Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Februari 25, 2010

harga yang berpengaruh pada unsp:250210

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 9:58 pm

Harga minyak sawit turun
Kamis, 25/02/2010 07:26:52 WIBOleh: M. Rochmad Purboyo
SINGAPURA (Bloomberg): Harga minyak sawit berjangka jatuh untuk pertama kalinya dalam tiga hari terakhir di tengah spekulasi anjloknya ekspor dari Malaysia, produsen terbesar kedua, dan menyempitnya kesenjangan harga antara minyak sayur itu dengan minyak kedelai.

Harga sawit untuk pengiriman Mei turun 1,7% menjadi 2.590 ringgit Malaysia (US$761) di perdagangan berjangka Kuala Lumpur. Pelaku prihatin tentang data yang mungkin menyebutkan penurunan ekspor yang dijadwalkan akan dirilis minggu ini, yang menjadi tanda turunnya permintaan, kata Joelianto, kepala perdagangan PT Sinar Mas Agro Sumber Daya dan Teknologi, lewat e-mail dari Jakarta.

Ekspor minyak sawit Malaysia turun 8,4% menjadi 865.593 ton pada 20 hari pertama Februari dibandingkan dengan bulan sebelumnya, demikian perkiraan Societe Generale de Surveillance, sebuah surveyor kargo independen pada 22 Februari.

Jatuhnya harga juga terkait dengan kekhawatiran turunnya konsumsi akibat menyempitnya perbedaan harga antara minyak sawit dan minyak kedelai. Kelapa sawit, yang digunakan untuk memasak dan sebagai bahan bakar alternatif, kurang menarik bagi investor karena telah menjadi relatif lebih mahal terhadap minyak kedelai, kata China International Futures (Shanghai) Co. Kedua komoditas itu merupakan barang substitusi.

Investor terus memperhatikan menyempitnya perbedaan harga antara minyak sawit dan minyak kedelai secara hati-hati, kata Deng Ningning, seorang analis di China International Shanghai. Harga minyak sawit kini sekitar US$92 per ton, masih lebih murah daripada minyak kedelai, atau turun dari US$144 pada awal tahun, demikian data Bloomberg.

Harga minyak kedelai di Chicago turun 0,03% ke US$38,77 sen per pon pada pukul 04:52 WIB. Harga turun 1,3% kemarin karena teredam menguatnya daya tarik dolar dari pada komoditas.

Perkiraan panen tanaman kedelai di Argentina juga akan menghambat naiknya harga minyak sawit, kata Deng. Argentina, produsen kedelai terbesar setelah Amerika Serikat dan Brasil, diperkirakan akan menghasilkan rekor panen tahun ini setelah adanya curah hujan yang disebabkan oleh pola cuaca El Nino yang akan meningkatkan hasil.

Di pasar fisik, Indonesia menjual 6.000 ton sawit dalam lelang. Harga pengiriman Belawan dan Dumai antara Rp7.671 dan Rp7.675 per kilogram (US$822 per ton), turun dari harga kemarin yang Rp7.695-Rp7.696 (mrp)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: