Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Februari 7, 2010

jangan lupa cuci tangan :P, elty : 070210

Filed under: ELTY, jalan tol n properti — bumi2009fans @ 6:21 pm

Bakrie Tuntaskan Arteri Akses Kanci-Pejagan
Minggu, 07 Februari 2010 17:33 WIB 16 Dibaca | 0 Komentar
JAKARTA-MI: PT Bakrie Toll Road berjanji menuntaskan peningkatan kualitas jalan arteri yang menjadi akses tol Kanci-Pejagan, kendati hal itu sebenarnya merupakan kewajiban Pemerintah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

“Kami berkepentingan dengan jalan akses itu karena ada Sentra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang akan dibangun induk perusahaan, yakni PT Bakrieland Development Tbk, sehingga kami membantu Pemda meningkatkan jalan tersebut,” kata Presiden Direktur PT Bakrie Toll Road (BTR) Harya M Hidayat, di Jakarta, Minggu (7/2).

Harya mengatakan, pekerjaan peningkatan jalan untuk meningkatkan status dari jalan kabupaten menjadi jalan provinsi sebenarnya tidak terlalu sulit dengan biaya yang relatif tidak mahal. Sehingga BTR proaktif mengambil alih pekerjaan yang seharusnya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah.

Pekerjaan itu berupa pelebaran jalan, pembangunan trotoar (prasarana bagi pejalan kaki), saluran pembuangan (drainase) dan pembuatan marka jalan. Diharapkan semua pekerjaan tersebut bisa rampung dalam 2 minggu ke depan.

Bagi Bakrie Toll Road, kehadiran jalan arteri sebagai akses dari Tol Kanci-Pejagan sejatinya memang sangat dibutuhkan. Apalagi, tingkat Lalulintas Harian Rata-Rata (LHR) saat ini sudah mendekati Business Plan perseroan, yakni berkisar 15 ribu sampai 17 ribu kendaraan per hari.

Kalau ekonomi kawasan di sekitar tol dapat segera berkembang, diharapkan lalulintas harian yang melintasi ruas Tol Kanci-Pejagan bisa meningkat 10 persen setiap tahunnya, papar Harya.

Dalam kesempatan terpisah, pengamat transportasi dari Unika Soegijapranata, Djoko Setijowarno mengatakan, pemerintah tidak membebani investor tol untuk membangun jalan arteri yang sebenarnya merupakan kewajiban pemerintah.

“Bagaimana kerja sama pemerintah-swasta dapat mencapai target, jika ada berita pemblokiran jalan tol. Investor luar negeri, pasti takut dan menunda keinginan investasi di Indonesia,” kata Djoko.

Djoko menyarankan agar dana peningkatan jalan arteri penghubung tol dengan jalan nasional seharusnya menggunakan dana pemerintah pusat.

“Dengan bantuan pemerintah pusat, diharapkan pemerintah daerah lebih fokus menyelesaikan tugasnya,” kata Djoko.

Terlepas dari, peningkatan status jalan arteri di pintu tol Pejagan tersebut, menurut Direktur Program Kerjasama Pemerintah dan Swasta Bappenas, Bastary P Indra, pemerintah daerah harus mengubah pola pikir dalam pembangunan infrastruktur yang masih menganggap harus mendapat bagian di dalamnya.

“Jangan ada lagi pertanyaan, berapa besar daerah mendapat bagian dari infrastruktur yang melalui wilayahnya,” kata Bastary.

Seharusnya pemda lebih melihat manfaat bagi masyarakatnya seandainya pembangunan infrastruktur melalui wilayahnya, bukan mempertanyakan berapa bagian yang didapat, jelasnya.

Bastary mengingatkan, perlunya daerah menghormati kewajiban yang harus dipenuhi termasuk dalam hubungannya dengan investor sebagai contoh jalan tol kalau daerah memang harus membangun jalan arteri maka itulah yang harus dipenuhi. (Ant/OL-7)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: