan di dunia termasuk memproduksi bio etanol dari kedelai.

(hen/dnl)
Rabu, 03/02/2010 19:33 WIB
Food Estate Merauke Butuh Dana Investasi Rp 60 Triliun
Suhendra – detikFinance

Jakarta – Pengembangan Merauke sebagai food estate setidaknya memerlukan investasi minimal Rp 50-60 triliun. Saat ini sudah ada 36 investor yang mengantre untuk membenamkan investasi baik asing mau pun lokal untuk sektor pangan di Merauke.

Hal ini disampaikannya di sela-sela acara diskusi ‘Blak-blakan soal ketahanan pangan’ di Wisma Antara, Jakarta, Rabu (3/2/2010).

“Investasinya cukup besar, untuk tahap awal bisa menampung investasi Rp 50-60 triliun,” kata Bayu.

Bayu menjelaskan dana investasi sebesar itu paling tidak bisa digunakan untuk pengembangan infrastruktur dan sarana investasi bagi para pemodal di Merauke. Menurutnya masalah infrastruktur seperti pelabuhan, pasar, jalan, energi, dan pergudangan sangat penting. Sedangkan untuk lahan, air, pupuk, dan lain-lain bisa mudah dipenuhi di Merauke.

“Untuk itu kita butuh para investor besar dibutuhkan untuk masuk duluan,” katanya.

Ia menjelaskan komoditas yang paling cocok untuk ditanam di Merauke adalah tebu dan padi, selebihnya kedelai dan jagung bisa ditanam pada musim kering. Potensi lahan yang bisa disediakan oleh Merauke bisa mencapai minimal 1,2 juta hektar dalam waktu panjang, sedangkan saat ini sudah ada 500.000 hektar yang sudah siap ditanami.

“Ada 36 investor yang siap masuk, utamanya dalam negeri ada 28 investor sisanya asing,” katanya.

Bayu menjelaskan beberapa investor asing yang siap masuk antara lain adalah dari Timur Tengah, Jepang, Brazil, AS, dan Eropa untuk pengembangan lahan padi, tebu, kedelai, dan lain-lain.

(hen/dnl)
Rabu, 03/02/2010 19:13 WIB
Food Estate Merauke Diresmikan 12 Februari 2010
Suhendra – detikFinance

Foto: dok.detikFinance Jakarta – Akhirnya cita-cita Indonesia memiliki suatu kawasan lumbung pangan nasional atau food estate segera terwujud. Rencananya food estate Merauke akan dirilis resmi oleh pemerintah pada tanggal 12-13 Februari 2010.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi saat ditemui di acara diskusi soal ketahanan pangan di Wisma Antara, Jakarta, Rabu (3/2/2010).

“Akan diluncurkan tanggal 12-13 Februari 2010, untuk PP-nya mudah-mudahan dalam beberapa hari akan keluar. Acara peluncuran ini sekaligus ulang tahun kabupaten Merauke,” kata Bayu sumringah.

Bayu menjelaskan jadwal peluncuran Merauke sebagai Food Estate akan dijadwalkan sebelum tanggal 1 Februari 2010. Namun karena terkendala cuaca maka diundur menjadi pertengahan Februari 2010.

“Kita menunggu arahan beliau (Presiden SBY), yang datang nanti beberapa menteri, seperti mentan,” jelasnya.

Bayu mengatakan program food estate Merauke merupakan usaha Indonesia untuk memastikan ketahanan pangan nasional dalam jangka menengah maupun panjang. Merauke sangat potensial sebagai lahan yang bisa ditanam untuk padi maupun tebu dan beberapa komoditas unggulan lainnya. “Food estate ini bukan jangka pendek,” katanya.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: