Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Februari 19, 2010

the bakries dan utank, tak cerai…190210

Filed under: Utang Bumi & Grup — bumi2009fans @ 7:59 am

BNBR Tetap Berniat Terbitkan CB
Jum’at, 19 Februari 2010 – 06:43 wib
TEXT SIZE :

Foto: Candra SS/okezone
JAKARTA – PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) memastikan rencana penerbitan obligasi konversi (convertible bond/CB) masih berjalan sesuai rencana.

”Rencana obligasi masih tetap berjalan seperti rencana. Kami masih dalam proses untuk itu,” ujar Chief Financial Officer (CFO) BNBR Eddy Soeparno di Jakarta kemarin. Sesuai rencana sebelumnya, obligasi konversi tersebut diperkirakan terbit sebelum kuartal I/2010 dengan nilai USD200-250 juta. Eddy belum mau berkomentar banyak tentang pelaksanaan obligasi ini.

Namun, dia optimistis, obligasi ini akan terserap dengan baik oleh pasar. Obligasi konversi merupakan surat utang yang memberikan opsi kepada pemegang surat utang untuk menukarnya dengan saham penerbit instrumen tersebut. Dalam rencana penerbitan obligasi konversi tersebut, BNBR akan menawarkannya kepada pihak-pihak yang tertarik. Eddy juga belum bisa mengatakan siapa yang bertindak sebagai advisor dan penjamin obligasi tersebut.

Namun, dia mengakui, sekitar 30-40 persen dana hasil penerbitan obligasi akan dialokasikan untuk pelunasan (refinancing) utang perusahaan. Sisanya untuk investasi perusahaan, termasuk mendanai kebutuhan penawaran umum terbatas (rights issue) anak usahanya. ”Kami memang berencana untuk meningkatkan kepemilikan di anak usaha,”tuturnya.

Salah satu anak usaha BNBR yang sudah menyelesaikan rights issue adalah PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG).Dalam right issue tersebut, BNBR mengeksekusi 4,9 miliar saham dari 26,18 miliar saham baru yang diterbitkan ENRG. Untuk keperluan tersebut,BNBR mengeluarkan dana sebesar Rp912 miliar.

Namun, BNBR tidak sepenuhnya mengeksekusi sesuai porsi di ENRG. Akibatnya, kepemilikan BNBR menyusut dari semula sekitar 44 persen menjadi 28,12 persen. Meski kehilangan porsi saham sekitar 15 persen,BNBR masih menjadi pemegang saham pengendali di anak usahanya itu.Saat ini mayoritas saham ENRG dimiliki publik, dengan porsi 70,42 persen.

BNBR masih berniat meningkatkan kepemilikan di anak-anak usahanya. Perseroan berencana menggelontorkan dana hingga USD300 juta (atau sekitar Rp2,82 triliun). Selain ENRG, anak usaha lain yang akan rights issuetahun ini adalah PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP), yang akan melepas 9,45 miliar saham portepel senilai Rp4,9 triliun atau Rp525 per saham.Sebagai pemanis, UNSP juga akan melepas 630,31 juta waran dengan rasio 2:5.

Perusahaan akan meraup dana Rp334,07 miliar melalui penerbitan waran itu. UNSP melakukan right issue tersebut untuk melunasi obligasi senior yang jatuh tempo, peningkatan modal anak usaha dan juga akuisisi PT Domas Agrointi Prima. BNBR memiliki sebanyak 41,8 persen porsi saham di UNSP.

Selain penerbitan obligasi konversi, BNBR juga tengah menjajaki pendanaan dari mitra strategis. Calon kuat mitra tersebut berasal dariTimurTengah (Timteng).Eddy mengatakan, pinjaman dari investor Timteng merupakan bagian pendanaan eksternal selain obligasi. Namun, dia juga enggan mengungkapkan siapa mitra strategis tersebut.

”Yang pasti, investor TimurTengah tersebut merupakan pihak yang sudah memahami kondisi Asia,”ungkapnya. Kabar di pasar menyebutkan, dana yang diincar BNBR dari mitra strategis itu sekitar USD100-150 juta. Dua pemodal institusi dari Dubai dan Abu Dhabi sudah menyatakan ketertarikannya. Sebelum akhir tahun pinjaman itu diharapkan sudah difinalisasi. (Juni Triyanto)
(//css)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: