Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Februari 10, 2010

unsp trus melirik si manieszzz … 100210

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 7:08 am

‘Minyak paling menjanjikan’
Defisit gula diperkirakan melebar

JAKARTA: Minyak mentah paling diunggulkan mendulang kenaikan harga pada tahun ini, diban?dingkan dengan komoditas lainnya, berkat pertumbuhan permintaan dan keterbatasan pasokan.
Selain komoditas energi itu, tembaga dan gula juga siap mencatatkan lonjakan harga. Penguatan nilai tukar dolar AS aki bat kekhawatiran pasar terhadap efek defisit anggaran di sejumlah negara Ero pa, terutama Yunani.

Apresiasi greenback menjadikan kon trak komoditas tidak menarik di mata in vestor, sehingga sempat memukul harga pa da awal bulan ini. Indeks CRB Reu ters/Jefferies yang memantau per kem bangan 19 komoditas bahan baku turun ke level terendah sejak Oktober pada akhir pekan lalu.

Namun, sejumlah analis ko moditas ya kin pemu lihan ekonomi global masih da lam jalur yang benar, sehingga per min taan bahan baku cenderung meningkat. Sementara itu, tren pasokan beberapa pro duk di per kirakan terus melemah.

ÒSejauh ini minyak merupakan [ko mo ditas] paling berprospek di antara ko mo ditas lainnya. Tembaga paling bagus di antara bahan baku logam karena faktor minyak,Ó kata Kepala Peneliti Komoditas Morgan Stanley Hussein Allidina seperti dikutip Bloomberg, kemarin.

Kontrak minyak pengiriman Maret na ik 0,8% atau US$0,58 menjadi US$72,47 per barel pada perdagangan elektronik di bursa New York.

Namun, pakar perminyakan Kurtubi me ngatakan tren harga minyak mentah ma sih meningkat dalam jangka mene ngah-panjang, bahkan pada akhir tahun ini bergerak di kisaran US$90 per ba rel.

ÒKoreksi harga minyak saat ini yang sempat menyentuh level di bawah US$70 hanya ber sifat se mentara. Dalam jangka pan jang akan me nun jukkan tren kena ik an,Ó kata Kurtubi ke pada Bisnis, ke ma rin.

Adapun Allidina pada akhir bulan lalu memperkirakan nilai kontrak minyak me nyentuh US$95 per barel pada akhir ta hun ini. Penurunan cadangan minyak dan per baikan ekonomi bahkan bisa mende kat kan komoditas energi itu ke US$100 pada 2011.

Kurtubi menambahkan harga minyak yang cenderung turun saat ini lebih di sebabkan kekecewaan pelaku pasar ter ha dap pemulihan ekonomi di AS dan Ero pa yang tidak secepat harapan. Hal ini terlihat dari sedikitnya permintaan mi nyak pada saat musim dingin.

Namun, kata Kurtubi, kondisi per min taan minyak pada kuartal II/2010 akan membaik dipicu perbaikan ekonomi AS. ÒKenaikan harga minyak juga akan di ikuti harga komoditas lainnya terutama ba tu bara, emas, gula, dan tembaga. Ko reksi harga minyak dan komoditas la in nya saat ini hanya jangka pendek.Ó

Krisis Eropa

Pelaku pasar yang sempat khawatir Ôkri sis keuangan negaraÕ di Eropa akan meng ganggu tren pemulihan ekonomi du nia atau setidaknya menggerus per min taan menyebabkan penurunan harga komoditas baru-baru ini.

ÒJika situasi UE dapat diperbaiki tanpa menye bab kan contagion effect, harga ko moditas akan membaik,Ó kata Allidina.

Sementara itu, Kings man S.A. mem pre diksi de fisit gula global berisi ko me ningkat 43% men jadi 11,9 juta ton pa da tahun pemasaran yang berakhir pada 30 April le bih parah diban ding kan dengan es timasi Ok to ber yang masih 8,3 juta ton.

Harga gula kasar mencapai level tertinggi da lam 29 tahun terakhir pada 1 Februari setelah sempat mencatatkan kenaikan harga hampir dua kali lipat pada tahun lalu akibat cuaca buruk yang me­mangkas produksi di Brasil dan India. (Lutfi Zaenudin) (ber­liana.elisa beth@bisnis. co.id)

Oleh Berliana Elizabeth S.
Bisnis Indonesia

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: