Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Februari 4, 2010

neh ada yang ditanya, n JAWAB @TRUB … 040210

Filed under: Saham Trub — bumi2009fans @ 10:05 pm

e-trading 050210: TRUB: Truba Raih Kontrak US$ 98,88 Juta

PT Truba Jaya Engineering, anak usaha PT Truba Alam Manunggal Engineering Tbk memenangkan kontrak jasa konstruksi yang diadakan oleh PT Chevron Pacific senilai US$ 98,88 juta. Hingga September 2009, perseroan telah mengantongi pendapatan sebesar Rp 2,07 triliun, tetap dibandingkan dengan periode yang sama 2008.

posting oleh ASAN:
(Diambil dari detik forum) thread ini dibuat mengingat banyaknya teman2 saya dan juga mungkin yang lainnya yang masih bertanya tanya tentang trub akan ke berapa dan kapan. saya akan berusaha memberikan info yang saya ketahui tentang trub semoga ini bisa membantu anda sekalian yang membacanya untuk mengambil keputusan.
pertama kita harus mengetahui saham itu bagus atau tidak berdasarkan fundamental dan teknikal analisis.
secara fundamental trub adalah satusatunya pemain lokal di bidang EPC ( Engineering, Procurement, and Construction) yang sampai saat ini sudah berpengalaman selama lebih dari 30 tahun sehingga kita seharusnya tidak ragu lagi terhadap pengalaman kerja dan relasinya. lebih dari 50% proyek dari PLN dan investor strategis lain yang sedang dan sudah selesai dikerjakan dari dahulu hingga sekarang adalah milik trub. truba manunggal alam secara core bisnis dibagi menjadi 3 pilar utama:
1. Bidang EPC berkontribusi terhadap +- 90% terhadap pendapatan perusahaan
2. Bidang IPP
3. Bidang Coal (batubara)
kenapa harga trub tahun 2008 turun?
1. krisis ekonomi global menyebabkan investor menarik dananya baik lokal maupun asing sehingga harga sahamnya jatuh.
2. laba perusahaan yang negatif di tahun 2008 sebesar 180 miliar rupiah yang sebagian besar disebabkan oleh rugi kurs.
bagaimana proyeksi untuk tahun 2009?
dinilai dari proyek EPC yang sedang berjalan trub akan beroperasi dengan kapasitas optimumnya sampai paling tidak tahun 2010. trub telah
untuk proyek mendatang tahun ini trub sedang mengikuti lebih dari 20 tender dan kemungkinan besar akan dimenangkan oleh trub karena sebagian besar proyek ini berasal dari pln. secara history trub sangat dipercaya oleh pln dan pln juga sangat serius dalam meningkatkan kapasitas pembangkit tenaga listrik terbukti dengan akan diterbitkannya obligasi dan juga karena desakan dari pemerintah pusat. pemenang tender kemungkinan akan diumumkan di akhir kuartal3 paling lambat diprediksi akhir tahun.trub sampai saat ini telah menjadi partner lokal untuk 5 dari 9 mega proyek.
sampai 20 juni 2009 trub jaya engineering (EPC) telah membukukan laba bersih +-28 miliar rupiah.
prediksi saya harga akan menembus diatas 200 paling lambat akhir tahun 2009. analisanya:
1. kemungkinan besar rupiah akan stabil karena kondisi ekonomi global membaik dan kondisi dalam negeri stabil dan pemilu telah berakhir dengan aman sehingga trub diprediksi tidak akan mengalami rugi kurs malah bisa berbalik menjadi untung kurs.
2. future trub yang sedang mengikuti lebih dari 20 tender menyebabkan estimasi keuntungan perusahaan untuk jangka panjang bisa dirasakan sejak sekarang
3. trub sekarang sudah masuk kedalam index LQ-45 yang mencerminkan bahwa saham trub di bursa liquid.
4. truba manunggal alam tengah menjajaki untuk ekspansi di bidang IPP (pemilik pengadaan listrik) dengan berniat menambah 6 proyek baru dari 3 yang sudah jadi ( total 9 jika selesai semua) untuk dijual kepada PLN dan investor strategis dengan jangka waktu minimal 25-30 tahun dengan sistem kontrak. jadi ini mencerminkan motivasi perusahaan untuk mendiversifikasikan aliran pendapatan perusahaan jangka panjang. bidang IPP menghasilkan hampir 10% pendapatan (itupun dengan 3 proyek saja) bisa dibayangkan jika semuanya selesai maka kemungkinan bidang IPP akan menghasilkan kenaikan pendapatan sebesar 20% menjadi total 30% (hitungan kasarnya).
5. pengeluaran trub (biaya operasional) akan menjadi lebih kecil di bidang pemasokan batubara untuk pembangkit tenaga listrik karena trub sekarang sudah mempunyai anak perusahaan (PT. Maxima Infrastruktur yang bergerak di bidang batubara dan trading) dan juga ini bisa menambah pendapatan jangka panjang karena sekaligus akan dijual ke PLN dalam jangka panjang ( istilah peribahasa sekali mendayung dua tiga pulau terlamapaui ). estimasi cadangan batubara trub mencapai 140 juta ton dengan 2 konsesi pertambangan di sumatera selatan dan kalimantan selatan.
6. trub banyak menjalin hubungan baik dengan kemitraan strategis dengan perusahaan EPC asing lainnya yang berkelas dunia seperti :
– Shanghai Electric
– Qingdao Jieneng Power Station Engineering
– Chengda Engineering Corp.
– China National Technology Import & Export Corporation (CNTIC)
– China National Electric Equipment Cooperation (CNEEC)
– Harbin Power Engineering
– Beijing Electric Power Construction Co.
– China Guodian Overseas Power Co. Ltd
– Shanghai Golden Concord
– Xin Yuan International Investment Company
– Sinohydro Corporation Limited
– Shenergy Company Ltd
– EDF Trading
NB : Truba memiliki hak pertama penolakan seluruh proyek EPC mereka di Indonesia dan kebanyakan mitra strategis diatas adalah pemain nomor1 di China untuk bidang EPC yang membangun hampir 100% pembangkit tenaga listrik di seluruh daratan China.
7. trub sudah banyak dikenal di dunia terbukti dengan adanya 2 proyek dalam jumlah besar dengan Chevron dan adanya kantor cabang di arab dan singapura sehingga perusahaan berencana akan menggarap proyek di timur tengah. ini akan menjadi nilai tambah perusahaan dalam kredibilitas maupun peningkatan pendapatan.
8. secara teknikal beberapa bulan terakhir terlihat pergerakan sideway dengan volume yang tidak terlalu besar. ini mengindikasikan adanya akumulasi harga di harga rendah dan selama ini support kuat berada di level 154-155 dan resistance kuat berada di 200. setelah itu jika masih bisa menembus resistance 215 maka akan breakout newhigh ke 250.
9. secara pattern / pola terihat bentuk cup n handle. yang berarti akan ada pergerakan harga ke atas / uptrend dan kurang lebih akan ditarik ke atas sampai minimal harga 250.
10. dilihat dari estimasi keuntungan perusahaan di akhir tahun dan tahun2 mendatang (P/E) harga wajarnya seharusnya ada di kisaran 300-500.
11. jika dilihat dari rekomendasi reuters.com akan terlihat selama beberapa bulan ini trub selalu mendapatkan rekomendasi scale 1 yang artinya strong buy.

semoga informasi ini bisa membantu teman teman sekalian dalam membuat keputusan mohon maaf jika ada kekurangan dan salah kata. jika ada masukan diminta berbagi ilmu di thread ini.
Terima kasih.
… maseh berita yang cheerful @trub:
Anak usaha Truba menangi proyek US$98,88 juta
Kamis, 04/02/2010 11:03:14 WIBOleh: Berliana Elisabeth S.
JAKARTA (Bisnis.com): PT Truba Alam Manunggal Engineering Tbk melalui anak perusahaannya PT Truba Jaya Engineering, memenangkan proyek jasa konstruksi senilai US$98,88 juta.

Anak perusahaan Truba Alam, yakni Truba Jaya yang berkedudukan di Jakarta Selatan, memenangkan proyek dari PT Chevron Pacific Indonesia untuk kontrak jasa-jasa kon struksi tarif berbasis satuan pekerjaan-Paket C (Construction Services-Work Unit Rate/CS Wur Package C), Pelelangan No.8966-XK (proyek).

Corporate Secretary PT Truba Alam Manunggal Engineering Tbk Gamala V. Katoppo dalam keterbukaan informasinya kepada Bursa Efek Indonesia hari ini mengatakan pemenangan proyek ini berdasarkan pengumuman pemenang pelelangan No.188/S/WIN/TA/2010 tanggal 2 Februari 2010 dari Panitia Pengadaan PT Chevron Padific Indonesia. Nilai proyek sebesar US$98.888.914.

PT Truba Alam Manunggal Engineering Tbk merupakan perusahaan kontraktor yang bergerak di bidang usaha rancang bangun, perekayasaan, pengadaan dan konstruksi bangunan, infrastruktur dan industri pabrik.
Cermati TRUB, BRPT, TURI, MEDC, SULI dan BNGA
Jumat, 05/02/2010 10:54:26 WIBOleh: Berliana Elisabeth S.
JAKARTA (Bisnis.com): Harga saham sejumlah emiten di Bursa Efek Indonesia hari ini setidaknya akan terpengaruh aksi korporasi, kondisi keuangan maupun berita-berita seputar perusahaan seperti TRUB, BRPT, TURI, MEDC, SULI dan BNGA.

Harian Bisnis Indonesia edisi hari ini, Jumat 5 Februari 2010, memberitakan keenam emiten yakni:

PT Truba Jaya Engineering, anak usaha PT Truba Alam Manunggal Engineering Tbk (TRUB), memenangi kontrak jasa konstruksi yang diadakan oleh PT Chevron Pacific senilai US$98,88 juta.

Perolehan kontrak tersebut disampaikan manajemen kepada Bursa Efek Indonesia kemarin. Saat dikonfirmasi lebih jauh, Sekretaris Perusahaan Truba Gamala V. Katoppo tidak memberikan jawabannya. Hingga September 2009 perseroan meraih pendapatan sebesar Rp2,07 triliun stagnan dibandingkan dengan periode yang sama 2008. Namun, menurunnya pendapatan tidak memengaruhi perolehan laba bersih perseroan yang melonjak 64,8% menjadi Rp318,07 miliar dibandingkan dengan periode yang sama 2008 yaitu Rp193,01 miliar.

Pada Januari lalu, Truba Jaya Engineering juga meraih kontrak baru senilai US$14,55 juta. Proyek yang diraih adalah balance of plant erection for Tanjung Jati 3 & 4 berkapasitas 2×660 megawatt yang berlokasi di Jepara. Pengerjaan proyek berlangsung mulai Januari tahun ini sampai dengan April 2011.

PT Chandra Asri Petrochemical Center, melalui anak usahanya Altus Capital Pte, menetapkan kupon obligasi berdenominasi dolar AS dengan tenor 5 tahun senilai US$230 juta pada level 12,87%. Jumlah penerbitan tersebut setara dengan Rp2,14 triliun.

Berdasarkan sumber Bloomberg pekan ini, surat utang yang akan jatuh tempo pada 10 Februari 2015 itu baru diterbitkan dan akan dicatatkan di bursa Singapura. Perusahaan dan obligasinya mengantongi peringkat B2 dari Moody’s Investors Service dan B+ dari Standard & Poor’s.

Perusahaan menggunakan jasa dari Standard Chartered Plc, DBS Group Holdings Ltd, dan Deutsche Bank AG sebagai penjamin emisi penerbitan efek utang itu. Chandra Asri merupakan produsen etilena dan propilena yang 70% sahamnya dimiliki PT Barito Pacific Tbk (BRPT) baik langsung maupun tidak langsung.

PT Tunas Andalan Pratama melepas 77,35 juta saham PT Tunas Ridean Tbk (TURI) dengan total Rp116,02 miliar, sehingga kepemilikannya menyusut menjadi 43,83% pada distributor otomotif ini. Menurut Sekretaris Perusahaan Tunas Ridean Miranti Hadisusilo, Tunas Andalan menjual 77,35 juta saham dengan kisaran harga Rp1.500 per saham pada 4 Februari 2010. “Jumlah kepemilikan saham Tunas Andalan setelah transaksi itu menjadi 43,83% atau menguasai sebanyak 611,50 juta saham,” ujar Miranti kemarin.

Langkah penjualan saham tersebut ditujukan Tunas Andalan guna memperkuat arus kas perseroan. Miranti menuturkan pihak yang membeli 5,54% saham Tunas Andalan itu adalah Jardine Cycle & Carriage Ltd. Jardine merupakan induk dari PT Astra International Tbk.

Sebelum transaksi tersebut, total jumlah saham Tunas Ridean sebanyak 1,39 miliar saham, terdiri atas Tunas Andalan sebanyak 688,85 juta saham (49,38%), Jardine sebanyak 534,14 juta saham (38,29%) dan publik sebanyak 171,99 juta saham (12,33%).

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) siap membiayai kembali (refinancing) obligasi US$88,20 juta yang jatuh tempo pada 22 Mei 2010 dengan menggunakan dana hasil penerbitan medium term notes (MTN) senilai US$50 juta dan kas internal.

Menurut Investor Relations Medco Energi Nusky Suyono, perseroan meraih dana US$50 juta dari penerbitan surat utang berjangka menengah (MTN) pada 2 Februari 2010 untuk melunasi obligasi dolar tersebut. “Obligasi yang diterbitkan pada 22 Mei 2005 itu mengikuti peraturan AS dan diterbitkan di Bursa Singapura. Kami siap melunasi obligasi itu dengan memanfaatkan hasil dari penerbitan MTN senilai US$50 juta dan selebihnya menggunakan kas internal,” ujarnya kepada Bisnis kemarin.

Obligasi US$88,20 itu sebelumnya diterbitkan di Bursa Singapura itu bertenor 5 tahun dengan kupon bunga 8,75%. Nusky memaparkan perseroan memiliki kas senilai US$120 juta dan dana dari investasi jangka pendek senilai US$260 juta per 30 September 2009.

Presiden Direktur Medco Energi Darmoyo Doyoatmojo mengatakan perseroan telah menyelesaikan penawaran terbatas kepada sejumlah investor yang dilaksanakan oleh PT Bahana Securities melalui penerbitan MTN senilai US$50 juta. MTN diterbitkan dalam dua seri, yaitu pertama, seri A sebesar US$28 juta dengan bunga 7,25% dan tenor 2 tahun. Kedua, seri B sebesar US$22 juta dengan bunga 8% dan tenor 3 tahun. Dia menjelaskan perseroan menerima dana dari penerbitan MTN ini senilai US$42,10 juta pada 23 Desember 2009 dan US$7,9 juta pada 3 Februari 2010 yang akan digunakan untuk menutup kewajiban pendanaan perseroan pada 2010.

PT Sumalindo Lestari Jaya Tbk (SULI) berencana menerbitkan 1,24 miliar saham baru (rights issue) dengan target perolehan dana Rp123,6 miliar.

Sekretaris Perusahaan Sumalindo Hasnawiyah Kono mengatakan penawaran umum terbatas (PUT) III melalui hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) itu akan ditawarkan dengan harga Rp100 per saham. “Setiap satu saham akan mempunyai 1 HMETD untuk membeli 1 saham baru. Seluruh dana dari PUT III ini akan digunakan untuk modal kerja dalam rangka peningkatan kembali kinerja operasional,” tuturnya kepada Bisnis kemarin.

Jika proses berjalan sesuai dengan jadwal dan seluruh persyaratan terpenuhi, lanjutnya rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang mengagendakan persetujuan pemegang saham akan diselenggarakan pada 9 Maret 2010.

PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) dan PT Acer Indonesia menyepakati kerja sama program pembiayaan untuk mendukung pertumbuhan usaha distributor dan dealer Acer. CIMB Niaga membantu kebutuhan modal kerja para distributor dan dealer Acer dalam pembelian inventory dari Acer selaku prinsipal.

Bagi Acer, pembiayaan ini dapat membantu para distributor dan dealer tetap fokus dalam peningkatan penjualan produk Acer dan memberikan kepastian pembayaran kepada Acer. Adapun bagi CIMB Niaga, kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan portofolio kredit bagi perusahaan kecil menengah di sektor elektronik atau teknologi informasi serta memperkokoh posisinya sebagai salah satu pemain utama sektor tersebut. “Kerja sama yang terjalin saat ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya terutama bagi mitra bisnis,” ungkap Catherine Hadiman, Wakil Presiden Direktur CIMB Niaga.

Jason Lim, Presiden Direktur PT Acer Indonesia menjelaskan kerja sama ini akan mempercepat perkembangan bisnis elektronik dan teknologi informasi.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: